kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45937,59   9,24   0.99%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Inilah Kadar Asam Urat Lansia, Cek Cara Juga Mengatasi Asam Urat Tanpa Obat


Kamis, 04 April 2024 / 03:05 WIB
Inilah Kadar Asam Urat Lansia, Cek Cara Juga Mengatasi Asam Urat Tanpa Obat
ILUSTRASI. Inilah Kadar Asam Urat Lansia, Cek Cara Juga Mengatasi Asam Urat Tanpa Obat


Reporter: Adi Wikanto, Rezki Wening Hayuningtyas | Editor: Adi Wikanto

Cara Mengatasi Asam Urat Tanpa Obat - Jakarta. Simak kadar asam urat normal pada lanjut usia (lansia). Jika terlalu tinggi, cara mengatasi asam urat tanpa obat berikut bisa dicoba sambil menjalani pengobatan dokter.

Kalangan lansia perlu mengetahui kadar asam urat normal. Pasalnya, asam urat tinggi sering terjadi pada lansia.

Diberitakan Kompas.com, kadar asam urat normal pada lansia maupun orang dewasa muda sama, yaitu di bawah 7,0 mg/dl pada laki-laki dan untuk wanita kurang dari 6,0 mg/dl.

Dilansir dari Medical News Today, kadar asam urat normal lansia berkisar antara 2,5-7,0 mg/dl pada pria. Sementara, kadar asam urat normal wanita sekitar 1,5-6,0 mg/dl. Wanita lanjut usia yang kadar asam uratnya melebihi 6,0 mg/dl dan pria yang uric acid-nya di atas 7,0 mg/dl berisiko terkena serangan asam urat atau gout.

Kadar asam urat yang tinggi tidak selalu menunjukkan gejala. Keluhan akibat tingginya asam urat biasanya muncul setelah masalah tersebut dibiarkan berlarut tanpa pengobatan maupun perubahan gaya hidup.

Gejala penyakit asam urat yang umum, yaitu:

  • Nyeri sendi yang berangsur parah dalam beberapa jam setelah serangan gout terjadi.
  • Pembengkakan pada area sendi dan sekitarnya
  • Sensasi panas pada sendi
  • Sendi terasa hangat dan lunak saat disentuh
  • Perubahan warna di sekitar persendian.

Serangan asam urat yang tidak tertangani bisa menyebabkan timbulnya tophi atau benjolan di bagian sendi akibat kristal asam urat yang membengkak. Selain itu, penyakit asam urat juga dapat memicu timbulnya batu ginjal sampai gagal ginjal.

Baca Juga: Apakah Kangkung Menyebabkan Asam Urat? Cek Jawabannya di Sini

Cara menjaga kadar asam urat

Memiliki sejumlah asam urat di dalam darah adalah kondisi yang normal. Asam urat tersebut nantinya akan diproses di ginjal dan keluarkan dari tubuh melalui urine. Namun, jika kadar asam urat melebihi batas normal akibat pola makan tinggi purin atau gangguan fungsi ginjal, seseorang berisiko mengalami penyakit asam urat dan memicu masalah medis lainnya.

Untuk itu, kita perlu berupaya menjaga kadar asam urat tetap normal dengan beberapa tips. Berikut cara mengjaga kadar asam urat tetap normal:

  • Membatasi makanan tinggi purin, seperti ikan teri, sarden, kerang, jeroan, daging merah, makanan manis, dan minuman beralkohol
  • Menurunkan berat badan
  • Manajemen stres dengan latihan meditasi, yoga, atau terapi konseling dengan ahli
  • Minum cairan sesuai kebutuhan tubuh
  • Olahraga rutin.

Sementara itu, cara yang tepat untuk mencegah kekambuhan asam urat yaitu dengan konsumsi obat-obatan, seperti allopurinol yang mencegah pemecahan purin sehingga dapat menurunkan kadar asam urat serum.

Cara mengatasi asam urat tanpa obat 

Ada obat asam urat yang tersedia di apotek. Selain dengan obat-obatan yang diresepkan doter, terdapat beberapa cara mengatasi asam urat dengan alami:

Melansir dari Medical News Today, berikut ini adalah beberapa cara mengatasi asam urat tanpa obat:

1. Konsumsi Air yang Cukup

Menambah asupan air putih bisa sangat membantu bagi mereka yang mengalami asam urat, mengurangi inflamasi dan pembengkakan. Air memacu ginjal untuk mengeluarkan kelebihan cairan, sehingga mengurangi pembengkakan yang dialami penderita asam urat.

2. Penggunaan Kompres Dingin

Aplikasi kompres dingin yang dibungkus dengan kain ke area yang terkena bisa mengurangi peradangan yang disebabkan oleh asam urat. Penggunaan kompres es atau benda dingin yang dibungkus dengan handuk selama 20 menit bisa membantu mengurangi rasa sakit.

3. Mengurangi Stres

Stres dapat memperburuk gejala asam urat. Meskipun tidak selalu mungkin menghilangkan stres sepenuhnya, beberapa cara untuk merawat diri sendiri dapat membantu. Misalnya seperti berolahraga, mengambil cuti dari pekerjaan, menulis jurnal, membaca, bermeditasi, dan mendapatkan cukup istirahat

4. Mengangkat Area Sendi yang Terkena

Mengangkat area sendi yang bengkak karena asam urat bisa mengurangi pembengkakan dengan mendorong cairan menjauh dari sendi. Menggunakan kompres es sambil mengangkat area sendi bisa lebih efektif.

5. Pembatasan Konsumsi Alkohol

Mengurangi atau menghindari konsumsi alkohol, terutama bir yang tinggi purin, bisa mengurangi risiko asam urat.

6. Menghindari Makanan Tinggi Purin

Hindari makanan yang tinggi purin seperti daging merah, jeroan, makanan laut tertentu (seperti udang dan kerang), serta makanan dan minuman yang mengandung fruktosa tinggi. Sebagai gantinya, perbanyak konsumsi buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan yang memiliki kandungan purin rendah.

Itulah kadar asam urat pada lansia serta cara mengatasi asam urat tanpa obat. Mari jaga pola makan agar asam urat tetap normal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×