kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,35   -6,99   -0.75%
  • EMAS1.321.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ciri-ciri Asam Urat dan Kolesterol Tinggi yang Sebaiknya Diwaspadai


Senin, 20 Februari 2023 / 12:48 WIB
Ciri-ciri Asam Urat dan Kolesterol Tinggi yang Sebaiknya Diwaspadai
ILUSTRASI. Ciri-ciri asam urat dan kolesterol tinggi adalah gangguan kesehatan yang umumnya saling terkait.


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Ciri-ciri asam urat dan kolesterol tinggi akan dibahas dalam artikel ini. Perlu diketahui bahwa kolesterol adalah lemak yang diproduksi oleh tubuh dan juga berasal dari makanan hewani. 

Kolesterol membantu tubuh memproduksi sejumlah hormon, membran sel, asam empedu, dan vitamin D. Namun, jika kadar kolesterol dalam tubuh terlalu tinggi dapat menyebabkan berbagai penyakit dan komplikasi seperti penyakit jantung maupun stroke.

Dikutip dari laman Gout and You, asam urat dan kolesterol tinggi adalah gangguan kesehatan yang umumnya saling terkait. Biasanya penderita kolesterol tinggi juga memiliki asam urat tinggi. 

Baca Juga: ​9 Obat Asam Urat Alami Paling Ampuh yang Bisa Dicoba

Sebab, penyebab dari kedua masalah kesehatan tersebut sama yakni pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat.

Sehingga, penting bagi penderita asam urat untuk tidak hanya memantau kadar asam urat dalam tubuhnya tetapi juga mengecek kadar kolesterolnya. 

Selain itu, sebuah studi pada 2011 dalam Journal of Human Hypertension menemukan bahwa kadar kolesterol tinggi berhubungan dengan tingginya asam urat dalam darah. Meskipun hubungan sebab akibat antara keduanya masih belum diketahui hingga saat ini.

Baca Juga: 6 Gejala Asam Urat Tinggi Pada Kaki dan Cara Mengobatinya

Penelitian lain juga menemukan bahwa kadar kolesterol tinggi dikaitkan dengan asam urat tinggi dalam darah dan ini terlepas dari usia, jenis kelamin, dan/ atau faktor metabolisme lainnya.

Meski demikian, gejala kolesterol tinggi biasanya samar atau bahkan tidak dirasakan. Berbeda dengan ciri-ciri asam urat tinggi yang bisa menimbulkan gejala yang jelas bagi penderitanya. 

Lantas, apa saja ciri-ciri asam urat dan kolesterol tinggi? 

Baca Juga: 6 Obat Herbal yang Pas Dijadikan Pilihan untuk Bikin Asam Urat Kabur

Ciri-ciri asam urat dan kolesterol

Sendi mendadak terasa sangat sakit adalah salah satu ciri-ciri asam urat tinggi.

Nah, setelah mengetahui hubungan antara ciri-ciri asam urat dan kolesterol tinggi, lebih baik Anda mengetahui gejalanya agar dapat menghindari faktor pencetusnya. 

Berikut adalah beberapa ciri-ciri asam urat dan kolesterol tinggi yang bisa Anda waspadai. 

Baca Juga: Selain Menurunkan Berat Badan, Ini Manfaat Teh Daun Kelor untuk Kesehatan

Ciri-ciri asam urat tinggi 

Dirangkum dari laman Kementerian Kesehatan, ada beberapa ciri-ciri asam urat tinggi yang umum terjadi, di antaranya:

  • Sendi mendadak terasa sangat sakit.
  • Kesulitan untuk berjalan akibat sakit yang mengganggu, khususnya di malam hari.
  • Nyeri akan berkembang dengan cepat dalam beberapa jam dan disertai nyeri hebat, pembengkakan, rasa panas, serta muncul warna kemerahan pada kulit sendi.
  • Saat ciri-ciri asam urat mereda dan bengkak pun mengempis, kulit di sekitar sendi yang terkena akan tampak bersisik, terkelupas dan terasa gatal.
  • Meski ciri-ciri asam urat tinggi ini bisa mereda dengan sendirinya, harus tetap dilakukan pengobatan untuk mencegah risiko kambuh dengan tingkat gejala yang meningkat.

Baca Juga: 5 Manfaat Secang untuk Kesehatan Jika Diminum Setiap Hari

Ciri-ciri kadar kolesterol tinggi 

Tengkuk atau pundak terasa pegal adalah salah satu kemungkinan gejala kolesterol tinggi lantaran kurangnya suplai oksigen serta darah ke daerah tersebut akibat penumpukan kolesterol.

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa kadar kolesterol yang normal pada tubuh orang dewasa adalah sekitar 160 hingga 200 miligram per desiliter darah. 

Bagi mereka yang memiliki kadar kolesterol lebih dari 240 miligram per desiliter darah, maka bisa dipastikan bahwa mereka sedang mengalami masalah kolesterol tinggi. Sementara itu ciri-ciri kadar kolesterol tinggi seperti dirangkum dari laman Pemerintah Kota Cimahi antara lain:

1. Mudah mengantuk

Seringnya menguap terjadi akibat pasokan oksigen ke otak berkurang. Kalau frekuensi menguap sudah tidak wajar, Anda patut curiga karena bisa jadi, hal itu disebabkan menumpuknya kolesterol yang tinggi sehingga pasokan oksigen menuju otak tidak optimal. 

Baca Juga: Wajib Tahu! 5 Obat Asam Urat Alami yang Ampuh dan Aman Dikonsumsi

2. Kesemutan 

Sering merasakan kesemutan pada kaki, tangan, atau bagian tubuh tertentu adalah salah satu gejala kolesterol tinggi lantaran aliran darah tidak lancar.

Akibatnya, ada syaraf yang tidak mendapat pasokan darah yang optimal. Secara umum, penyebab aliran darah tidak lancar disebabkan oleh kolesterol.

3. Pegal pada tengkuk atau pundak

Tengkuk atau pundak terasa pegal adalah salah satu kemungkinan gejala kolesterol tinggi lantaran kurangnya suplai oksigen serta darah ke daerah tersebut akibat penumpukan kolesterol. Segera atasi agar tidak berkelanjutan.

Baca Juga: Meluruhkan Batu Ginjal dan Menurunkan Gula Darah, Ini Manfaat Meniran untuk Kesehatan

4. Rasa nyeri di kaki

Nyeri pada kaki bisa jadi merupakan gejala kolesterol tinggi akibat tersumbatnya aliran di arteri sehingga aliran darah ke kaki terhambat.

5. Xanthelasma 

Xanthelasma adalah endapan kolesterol yang berada di bawah jaringan kulit. Jika ini terjadi, biasanya tampak noda kuning muda di ujung kelopak mata atau mucul bentolan kecil padat di lipatan tubuh seperti tumit, siku, atau lutut.

Baca Juga: Kenali Gejala Asam Urat Muncu ldi Tangan, Tak Diobati Bisa Nongol Benjolan Keras

6. Perlemakan hati

Ketika hati dipenuhi lemak berkadar tinggi, timbul keluhan berupa rasa tidak nyaman, begah, bahkan mual yang merupakan salah satu gejala kolesterol tinggi. Keadaan seperti ini bisa meningkatkan risiko penyakit sirosis, bahkan kanker hati.

7. Gejala stroke

Tingginya kolesterol dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah di otak karena kurangnya asupan oksigen dan darah. Kondisi ini yang menyebabkan seseorang mengalami gejala melemahnya salah satu sisi tubuh, muntah menyemprot, atau sakit kepala yang hebat.

Baca Juga: Makanan dan Minuman yang Kadar Gulanya Tinggi, Terlarang Bagi Penderita Diabetes

8. Kram

Gejala kolesterol tinggi juga bisa berupa kram di beberapa bagian tubuh pada malam hari saat terbangun dari tidur. Kram terjadi pada tumit, telapak kaki, dan lainnya. Rasa nyeri itu akan hilang saat tubuh digerakkan. 

9. Nyeri dada

Kolesterol jahat atau Low Density Lipoprotein (LDL) yang tinggi ini berperan penting dalam terbentuknya plak di pembuluh darah (aterosklerosis). Plak adalah penyebab tersumbatnya pembuluh darah jantung yang dapat memicu meningkatnya risiko penyakit jantung dan strok. Sehingga, gejala kolesterol tinggi adalah nyeri pada dada. 

Baca Juga: Makanan Minuman Pantangan Asam Urat, Cek Cara Menurunkan Asam Urat dengan Alami

Cara mencegah kolesterol tinggi 

Demikian ciri-ciri asam urat dan kolesterol tinggi.

Sementara itu, cara terbaik untuk menghindari kolesterol dan tekanan darah tinggi adalah mengatur pola makan yang sehat, berolahraga, dan membatasi mengonsumsi makanan tinggi kolesterol maupun lemak jenuh, di antaranya:

  • Mentega
  • Minyak kelapa
  • Lemak babi
  • Daging merah
  • Gorengan
  • Jeroan
  • Udang
  • Kerang
  • Sosis dan lain lain.

Baca Juga: Catat, Ini Beragam Makanan Pantangan Asam Urat yang Wajib Dihindari

Untuk itu, pilihlah untuk mengonsumsi makanan yang mengandung lemak tak jenuh seperti minyak zaitun, kacang-kacangan, dan ikan.

Demikian ciri-ciri asam urat dan kolesterol tinggi. Untuk mengendalikan gejala asam urat dan kolesterol tinggi, maka faktor pencetus serangan terutama dari gaya hidup sebaiknya dihindari. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×