kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45904,83   -3,71   -0.41%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 5 Penyebab Berat Badan Mudah Naik Drastis, Waspada Kegemukan


Senin, 09 Oktober 2023 / 12:32 WIB
Ini 5 Penyebab Berat Badan Mudah Naik Drastis, Waspada Kegemukan
ILUSTRASI. Ini 5 Penyebab Berat Badan Mudah Naik Drastis, Waspada Kegemukan


Penulis: Bimo Kresnomurti

Penyebab Berat Badan Mudah Naik - JAKARTA. Simak penyebab berat badan mudah naik secara drastis. Kondisi tubuh setiap orang bisa berbeda bergantung dari metabolisme hingga faktor biologisnya.

Kondisi sehat tidaknya tubuh bisa dikenali dengan pengukuran salah satunya, berat badan yang ideal. Berat badan setiap orang akan dipengaruhi oleh faktor genetik, pola makan, dan aktivitas sehari-hari.

Saat kondisi tubuh yang cenderung tidak melakukan aktivitas fisik, berat badan akan mudah naik dan menyebabkan kegemukan.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi berat badan bisa naik maupun turun.

Baca Juga: 7 Bahaya Kurang Tidur bagi Kesehatan Tubuh dan Cara Mengatasinya

Kenaikan berat badan

Faktor utama yang mempengaruhi berat badan

 Berikut adalah beberapa faktor utama yang mempengaruhi berat badan:

  1. Genetika dan Pewarisan: Faktor genetika berperan dalam menentukan kecenderungan seseorang untuk memiliki berat badan tertentu. Gen-gen dapat memengaruhi metabolisme, kecenderungan menyimpan lemak, dan pola makan.
  2. Aktivitas Fisik: Tingkat aktivitas fisik sangat mempengaruhi berat badan. Orang yang aktif secara fisik dan melakukan olahraga memiliki kecenderungan untuk membakar lebih banyak kalori dan mempertahankan berat badan yang sehat.
  3. Pola Makan: Jenis dan jumlah makanan yang dikonsumsi memiliki dampak besar pada berat badan. Pola makan yang seimbang dan mengandung berbagai nutrisi penting adalah kunci untuk menjaga berat badan yang sehat.
  4. Metabolisme Basal: Metabolisme basal adalah jumlah energi yang dibutuhkan tubuh untuk menjalani fungsi-fungsi dasar saat istirahat. Orang dengan metabolisme basal yang tinggi cenderung membakar lebih banyak kalori.
  5. Kondisi Kesehatan: Beberapa kondisi kesehatan seperti hipotiroidisme, sindrom ovarium polikistik (PCOS), diabetes, dan gangguan hormonal lainnya dapat mempengaruhi berat badan.
  6. Faktor Psikologis dan Emosional: Stres, kecemasan, depresi, dan masalah psikologis lainnya dapat memengaruhi pola makan seseorang. Beberapa orang mungkin cenderung makan berlebihan atau kurang makan sebagai respons terhadap tekanan emosional.

Untuk itu, Anda perlu mengenal sendiri kebiasaan yang membuat berat badan cepat naik.

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan beberapa poin berikut yang menjadi penyebab berat badan cepat naik maupun turun.

Berikut ini beberapa penyebab berat badan mudah naik drastis yang dilansir dari laman Verywell Fit.

Baca Juga: Makanan Pantangan Diabetes, Simak Perbedaan Diabetes Basah dan Kering

Penyebab berat badan mudah naik drastis

1. Diet yang tidak realistis

Seperti kebanyakan orang, ketika Anda memulai program penurunan berat badan, Anda ingin menurunkan banyak berat badan secepat mungkin.

Anda mungkin mengikuti rencana makan yang ketat atau program olahraga intens yang sulit dikelola dalam jangka panjang.

Keinginan untuk menurunkan berat badan sebanyak mungkin dalam waktu sesingkat mungkin mungkin menjadi alasan mengapa berat badan Anda bertambah, bukannya turun.

2. Ukuran porsi makan

Ukuran porsi Anda mungkin menjelaskan mengapa berat badan Anda bertambah bukannya turun. Ukuran porsi telah meningkat di restoran dan di rumah selama bertahun-tahun, menurut ulasan tahun 2018 yang diterbitkan dalam The Proceedings of the Nutrition Society Amerika Serikat.

Porsi makanan yang Anda anggap normal, mungkin jauh lebih besar daripada ukuran porsi standar. Ukuran porsi menentukan apakah Anda mengonsumsi makanan berkalori tinggi atau makanan padat nutrisi. 

3. Kurang olahraga

Kehidupan modern telah membuat banyak hal menjadi lebih nyaman. Anda dapat mengganti saluran tanpa meninggalkan sofa dan bahkan memesan bahan makanan secara online yang akan diantar langsung ke rumah Anda.

Namun kemudahan modern ini juga membuat Anda kurang aktif. Pastikan Anda menjadwalkan olahraga rutin untuk mendapatkan ritme terbaik.

Dengan kebiasaan yang dilakukan secara perlahan, tubuh akan menerima perubahan dengan baik. Hal ini tentu berkaitan dengan menjaga berat badan agar tidak mudah naik.

4. Pilihan makanan

Makanan yang dipilih dalam porsi makan diet tentu tetap memenuhi kebutuhan karbohidrat, protein hingga mineral. Pastinya untuk konsumsi makanan tersebut jadwalnya menu yang bervariasi agar tidak cepat bosan.

Konsumsi makanan yang kurang bergizi seperti tidak terpenuhinya karbohidrat, protein, dan yang lainnya menyebabkan kadar lemak tubuh tidak terjaga dengan baik.

5. Kurang Tidur dan Stres

Kurang tidur dan terlalu banyak stres juga merupakan penyebab umum kenaikan berat badan yang tidak diinginkan. Ketika Anda tidak mendapatkan cukup tidur, tubuh Anda mengubah kelebihan kalori menjadi lemak, nafsu makan meningkat, dan Anda makan lebih banyak.

Stres kronis berdampak buruk bagi kesehatan dan berat badan Anda. Saat Anda selalu merasa stres, hormon stres kortisol tetap tinggi.

Penting untuk memahami bahwa interaksi antara faktor-faktor penyebab berat badan mudah naik bisa berbeda-beda.

Sederet informasi di atas bisa menjadi pertimbangan Anda untuk memperhatikan kembali pola makan hingga aktivitas untuk menjaga berat badan ideal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×