kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.325.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

ini 9 Makanan Penambah Imun Tubuh, Tak Perlu Konsumsi Suplemen


Senin, 09 Oktober 2023 / 15:32 WIB
ini 9 Makanan Penambah Imun Tubuh, Tak Perlu Konsumsi Suplemen
ILUSTRASI. ini 9 Makanan Penambah Imun Tubuh, Tak Perlu Konsumsi Suplemen


Penulis: Bimo Kresnomurti

Makanan Penambah Imun Tubuh - JAKARTA. Cek daftar makanan penambah imunitas tubuh dari rumah. Konsumsi makanan sehat tanpa perlu suplemen bisa membuat tubuh menjadi jarang sakit.

Imunitas yang kuat adalah kunci untuk menjalani hidup yang sehat dan bugar. Salah satu cara paling alami dan efektif untuk meningkatkan sistem imun tubuh adalah dengan memperhatikan apa yang kita makan.

Makanan yang sehat dan bernutrisi dapat memainkan peran krusial dalam mendukung imunitas tubuh, membantu melawan infeksi, dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Ada 9 makanan berbeda yang dikenal sebagai penambah kekebalan tubuh. Cobalah salah satu atau semuanya untuk mendapatkan manfaat yang ditawarkan oleh nutrisi makanan berikut ini.

Baca Juga: Ini 5 Penyebab Berat Badan Mudah Naik Drastis, Waspada Kegemukan

Makanan sehat

Simak daftar makanan penambah imun tubuh yang praktis dimasukan ke dalam menu makan dirangkum dari laman Life Span

1. Minyak ikan

Ikan yang memiliki kadar asam lemak Omega 3 yang tinggi seperti salmon, tuna atau mackerel diketahui dapat meningkatkan aktivitas sel darah putih, yang melawan infeksi.

Lemak sehat ini membantu sistem kekebalan tubuh dan juga baik untuk jantung dan otak.

2. Kacang dan biji-bijian

Kacang-kacangan seperti almond dan kenari serta biji-bijian seperti bunga matahari mengandung beberapa vitamin dan mineral (B-6, magnesium, fosfor atau selenium) yang membantu mengatur dan menjaga sistem kekebalan tubuh.

Anda bisa menambahkan ke dalam salad Anda atau nikmati segenggamnya untuk camilan sehat penambah energi .

3. Rempah-rempah

Selain menambah nafsu makan pada makanan, bawang putih, jahe, dan kunyit adalah rempah berkhasiat untuk kekebalan tubuh untuk melawan infeksi.

Sehingga jangan ragu membumbui masakan Anda dengan rempah untuk meningkatkan imunitas tubuh.

4. Buah sitrus

Kebanyakan buah jeruk seperti jeruk, grapefruit, jeruk keprok, lemon, dan jeruk nipis mengandung vitamin C tingkat tinggi, yang diduga membantu melawan infeksi dengan meningkatkan sel darah putih.

Baik Anda memakannya utuh, atau memeras jusnya ke dalam makanan Anda, jangan lupa untuk menambahkan buah-buahan ini ke dalam makanan rutin.

5. Buah beri

Dengan banyaknya variasi yang dapat dipilih, tidak ada salahnya Anda menambahkan camilan manis bernutrisi kecil ini ke dalam makanan rutin.

Dari blueberry dan blackberry lokal hingga goji atau açai impor, potongan kecil ini kaya akan vitamin dan nutrisi untuk memberi dorongan yang butuhkan.

Nikmati dalam yogurt atau smoothie, atau sebagai pilihan makanan penutup yang tidak terlalu manis namun tetap manis.

5. Ayam

Sup ayam lebih bermanfaat dengan kandungan nutrisi yang kaya akan vitamin B-6. Sehingga, ini dapat mengurangi peradangan dan dibutuhkan dalam pembentukan sel darah merah baru, serta seng, yang meningkatkan produksi sel darah putih.

Jadi jangan tunggu sampai Anda terserang flu untuk menikmati semangkuk hangat kebaikan yang menenangkan. 

6. Sayuran berwarna cerah

Meskipun sering menganggap buah jeruk sebagai sumber vitamin C, sayuran berwarna cerah seperti paprika merah memiliki kadar vitamin C yang lebih tinggi.

Kandungan Beta karoten dalam wortel juga baik untuk sistem kekebalan tubuh, begitu juga dengan kesehatan mata dan kulit.

7. Sayuran berdaun hijau

Sayuran berwarna gelap seperti bayam, kangkung, dan sawi diketahui memiliki kadar vitamin C yang tinggi bersama dengan antioksidan dan beta karoten.

Tentu, ini juga membantu melawan infeksi dan baik untuk kesehatan jantung, otak, dan usus.

8. Yogurt

Makanan fermentasi dengan “kultur hidup dan aktif” serta vitamin D ini dapat menambah imun hingga perbaikan sistem kekebalan untuka melawan penyakit.

Carilah merek tanpa tambahan gula dan pemanis secara alami dengan madu atau buah (seperti buah beri, untuk tambahan rasa). 

9. Minyak zaitun

Sebagai bahan pokok dalam diet Mediterania, minyak zaitun adalah lemak sehat yang baik untuk jantung dan otak Anda. Ini juga meningkatkan sistem kekebalan melalui kemampuannya untuk mengurangi peradangan di tubuh Anda.

Demikian informasi terkait makanan yang bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tanpa perlu konsumsi suplemen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×