kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45858,63   -4,24   -0.49%
  • EMAS1.341.000 0,22%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jika Badan Anak Panas, Kenali 8 Obat Demam Anak Alami Berikut


Rabu, 29 Mei 2024 / 16:39 WIB
Jika Badan Anak Panas, Kenali 8 Obat Demam Anak Alami Berikut
ILUSTRASI. Obat Demam Anak Alami


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Salah satu mengatasi badan anak panas adalah dengan mengkonsumsi obat demam anak alami. Selain itu, banyak obat demam anak alami yang relatif mudah didapatkan dan tidak kalah ampuh.

Demam pada anak adalah kondisi yang umum dan seringkali merupakan respons alami tubuh terhadap infeksi atau penyakit lainnya. 

Meskipun demam sendiri bukanlah penyakit, namun dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan kekhawatiran pada orang tua. Banyak orang tua yang mencari cara alami untuk meredakan demam pada anak mereka, tanpa harus menggunakan obat-obatan kimia. 

Baca Juga: Rekomendasi 4 Kamera Pocket Terbaik Tahun 2024, Catat Ya!

Melansir dari WebMD, berikut beberapa pilihan obat demam anak alami di antaranya:

Air Hangat Mandi

Mandi air hangat dapat membantu menurunkan suhu tubuh anak secara perlahan. Pastikan airnya tidak terlalu panas, karena itu bisa membuat anak lebih tidak nyaman. Air hangat membantu melebarkan pembuluh darah dan meredakan ketegangan otot, sehingga bisa membantu meredakan demam.

Kompress Dingin

Mengompres anak dengan kain basah yang direndam air dingin dapat membantu menurunkan suhu tubuh. Kompres ini sebaiknya diletakkan di area dahi, leher, atau ketiak. Hindari menggunakan air yang terlalu dingin karena itu bisa menyebabkan kedinginan pada anak.

Baca Juga: Rekomendasi 4 Kamera Canon Terbaik Tahun 2024, Mau Beli?

Konsumsi Cairan yang Cukup

Pastikan anak Anda tetap terhidrasi dengan baik. Demam bisa menyebabkan dehidrasi, jadi pastikan anak Anda minum air, jus buah, atau kaldu yang ringan secara teratur. Air kelapa dan minuman elektrolit juga bisa membantu mengganti elektrolit yang hilang akibat demam.

Istirahat Cukup

Memberikan anak cukup waktu untuk istirahat adalah bagian penting dalam proses penyembuhan. Istirahat yang cukup membantu tubuh anak untuk melawan infeksi dengan lebih efisien.

Baca Juga: Manfaat Buah Langsat Untuk Melancarkan Pencernaan, Cek 6 Khasiat Lainnya

Jahe dan Madu

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi dan bisa membantu menurunkan demam. Campurkan sedikit jahe parut dengan madu dan berikan pada anak Anda. Madu juga memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu melawan infeksi.

Mentimun

Mentimun mengandung air yang tinggi dan dapat membantu menurunkan suhu tubuh. Iris mentimun tipis-tipis dan berikan pada anak sebagai camilan sehat.

Bawang Putih

Bawang putih memiliki sifat antivirus dan antibakteri alami. Bawang putih mentah yang dicampur dengan madu dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meredakan demam.

Baca Juga: Catat 9 Khasiat Penting dan Manfaat Blueberry Untuk Menurunkan Risiko Kanker

Cuka Apel

Cuka apel diencerkan dengan air hangat dan digunakan untuk mengompres tubuh anak. Cuka apel memiliki sifat menurunkan panas dan bisa membantu meredakan demam.

Meskipun obat demam anak alami bisa membantu meredakan gejala, sangat penting untuk memantau suhu tubuh anak secara teratur dan mencari bantuan medis jika demam berlangsung lebih dari beberapa hari, atau jika anak menunjukkan tanda-tanda lain seperti sulit bernapas, ruam kulit, atau perilaku yang tidak biasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Bedah Tuntas Sengketa Pajak WP Badan: Pemeriksaan Pajak, Keberatan dan Banding di Pengadilan Pajak Mastering Financial Modeling

[X]
×