kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45994,16   -8,36   -0.83%
  • EMAS1.136.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Apakah Kacang Tanah Menyebabkan Asam Urat? Cek Minuman Menurunkan Kadar Asam Urat


Rabu, 11 Oktober 2023 / 06:27 WIB
Apakah Kacang Tanah Menyebabkan Asam Urat? Cek Minuman Menurunkan Kadar Asam Urat
ILUSTRASI. Apakah Kacang Tanah Menyebabkan Asam Urat? Cek Minuman Menurunkan Kadar Asam Urat


Sumber: Kementerian Kesehatan RI,Sonora.id,Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

Cara Menurunkan Asam Urat - Jakarta. Apakah kacang tanah menyebabkan asam urat? Simak cara menurunkan asam urat dengan minum minuman alami.

Asam urat adalah penyakit yang salah satunya disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat. Terlalu banyak konsumsi makanan mengandung purin adalah penyebab asam urat.

Banyak masyarakat percaya, kacang tanah adalah salah satu makanan penyebab asam urat. Oleh karena itu, sebagian masyarakat pun menyarankan penderita asam urat tidak makan kacang tanah.

Lalu, apakah kacang tanah menyebabkan asam urat?

Dilansir dari website Kementerian Kesehatan, penyakit asam urat disebut juga gout. Asam urat adalah salah satu jenis penyakit peradangan pada sendi yang terjadi karena adanya penumpukan kristal asam urat. Kondisi ini dapat terjadi pada banyak sendi, seperti di jari kaki, pergelangan kaki, lutut, dan paling sering di ibu jari kaki.

Normalnya, kadar atau standar asam urat laki-laki antara 3,4 – 7,0 mg/dL. Sedangkan angka asam urat normal pada perempuan antara 2,4 – 6,0 mg/dL. Kemudian, standar asam urat pada anak-anak 2,0 – 5,5 mg/dL.

Pada kondisi normal, asam urat larut dalam darah dan dikeluarkan melalui urine. Selain itu pada kondisi tertentu, asam urat dapat menumpuk akibat tubuh menghasilkan asam urat dalam jumlah yang berlebihan atau mengalami gangguan dalam membuang kelebihan asam urat.

Baca Juga: 4 Manfaat Suruhan Salah Satunya Merontokkan Asam Urat Tinggi

Kadar asam urat dalam darah yang berlebihan akan menyebabkan pembentukan kristal di sendi. Kristal ini dapat menyebabkan peradangan, sehingga penderita akan mengeluhkan gejala nyeri yang mengganggu dan bengkak pada sendi, biasanya di kaki.

Asam urat yang termasuk radang sendi sebaiknya tidak dibiarkan lantaran bisa menimbulkan sakit atau pembengkakan pada sendi. Orang yang mengalami asam urat terkadang juga sulit untuk membedakan apakah sakit yang mereka rasakan disebabkan oleh asam urat atau rematik. 

Selain minum obat asam urat, penderita perlu menjauhi larangan makanan dan minuman asam urat. Benarkah kacang tanah menyebabkan asam urat?

Dalam pemberitaan Sonora.id, dr. Santi dari Medical Center Kompas Gramedia menyatakan salah satu makanan yang telah terbukti memiliki kandungan purin yang tinggi dan berpengaruh besar terhadap asam urat adalah daging merah.

Daging ayam juga bisa meningkatkan kadar asam urat dalam darah, namun dampaknya tidak sebesar daging merah.

Tidak hanya dagingnya, kuah kaldu dari daging, seperti dalam sop atau soto juga bisa membuat kadar asam urat anda meningkat pesat.

Makanan laut juga dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah anda, khususnya makanan laut yang memiliki cangkang seperti udang, lobster, kepiting, dan kerang.

Beberapa jenis ikan juga bisa meningkatkan kadar asam urat seperti ikan teri dan ikan sarden.

Minuman beralkohol, minuman manis yang mengandung fruktosa, serta madu juga bisa meningkatkan kadar asam urat dalam darah.

Terakhir, sayur-sayuran seperti melinjo, kacang, kangkung, bayam, dan brokoli termasuk jenis sayuran yang mengandung purin tinggi.

Meski memiliki bahaya yang lebih kecil dibanding daging merah, bagi anda yang menderita asam urat tinggi sebaiknya membatasi konsumsi sayur-sayuran tersebut, termasuk kacang tanah.

Cara menurunkan kadar asam urat

Selain menjauhi larangan makanan asam urat, penderita juga perlu minum minuman penurun asam urat. Minuman penurun asam urat perlu dikonsumsi rutin untuk membantu menurunkan asam urat.

Terlebih lagi, minuman penurun asam urat ini mudah dibuat. Pasalnya, minuman penurun asam urat ini menggunakan bahan alami yang mudah didapatkan.

Dilansir dari Kompas.com, berikut cara menurunkan kadar asam urat dengan minuman alami seperti diberitakan Times of India.

1. Teh jahe

Cara menurunkan kadar asam urat dengan alami yang pertama adalah minum teh jahe. Konsumsi teh jahe setiap hari dapat membantu menurunkan kadar asam urat. Hal ini disebabkan sifat antiseptik, anti-inflamasi dan khasiat penyembuhan dari jahe itu sendiri. Di samping itu, jahe juga mengandung antioksidan yang mengurangi peradangan dan nyeri secara alami.

Cara membuat minuman teh jahe untuk menurunkan asam urat juga cukup mudah, kita hanya perlu merebusnya dengan air sampai mendidih, lalu dikonsumsi secara rutin selagi hangat.

2. Jus mentimun

Cara menurunkan kadar asam urat dengan alami yang kedua adalah minum jus mentimun. Mentimun sudah terbukti mengandung kadar air yang tinggi, potasium dan fosfor yang membantu proses detoksifikasi ginjal. Dengan demikian, limbah sisa metabolisme dapat terbuang dengan optimal, termasuk kadar purin tinggi pemicu asam urat.

3. Jus wortel

Cara menurunkan kadar asam urat dengan alami yang ketiga adalah minum jus wortel. Minum jus wortel dengan campuran lemon dapat membantu mencegah kenaikan dara asam urat.

Hal ini dapat terjadi karena wortel memiliki kandungan antioksidan, vitamin A, serat, beta karoten dan mineral yang membantu mengurangi kerusakan akibat asam urat tinggi. Lalu air lemon juga sehat bagi asam urat karena mengandung antioksidan, vitamin C dan membantu proses regenerasi sel secara alami.

4. Teh hijau

Cara menurunkan kadar asam urat dengan alami yang keempat adalah minum teh hijau. Teh hijau kaya akan antioksidan dan senyawa bioaktif lainnya. Sejumlah kandungan itu bisa membantu menurunkan kadar asam urat secara alami bila dikonsumsi secara rutin.

Melansir laman Medical News Today, menurut meta-analisis tahun 2016, peneliti menemukan, sejumlah kandungan pada teh hijau dapat membantu mengurangi peradangan pada tubuh. Pada studi lain di tahun yang sama, penderita asam urat yang mengonsumsi teh hijau melalui suplemen juga menunjukkan proses pemulihan dari gejala asam urat yang lebih signifikan.

5. Jus buah beri

Cara menurunkan kadar asam urat dengan alami yang kelima adalah minum jus buah beri. Buah beri mengandung senyawa polifenol, vitamin, mineral, dan antioksidan tinggi yang melindungi tubuh dari radikal bebas.

Menurut studi penelitian di tahun 2018, kandungan polifenol dalam buah beri seperti bluberi, raspberry, ceri, stroberi hingga delima bisa membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan pada penderita arthritis dan asam urat. The Arthritis Foundation juga merekomendasikan penderita asam urat untuk mengonsumsi buah ceri untuk menurunkan risiko kambuhnya asam urat

Itulah jawaban dari pertanyaan "apakah kacang tanah menyebabkan asam urat". Jika asam urat meningkat, segera lakukan cara menurunkan kadar asam urat seperti diuraikan di atas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×