kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45858,63   -4,24   -0.49%
  • EMAS1.341.000 0,22%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Manfaat Buah Langsat Untuk Melancarkan Pencernaan, Cek 6 Khasiat Lainnya


Selasa, 28 Mei 2024 / 13:37 WIB
Manfaat Buah Langsat Untuk Melancarkan Pencernaan, Cek 6 Khasiat Lainnya
ILUSTRASI. Manfaat Buah Langsat Untuk Melancarkan Pencernaan


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Banyak manfaat buah langsat untuk kesehatan yang masih jarang diketahui kebanyakan orang. Padahal, ada berbagai manfaat dan khasiat buah langsat yang luar bisa didapatkan jika dikonsumsi dengan benar.

Buah langsat, yang juga dikenal dengan sebutan lansium parasiticum atau langsat duku, adalah salah satu buah tropis yang kaya akan manfaat kesehatan. 

Buah langsat ini berasal dari Asia Tenggara dan sering dijuluki "raja buah" karena rasanya yang manis dan menyegarkan. Selain rasanya yang lezat, buah langsat juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa.

Baca Juga: Manfaat Cuka Apel untuk Mengurangi Risiko Kanker, Ada 7 Khasiat Penting

Melansir dari Medindia, langsat merupakan buah kaya nutrisi yang mengandung banyak unsur penting seperti protein, karbohidrat, mineral, vitamin dan serat pangan yang diperlukan untuk banyak fungsi tubuh.

Selain itu, berikut beberapa manfaat buah langsat untuk kesehatan di antaranya:

Melancarkan Sistem Pencernaan

Buah langsat mengandung serat diet yang tinggi, yang dapat membantu meningkatkan sistem pencernaan. Serat membantu mencegah sembelit, merangsang gerakan usus yang sehat, dan membantu menjaga berat badan yang seimbang. Dengan mengonsumsi buah langsat, Anda dapat mendukung kesehatan pencernaan Anda dan mengurangi risiko gangguan pencernaan.

Baca Juga: Bisa Bantu Menurunkan Berat Badan dengan Cepat, Ini 8 Manfat Buah Naga

Kaya Akan Antioksidan

Buah langsat mengandung berbagai jenis antioksidan, termasuk vitamin C, vitamin A, dan senyawa polifenol. Antioksidan ini membantu melawan radikal bebas dalam tubuh, yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan berkontribusi pada perkembangan penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung. Mengonsumsi buah langsat secara rutin dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menjaga tubuh tetap sehat.

Menyediakan Vitamin dan Mineral Penting

Selain vitamin C dan vitamin A, buah langsat juga mengandung vitamin B kompleks, seperti vitamin B1, B2, B3, dan B5. Buah ini juga mengandung mineral seperti kalium, tembaga, magnesium, dan mangan. Vitamin dan mineral ini penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Kalium, misalnya, membantu mengatur tekanan darah dan menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh.

Baca Juga: 8 Manfaat Kulit Kentang Jika Dikonsumsi, Sudah Tahu?

Mendukung Kesehatan Jantung

Kandungan serat dan antioksidan dalam buah langsat juga bermanfaat untuk kesehatan jantung. Serat membantu mengurangi kadar kolesterol dalam darah, sementara antioksidan melawan peradangan dan oksidasi yang dapat merusak pembuluh darah. Dengan memasukkan buah langsat dalam pola makan Anda, Anda dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Menjaga Kesehatan Kulit

Vitamin C dalam buah langsat memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan kulit. Vitamin ini membantu produksi kolagen, yang menjaga kulit tetap kencang dan bebas keriput. Selain itu, antioksidan dalam buah ini juga melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan polusi.

Baca Juga: Cara Ampuh Mengatasi Cacingan, Cek 9 Obat Cacingan Alami Berikut

Potensi Anti-Kanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa-senyawa aktif dalam buah langsat dapat memiliki potensi anti-kanker. Meskipun penelitian ini masih dalam tahap awal, konsumsi buah langsat sebagai bagian dari diet sehat dapat membantu melindungi tubuh dari risiko kanker.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Bedah Tuntas Sengketa Pajak WP Badan: Pemeriksaan Pajak, Keberatan dan Banding di Pengadilan Pajak Mastering Financial Modeling

[X]
×