kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

6 Manfaat Buah Rambutan Untuk Kesehatan yang Wajib Diketahui, Catat!


Kamis, 20 April 2023 / 16:30 WIB
6 Manfaat Buah Rambutan Untuk Kesehatan yang Wajib Diketahui, Catat!


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat buah rambutan untuk kesehatan wajib untuk diketahui. Pasalnya, ada banyak manfaat buah rambutan untuk kesehatan tubuh yang telah terbukti klinis dan teruji khasiatnya.

Rambutan juga termasuk buah yang unik. Pasalnya, buah ini berbentuk relatif bulat, berwarna merah dan memiliki bulu-bulu yang menjadi khasnya sehingga disebut rambutan.

Selain itu, buah rambutan juga mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Contohnya seperti serat, protein, vitamin C, kalsium zat besi dan berbagai nutrisi lainnya.

Baca Juga: Wajib Tahu! 5 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan yang Wajib Diketahui

Melihatnya banyaknya nutrisi yang terkandung di dalam rambutan, tak heran mengkonsumsi rambut mampu memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Lalu, apa saja manfaat rambut untuk kesehatan?

Melansir dari Netmeds, berikut manfaat rambut untuk kesehatan yang menarik untum diketahui:

1. Mengobati Sembelit

Rambutan juga termasuk salah satu buah yang mengandung banyak serat. Hal tersebut membuat mengkonsumsi rambutan dapat melancarkan sistem pencernaan karena dapat membantu pergerakan usus saat menelan makanan. Oleh sebab itu, mengkonsumsi rambut juga mampu mengatasi sembelit dan berbagai masalah pencernaan lainnya.

Baca Juga: Catat 6 Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan Selain Enak Dijadikan Lalapan

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Rambutan mengandung cukup banyak vitamin C yang tentunya bermanfaat untuk kesehatan. Hal tersebut membuat mengkonsumsi rambutan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta melancarkan peredaran darah di dalam tubuh.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat rambutan selanjutnya dipercaya dapat menjaga kesehatan jantung. Hal tersebut dikarenakan rambutan dapat membantu dalam mengontrol tekanan darah menjadi normal.

Rambutan juga berfungsi dalam mempromosikan aktivitas otot jantung, menurunkan jumlah kolesterol LDL jahat dan meningkatkan kadar kolesterol HDL baik. Rambutan sangat bermanfaat dalam mencegah kejadian serangan jantung dan stroke dan dengan demikian memberikan kontribusi untuk umur yang lebih panjang dan lebih sehat.

Baca Juga: Tidak Hanya Wangi, Ini 5 Manfaat Daun Jeruk Untuk Kesehatan yang Menarik

4. Meredakan Kram Otot

Selain mengandung banyak vitamin C, rambutan juga mempunyai banyak mineral yang mampu  meredakan kram otot. Kandungan magnesium di dalam rambutan mampu meredakan nyeri otot setelah melakukan aktivitas fisik yang berat.

5. Menjaga Kesehatan Tulang

Tak berhenti sampai disitu, rambutan juga mengandung kalsium yang baik untuk kesehatan tulang. Kalsium yang terkandung di dalam rambutan dapat membantu menjaga kepadatan tulang sehingga membuat aktivitas bisa jadi lebih flesibel.

Baca Juga: 5 Manfaat Melinjo Untuk Kesehatan yang Menarik Selain Rasa Pahit

6. Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Rambutan menawarkan sejumlah besar vitamin C yang memberikan sifat antiinflamasi untuk mencegah pembengkakan di kandung kemih yang lebih sering terjadi pada wanita daripada pria. 

Selain itu rambutan juga mengandung antioksidan yang berguna dalam menghilangkan radikal bebas yang merugikan dan bakteri berbahaya dari tubuh. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×