kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,64   6,79   0.75%
  • EMAS1.395.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.17%
  • RD.CAMPURAN 0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.03%

Kesemutan dan Keram di Kaki Bisa Jadi Ciri Kolesterol Tinggi, Cek Minuman Peredanya


Jumat, 10 Maret 2023 / 09:19 WIB
Kesemutan dan Keram di Kaki Bisa Jadi Ciri Kolesterol Tinggi, Cek Minuman Peredanya
ILUSTRASI. Tanda kolesterol tinggi pada kaki antara lain sering kesemutan, keram, nyeri dan kaki terasa dingin secara terus menerus


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Simak tanda kolesterol tinggi pada kaki. Kenali juga minuman dari bahan alami untuk penurun kolesterol.

Tanda kolesterol tinggi pada kaki penting untuk diketahui. Pasalnya, banyak orang yang mengalami kolesterol tinggi di tengah tren gaya hidup tidak sehat dan makanan cepat saji.

Mengetahui tanda kolesterol tinggi pada kaki bisa mempercepat untuk mendeteksi penyakit tersebut. Semakin cepat mengenali tanda kolesterol tinggi pada kaki, semakin cepat pula pengobatannya.

Tanda kolesterol tinggi pada kaki bisa diamati secara kasat mata. Namun, selama ini banyak yang meremehkan tanda kolesterol tinggi pada kaki tersebut, sehingga pasien sering terlambat diobati.

Baca Juga: 5 Teh Ini Efektif Merontokkan Kolesterol Jahat Dalam Tubuh

Lalu, apa saja tanda kolesterol tinggi pada kaki?

Tanda kolesterol tinggi pada kaki

Menurut Suyatno Hadi Saputro selaku Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan Prodi D3 Keperawatan Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya), ada sejumlah tanda kolesterol tinggi pada kaki.

Berikut enam tanda kolesterol tinggi pada kaki yang perlu diwaspadai, yakni:

1. Kaki nyeri 

Tanda kolesterol tinggi pada kaki yang pertama adalah kaki nyeri. Jika sudah terjadi penyumbatan pembuluh darah arteri di kaki akan menyebabkan oksigen yang dibawa oleh darah tidak mencapai bagian tubuh menurun. Hal ini yang membuat kaki terasa berat dan tubuh cepat lelah. 

Orang dengan kolesterol tinggi, sering kali mengeluhkan kaki terasa terbakar, rasa sakit pada paha dan betis. Rasa sakit ini kerap terjadi saat berjalan, meskipun dalam jarak dekat.

2. Kesemutan 

Tanda kolesterol tinggi pada kaki yang kedua adalah kesemutan. Menurut penelitian kolesterol tinggi berhubungan dengan adanya gangguan pada saraf tepi. Kolesterol tinggi menyebabkan akumulasi berbahaya dan endapan lain di dinding arteri (aterosklerosis).

Baca Juga: 13 Cara Agar Penderita Diabetes Bisa Rontokkan Hiperglikemia atau Gula Darah Tinggi




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×