kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.315.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

7 Bahaya Kurang Tidur bagi Kesehatan Tubuh dan Cara Mengatasinya


Senin, 09 Oktober 2023 / 10:31 WIB
7 Bahaya Kurang Tidur bagi Kesehatan Tubuh dan Cara Mengatasinya
ILUSTRASI. 7 Bahaya Kurang Tidur bagi Kesehatan Tubuh dan Cara Mengatasinya


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kenali bahaya kurang tidur bagi kesehatan tubuh. Aktivitas tidur tentu diperlukan untuk tubuh dan organ melakukan istirahat yang cukup.

Kurang tidur atau berkaitan dengan insomnia atau sleep deprivation merupakan kondisi ketika seseorang tidak mendapatkan jumlah atau kualitas tidur malam yang cukup.

Hal ini dapat terjadi karena berbagai alasan, seperti kesulitan tidur, gangguan tidur, jadwal yang sibuk, stres, atau gangguan kesehatan.

Tidur menjadi salah satu kunci untuk tubuh melakukan rehat dari aktivitas, bahkan tidur menjadi momentum tubuh menyerap kandungan gizi.

Baca Juga: Simak 6 Tanda Tubuh Kekurangan Oksigen atau Hipoksia beserta Penanganannya

Bahaya kurang tidur bagi kesehatan

Waktu tidur ideal bervariasi tergantung pada usia dan kebutuhan individu hingga kondisi tertentu.

Jumlah waktu tidur yang cukup

Simak panduan umum untuk waktu tidur yang direkomendasikan oleh National Sleep Foundation.

  • Bayi (0-3 bulan) berkisar pada durasi 14-17 jam.
  • Bayi (4-11 bulan) berkisar pada durasi 12-15 jam.
  • Balita (1-2 tahun) berkisar pada durasi 11-14 jam.
  • Anak prasekolah (3-5 tahun) berkisar pada durasi 10-13 jam.
  • Anak sekolah (6-13 tahun) berkisar pada durasi 9-11 jam.
  • Remaja (14-17 tahun) berkisar pada durasi 8-10 jam.
  • Dewasa (18-64 tahun) berkisar pada durasi 7-9 jam.
  • Orang dewasa yang lebih tua (65 tahun ke atas) berkisar pada durasi 7-8 jam.

Kurang tidur memiliki dampak negatif yang signifikan pada kesehatan dan kualitas hidup seseorang. Pahami bahaya kurang tidur bagi kesehatan tubuh  dilansir dari NIH Amerika.

Baca Juga: Balita Sakit Jangan Dikerok, Ini Bahaya Kerokan Pada Bayi & Cara Mengatasi Anak Sakit

Bahaya kurang tidur bagi kesehatan

1. Penurunan Fungsi Kognitif

Kurang tidur secara jangka panjang dapat mengganggu kemampuan kognitif dan berpikir secara jelas. Anda mungkin mengalami kesulitan berkonsentrasi, memori yang buruk, penurunan kinerja belajar, dan kesulitan membuat keputusan.

Tentunya, ini akan menganggu aktivitas bahkan pada kegiatan penting yang memerlukan konsentrasi penuh.

2. Gangguan Mood

Kurang tidur dapat menyebabkan perubahan mood, termasuk iritabilitas, kecemasan, dan suasana hati yang buruk. Hal ini dapat mempengaruhi kesejahteraan mental dan emosional Anda.

3. Risiko penyakit jantung

Kurang tidur yang kronis dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, seperti penyakit jantung koroner, serangan jantung, dan tekanan darah tinggi.

Dampak negatif kurang tidur lainnya adalah mempengaruhi keseimbangan hormon yang berperan dalam regulasi tekanan darah dan peradangan dalam tubuh.

4. Risiko obesitas

Selanjutnya, bahaya kurang tidur bisa menyebabkan ketidakseimbangan hormon yang mengatur nafsu makan, seperti ghrelin dan leptin.

Hal ini dapat meningkatkan nafsu makan dan keinginan untuk makan makanan tinggi kalori, yang pada akhirnya dapat menyebabkan kelebihan berat badan dan obesitas.

Bahkan, apabila kondisi kurang tidur berlangsung lama, ini bisa dikaitkan dengan resistensi insulin dan risiko diabetes tipe 2.

5. Melemahnya kekebalan tubuh

Tidur yang tidak mencukupi dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh Anda, membuat Anda lebih rentan terhadap infeksi, pilek, dan penyakit lainnya.

Kondisi tubuh yang membutuhkan waktu tidur yang cukup untuk memperbaiki dan memperbarui sel-sel yang rusak serta memperkuat sistem kekebalan tubuh.

6. Gangguan hormonal

Sementara itu, kondisi kurang tidur dapat mengganggu keseimbangan hormon dalam tubuh yang tidak baik jika terjadi pada anak-anak.

Tentu, ini dapat mempengaruhi produksi hormon reproduksi, hormon pertumbuhan, hormon stres, dan hormon lainnya.

Sehingga, seseorang yang kurang tidur bisa mengalami keseimbangan nutrisi dan hormon yang dibutuhkan untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

7. Risiko kecelakaan

Terakhir, bahaya kurang tidur yang bisa dirasakan langsung adalah kondisi kurang fokus. Hal ini tentu bisa menyebabkan kantuk dan penurunan kewaspadaan, yang dapat meningkatkan risiko kecelakaan di jalan raya, di tempat kerja, dan dalam aktivitas sehari-hari lainnya.

Pastikan saat Anda akan berpergian jauh wajib mendapatkan waktu istirahat yang cukup termasuk tidur malam. Apabila Anda mengalami insomnia atau kesulitan tidur bisa konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan bantuan medis.

Ada beberapa tips untuk mengatasi kurang tidur Anda yang tentu mengganggu aktivitas. Pastikan tubuh mendapatkan istirahat yang cukup dan meminimalkan dampak negatifnya.

Cara mengatasi kurang tidur

Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi kurang tidur:

  • Tidur Cukup: Usahakan untuk tidur setidaknya 7-9 jam setiap malam. Atur jadwal tidur yang konsisten dan ciptakan lingkungan tidur yang nyaman.
  • Tidur Siang (Jika Diperlukan): Jika Anda merasa sangat mengantuk dan tidak dapat tidur cukup di malam hari, tidur siang selama 20-30 menit dapat membantu meningkatkan kewaspadaan dan kinerja.
  • Minum Air Putih: Konsumsi cukup air untuk menjaga tubuh terhidrasi. Dehidrasi dapat menyebabkan rasa lelah dan kelelahan.
  • Makan Sehat: Pilih makanan sehat yang kaya akan nutrisi seperti buah, sayur, protein, biji-bijian utuh, dan lemak sehat. Hindari makanan tinggi gula dan berlemak yang dapat menyebabkan energi cepat habis.
  • Konsumsi Kafein Secukupnya: Minum kafein dalam batas yang wajar dapat membantu meningkatkan kewaspadaan dan kinerja. Namun, hindari konsumsi kafein berlebihan, terutama di sore atau malam hari, agar tidur tidak terganggu.
  • Bergerak atau Berolahraga Ringan: Lakukan olahraga ringan atau bergerak seperti berjalan kaki atau peregangan ringan untuk meningkatkan energi dan membantu mengatasi rasa kantuk.

Itulah beberapa informasi terkait bahaya kurang tidur bagi kesehatan yang perlu diketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet Using Psychology-Based Sales Tactic to Increase Omzet

[X]
×