kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Saat Lebaran, Sudah Tahu Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan Tubuh?


Minggu, 23 April 2023 / 16:00 WIB
Saat Lebaran, Sudah Tahu Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan Tubuh?


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Sudah tahu manfaat buah kurma untuk kesehatan tubuh? Manfaat buah kurma untuk kesehatan tubuh telah terbukti klinis. Selain itu, buah kurma juga merupakan salah satu buah yng identik dengan bulan puasa.

Salah satu manfaat buah kurma untuk kesehatan di antaranya mampu memberikan energi tambahan. Sehingga tak jarang buah kurma kerap dikonsumsi saat bulan puasa.

Tak hanya mempunyai banyak manfaat, buah kurma juga memiliki rasa manis yang lezat saat dikonsumsi. Rasa manis tersebut alami dan tidak berbahaya bagi kesehatan.

Baca Juga: Yuk Kenali 7 Manfaat Buah Markisa Untuk Kesehatan Tubuh yang Terbukti Klinis

Selain itu, konon katanya kurma juga merupakan salah satu buah tertua di dunia. Tak hanya identik dengan bulan ramadan, kurma juga berasal dan banyak dibudidayakan di Arab Saudi, sehingga tak heran identik dengan bulan puasa bagi umat Islam tersebut. 

Melansir dari Health, berikut beberapa manfaat menkonsumsi buah kurma bagi kesehatan yang menarik untuk diketahui. 

1. Mengandung Banyak Nutrisi

Tiga buah kurma menyediakan sekitar 200 kalori, 54 gram karbohidrat dengan sekitar 5 gram sebagai serat, satu gram protein, dan tanpa lemak. Porsi ukuran ini juga memasok sejumlah kecil berbagai nutrisi, termasuk vitamin B, vitamin K, kalsium, zat besi, magnesium, kalium dan zinc. Dengan kata lain, kurma bukan sekadar buah bom gula atau kalori kosong melainkan mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. 

Baca Juga: Wajib Tahu! 5 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan Tubuh yang Tidak Boleh Terlewatkan

2. Mengandung Banyak Antioksidan

Selain kandungan vitamin dan mineralnya, buah kurma kaya akan antioksidan pelindung kesehatan. Manfaat kurma satu ini tentunya sangat baik untuk kesehatan karena dapat melawan berbagai radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh.

Satu artikel  baru-baru ini yang diterbitkan dalam Journal of Pharmacy & BioAllied Sciences, menyatakan bahwa kurma adalah sumber antioksidan alami yang baik, yang dapat digunakan untuk pengelolaan penyakit terkait stres oksidatif. Stres oksidatif terjadi ketika ada ketidakseimbangan antara produksi radikal bebas yang merusak sel dan kemampuan tubuh untuk melawan efek berbahayanya. 

Baca Juga: 6 Manfaat Buah Rambutan Untuk Kesehatan yang Wajib Diketahui, Catat!

3. Sumber Energi Tambahan

Manfaat buah kurma selanjutnya adalah dapat menjadi sumber energi tambahan. Hal tersebut dikarenakan buah kurma mempunyai rasa manis atau gula alami yang mampu menambah energi dan tidak berbahaya bagi kesehatan.

Oleh karena itu buah kurma sangat cocok untuk dikonsumsi saat buka puasa atau sahur karena dapat memberikan energi lebih di siang hari saat berpuasa.

4. Melancarkan Pencernaan

Mengkonsumsi buah kurma juga dapat bermanfaat untuk melancar sistem pencernaan. Pasalnya, kurma mengandung serat yang berperan untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan.

Dilansir dari Health, Tiga kurma menyediakan sekitar 18% dari tujuan harian untuk serat, yang mendukung fungsi pencernaan yang baik.

Baca Juga: Ayo Cek 5 Manfaat Bengkuang Untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Dikenali

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Selain baik untuk sistem pencernaan, mengkonsumsi buh kurma secara rutin juga dapat menjaga kesehatan jantung dan mengontrol kadar gula darah. Selain itu, mengkonsumsi kurma juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat loh. 

6. Menjaga Kesehatan Otak

Manfaat mengkonsumsi buah kurma yang tak boleh dilewatkan dan perlu Anda ketahui adalah mampu menjaga kesehatan otak. Pasalnya, senyawa pelindung dalam kurma juga dianggap membantu menjaga otak. 

Dilansir dari Health, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Neural Regeneration Research menyatakan bahwa kurma memiliki potensi terapeutik yang menjanjikan terhadap penyakit Alzheimer, karena kemampuannya untuk memerangi peradangan dan stres oksidatif di otak.

Baca Juga: 8 Gejala Penyakit Batu Ginjal yang Membahayakan Kesehatan, Apa Saja?

7. Meringankan Persalinan

Perlu Anda ketahui khususnya para wanita, mengkonsumsi buah kurma sangat bermanfaat khususnya bagi wanita hamil. Pasalnya, kurma dapat sedikit membantu memperlancar persalinan. Meski demikian, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaat tersebut

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×