kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.306.000 -0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Makanan yang Mengandung Vitamin​ K dan 7 Fungsi Vitamin K untuk Kesehatan Makanan


Selasa, 25 April 2023 / 21:45 WIB
Makanan yang Mengandung Vitamin​ K dan 7 Fungsi Vitamin K untuk Kesehatan Makanan


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Vitamin K adalah salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan tulang. Fungsi vitamin K paling penting adalah membantu proses pembekuan darah. 

Huruf K dalam vitamin K berasal dari kata dari Bahasa Denmark dan Jerman yakni koagulasi (koagulasi) atau pembekuan. Hal ini terkait dengan manfaat vitamin K untuk pembekuan darah. 

Saat orang kekurangan vitamin K, maka darah akan menjadi encer. Hal ini bisa berdampak serius bagi tubuh, terutama saat tubuh mengalami luka atau memar. 

Baca Juga: Cara Menghilangkan Ambeien Pada Ibu Hamil Secara Alami, Cek Juga Makanan Tinggi Serat

Selain itu, vitamin K berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang dan jantung. Tidak hanya itu, fungsi vitamin K juga untuk menjaga kesehatan organ tubuh. 

Kemudian bisa mencegah osteoporosis dan menjaga kepadatan mineral tulang. Nah, ada dua jenis vitamin K, pertama vitamin K1 (phylloquinone) yang bersumber dari sayuran hijau. 

Kedua, vitamin K2 (menaquinone) yang berasal dari hewani dan makanan fermentasi. Lantas, apa saja manfaat dan fungsi vitamin K untuk tubuh? 

Baca Juga: 8 Manfaat Buncis untuk Kesehatan yang Sebaiknya Tidak Dilewatkan

Fungsi vitamin K

Fungsi vitamin K juga dapat mendukung kesehatan jantung.

Nah, berikut ini sederet fungsi vitamin K sebagaimana dirangkum dari Healthnews, Clevelandclinic, dan Medical News Today:

1. Menjaga kesehatan tulang 

Fungsi vitamin K yang pertama adalah menjaga tulang tetap kuat. Hal ini karena vitamin K mendukung protein yang disebut osteocalcin, protein paling melimpah di jaringan tulang. 

Fungsi vitamin K juga dapat memperkuat sumsum tulang dan mengurangi potensi terkena penyakit yang disebut dengan osteoarthritis.

Baca Juga: Saat Lebaran, Sudah Tahu Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan Tubuh?

2. Mendukung kesehatan jantung

Fungsi vitamin K juga dapat mendukung kesehatan jantung. Dalam sebuah penelitian pada 2019 disebutkan bahwa fungsi vitamin K salah satunya bisa mengurangi kalsifikasi pada arteri.

Selain itu, penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Nutrition 2019 menemukan bukti bahwa mendapatkan cukup vitamin K meminimalkan risiko terkena penyakit jantung koroner.

Baca Juga: 5 Manfaat Timun Untuk Kesehatan Tubuh yang Tidak Terduga, Sudah Tahu?

3. Mendukung kesehatan sel tubuh 

Selanjutnya, fungsi vitamin K juga dapat memperlambat perkembangan kanker dengan meningkatkan kesehatan sel dan menghambat pertumbuhan sel kanker.

Para ilmuwan dalam sebuah studi berhipotesis bahwa vitamin K dapat menawarkan pengobatan di masa depan untuk beberapa jenis kanker.

Baca Juga: Ayo Catat 10 Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan Tubuh yang Terbukti Klinis

4. Pembekuan darah

Salah satu fungsi vitamin K yang paling utama adalah membuat empat dari 13 protein yang dibutuhkan untuk pembekuan darah.

Pembekuan darah bermanfaat untuk menghentikan luka atau pendarahan.Ini adalah fungsi vitamin K yang utama. Meski demikian, Anda juga harus berhati-hati. 

Sebab, orang yang mengonsumsi obat pengencer darah, seperti obat antikoagulan warfarin, tidak boleh mengonsumsi suplemen vitamin K atau mengonsumsi vitamin K dalam jumlah besar.

Baca Juga: Selain Lezat, Ini 6 Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Dikenali

5. Memperkuat daya ingat

Fungsi vitamin K juga bisa memperkuat daya ingat. Peningkatan kadar vitamin K dalam darah dikaitkan dengan peningkatan memori pada orang lanjut usia atau lansia. 

Fungsi vitamin K juga bisa meningkatkan kekuatan gigi.

6. Meningkatkan kekuatan gigi

Fungsi vitamin K juga bisa meningkatkan kekuatan gigi. Pertumbuhan gigi dibuat dengan cara yang sama seperti tulang. 

Baca Juga: Yuk Catat 5 Manfaat Wortel Untuk Kesehatan Selain Baik Untuk Mata, Simak!

Hal ini berarti bahwa kelemahan gigi dapat dikaitkan dengan kekurangan vitamin K. Sama seperti pada proses pembentukan tulang yang sehat, vitamin K mengaktifkan osteocalcin, yang mengikat kalsium ke gigi. 

Dengan demikian, suplai vitamin K akan meningkatkan kekuatan organ gigi. Osteocalcin, ketika diaktifkan, merangsang pertumbuhan dentin baru untuk meningkatkan kekuatan gigi.

Baca Juga: Cek 5 Manfaat Buah Kiwi Untuk Kesehatan Tubuh yang Tidak Terduga

7. Melawan kondisi autoimun 

Fungsi vitamin K juga bisa membantu melawan kondisi autoimun. Melengkapi kebutuhan nutrisi dengan vitamin K telah terbukti melawan kondisi autoimun yang memiliki efek yang sama seperti multiple sclerosis

Orang-orang dengan rheumatoid arthritis dapat mengurangi kemungkinan mereka terkena penyakit lain dengan memberikan dosis harian vitamin K2. 

Baca Juga: Kenali 7 Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan Tubuh Selain Dijadikan Bahan Masakan

Suplemen K2 juga dapat digunakan untuk membalikkan efek dari respon autoimun sehingga mencegah sejumlah penyakit. 

Penyakit autoimun adalah penyakit yang terjadi ketika sistem kekebalan tubuh seseorang mengalami gangguan sehingga menyerang jaringan tubuh itu sendiri.

Baca Juga: Penderita Asam Lambung Jangan Cemas, Ini 5 Buah yang Aman untuk Dimakan

Makanan yang mengandung vitamin K

Makanan yang kaya vitamin K terutama adalah sayuran berdaun hijau seperti bayam, kangkung, brokoli, kol, dan selada.

Makanan yang kaya vitamin K terutama adalah sayuran berdaun hijau seperti bayam, kangkung, brokoli, kol, dan selada.

Selain itu, masih ada beberapa makanan sumber vitamin K seperti dirangkum dari laman Kementerian Kesehatan:

Baca Juga: Mencegah Kembung, Ini Manfaat Lain Buah Pir untuk Kesehatan Tubuh

1. Sayuran hijau

Sayuran hijau adalah salah satu makanan sumber vitamin K. Salah satu sayuran hijau yang mengandung banyak vitamin K adalah bayam. 

Dalam 1 cangkir bayam, terdapat sekitar 145 mikrogram vitamin K. Selain bayam, sayuran hijau lain yang mengandung vitamin K adalah kale, brokoli, kubis, kol, buncis, dan lobak hijau.

Baca Juga: Ayo Kenali 5 Manfaat Buah Ciplukan Untuk Kesehatan, Sudah Tahu?

2. Buah-buahan

Buah delima merupakan salah satu buah yang mengandung vitamin K. Terdapat sekitar 20 mikrogram vitamin K di tiap 1 buah delima. 

Untuk mengonsumsinya, Anda dapat mengolahnya menjadi jus atau dijadikan es buah. Jika Anda tidak terlalu suka dengan buah delima, Anda dapat mengonsumsi buah lain yang juga mengandung vitamin K, yaitu : buah prem, kiwi, blueberry, alpukat, tomat, dan anggur.

Baca Juga: Ayo Kenali 5 Manfaat Buah Ciplukan Untuk Kesehatan, Sudah Tahu?

3. Minyak nabati

Minyak nabati juga merupakan salah satu makanan sumber vitamin K. Minyak nabati adalah minyak yang terbuat dari tumbuh-tumbuhan. 

Minyak nabati sering kali diklaim sebagai minyak yang sehat. Selain karena diperkaya vitamin K, beberapa minyak nabati juga memiliki kadar kolesterol yang rendah dibandingkan jenis minyak lainnya.

Baca Juga: Daftar 10 Makanan yang Mengandung Vitamin C Tinggi, Sudah Tahu?

Salah satu minyak nabati yang mengandung vitamin K adalah minyak kanola. Hanya dengan menggunakan 1 sendok makan minyak kanola untuk masak, Anda sudah mendapatkan sekitar 10 mikrogram vitamin K. 

Selain minyak kanola, minyak nabati lain yang mengandung vitamin K adalah minyak kedelai dan minyak zaitun.

Baca Juga: Kaya Vitamin C, Ini Manfaat Jus Tomat untuk Kesehatan Penderita Diabetes

4. Kacang-kacangan

Anda bisa mendapatkan 10 mikrogram vitamin K dari 30 gram kacang mete. Jumlah ini berarti sudah memenuhi sekitar 20% kebutuhan harian orang dewasa. 

Selain vitamin K, kacang mete juga diperkaya beragam nutrisi lain yang bermanfaat bagi kesehatan, seperti protein, kalsium, magnesium, folat, dan serat. 

Baca Juga: Penderita Asam Lambung Jangan Cemas, Ini 5 Buah yang Aman untuk Dimakan

Selain kacang mete, vitamin K juga terkandung dalam jumlah yang cukup tinggi pada jenis kacang lainnya, seperti kacang kedelai, kacang hijau, kacang polong, dan kacang merah.

Selain sayuran, kacang, buah, dan minyak, vitamin K juga bisa Anda dapatkan dari produk hewani sebagai berikut :

  • Keju
  • Daging
  • Jeroan, seperti hati sapi dan ayam
  • Telur
  • Susu
  • Makanan laut, seperti ikan dan udang

Baca Juga: 6 Manfaat Tomat untuk Kulit dan Kecantikan, Bisa Cegah Jerawat lo

Vitamin K juga ditemukan dalam jumlah yang lebih kecil pada daging, telur, dan produk susu seperti keju, yogurt, dan mentega.

Demikian sejumlah fungsi vitamin K dan makanan yang mengandung vitamin K. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×