kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.404.000   0   0,00%
  • USD/IDR 16.195
  • IDX 7.294   -26,58   -0,36%
  • KOMPAS100 1.142   -7,10   -0,62%
  • LQ45 920   -3,25   -0,35%
  • ISSI 218   -1,41   -0,64%
  • IDX30 460   -1,72   -0,37%
  • IDXHIDIV20 554   -0,98   -0,18%
  • IDX80 128   -0,53   -0,41%
  • IDXV30 130   0,41   0,32%
  • IDXQ30 155   -0,33   -0,21%

Kenali 6 Obat Diare Anak Alami Jika Buah Hati Sering Sakit Perut


Selasa, 28 Mei 2024 / 09:20 WIB
Kenali 6 Obat Diare Anak Alami Jika Buah Hati Sering Sakit Perut
ILUSTRASI. Salah satu cara mengatasi diare anak adalah dengan mengkonsumsi obat diare anak alami.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Salah satu cara mengatasi diare anak adalah dengan mengkonsumsi obat diare anak alami. Selain tak kalah ampuh, obat diare anak berbahan alami juga relatif aman untuk dikonsumsi sang buah hati.

Diare adalah masalah umum yang dapat memengaruhi anak-anak, terutama mereka yang berusia di bawah lima tahun. Gejala diare pada anak-anak dapat sangat mengkhawatirkan bagi orang tua, karena dapat menyebabkan dehidrasi dan kehilangan nutrisi yang penting. 

Meskipun obat-obatan konvensional dapat membantu mengatasi diare, beberapa orang tua mungkin mencari solusi alami untuk mengurangi gejala dan mendukung pemulihan anak mereka. 

Baca Juga: Manfaat Cuka Apel untuk Mengurangi Risiko Kanker, Ada 7 Khasiat Penting

Melansir dari The Health Site, berikut beberapa obat diare anak alami di antaranya:

Oralit

Oralit adalah campuran garam, gula, dan air yang direkomendasikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk mengatasi dehidrasi akibat diare. Ini adalah obat alami yang sederhana dan efektif yang dapat dengan mudah disiapkan di rumah. Anda dapat mencampurkan 1 sendok teh garam dan 2 sendok teh gula dalam 1 liter air matang yang telah didinginkan. Minumlah campuran ini dalam jumlah kecil selama beberapa jam untuk membantu mengganti cairan yang hilang selama diare.

Pisang

Pisang adalah buah yang sangat baik untuk anak-anak yang mengalami diare. Pisang mengandung kalium, serat, dan nutrisi penting lainnya yang dapat membantu meredakan gejala diare. Pisang juga lembut pada perut dan dapat membantu mengurangi frekuensi buang air besar. Anda dapat memberikan pisang matang kepada anak Anda sebagai camilan atau mencampurnya dengan yogurt alami untuk meningkatkan kandungan probiotik.

Baca Juga: 8 Manfaat Kulit Kentang Jika Dikonsumsi, Sudah Tahu?

Bubur Nasi

Bubur nasi adalah makanan yang lembut dan mudah dicerna, yang dapat membantu meredakan perut anak yang terganggu oleh diare. Anda dapat membuat bubur nasi dengan menggabungkan nasi matang dengan air atau kaldu sayuran. Pastikan nasi sudah dingin sebelum diberikan kepada anak Anda. Bubur nasi memberikan energi dan mudah dicerna.

Teh Jahe

Teh jahe mengandung zat aktif yang dikenal sebagai gingerol, yang memiliki sifat antiinflamasi dan antispasmodik. Minuman jahe dapat membantu meredakan perut kembung dan kram yang sering menyertai diare. Anda dapat memberikan teh jahe yang lemah kepada anak Anda dengan menambahkan sedikit madu untuk memperbaiki rasanya.

Probiotik Alami

Probiotik alami seperti yogurt atau kefir mengandung bakteri sehat yang dapat membantu mengembalikan keseimbangan flora usus. Flora usus yang sehat penting dalam mengatasi diare. Pastikan produk probiotik yang Anda pilih tidak mengandung tambahan gula dan pewarna buatan. Anda dapat memberikan yogurt alami atau kefir kepada anak Anda sebagai camilan.

Baca Juga: Cara Ampuh Mengatasi Cacingan, Cek 9 Obat Cacingan Alami Berikut

Rehidrasi

Penting untuk memastikan bahwa anak Anda tetap terhidrasi selama diare. Selain Oralit, berikan air putih atau air kelapa yang rendah gula untuk menggantikan cairan yang hilang. Hindari minuman berkafein atau berkarbonasi, karena ini dapat memperburuk dehidrasi.

Sebagai orang tua, sangat penting untuk menghubungi dokter jika diare anak Anda berlangsung lebih dari beberapa hari atau jika terjadi dehidrasi yang serius. Obat-obatan alami dapat membantu mengurangi gejala diare, tetapi perawatan medis mungkin diperlukan dalam situasi yang lebih parah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×