kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45991,60   -2,56   -0.26%
  • EMAS1.135.000 -0,09%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 7 Manfaat Okra Bagi Kesehatan yang Tidak Terduga, Tahu?


Rabu, 29 November 2023 / 12:36 WIB
Ini 7 Manfaat Okra Bagi Kesehatan yang Tidak Terduga, Tahu?
ILUSTRASI. Okra


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Ada sejumlah manfaat okra bagi kesehatan tubuh yang tidak terduga dan kerap luput dari perhatian. Tidak hanya itu, cara mengolah okra juga perlu diketahui untuk bisa memaksimalkan manfaat okra bagi kesehatan.

Okra, atau yang dikenal juga dengan nama ladyfinger atau bhindi, adalah sayuran yang berasal dari daerah tropis dan subtropis. 

Selain memiliki rasa yang lezat, okra juga terkenal dengan manfaat kesehatan yang luar biasa.

Baca Juga: 7 Manfaat Mengkudu untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui, Catat Ya!

Merangkum NDTV, berikut manfaat okra bagi kesehatan tubuh:

1. Kaya Nutrisi

Okra mengandung berbagai nutrisi penting seperti vitamin C, vitamin K, vitamin A, vitamin B6, folat, magnesium, potassium, dan serat. Nutrisi ini membantu menjaga keseimbangan dalam tubuh dan mendukung berbagai fungsi fisiologis.

Baca Juga: Ini 9 Manfaat Buah Sawo Bagi Kesehatan, Sudah Tahu?

2. Menurunkan Kadar Kolesterol

Serat larut dalam okra dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Serat ini bekerja dengan menyerap kolesterol dan membawanya keluar dari tubuh, sehingga dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

3. Mendukung Fungsi Pencernaan

Serat dalam okra juga bermanfaat untuk kesehatan pencernaan. Serat membantu mempercepat proses pencernaan dan mencegah sembelit. Selain itu, okra juga dapat merangsang produksi lendir dalam saluran pencernaan yang melindungi dinding lambung.

Baca Juga: Cek 10 Manfaat Buah Nangka untuk Kesehatan Tubuh yang Menakjubkan

4. Pengendalian Gula Darah

Okra dapat menjadi tambahan yang baik untuk penderita diabetes. Kandungan seratnya membantu mengontrol penyerapan gula dan menjaga kadar gula darah tetap stabil. Ini dapat membantu mencegah lonjakan gula darah yang berbahaya.

5. Antiinflamasi

Okra mengandung senyawa antiinflamasi, seperti flavonoid dan polifenol, yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Ini bermanfaat untuk penderita arthritis dan kondisi inflamasi lainnya.

Baca Juga: 7 Manfaat Pepaya Untuk Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa, Sudah Tahu?

6. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A dan antioksidan dalam okra mendukung kesehatan mata. Vitamin A penting untuk menjaga kesehatan retina dan mencegah masalah mata, seperti degenerasi makula.

Baca Juga: Jadwal BRI Liga 1 2023-2024, RANS Nusantara FC vs Persebaya Surabaya Pembuka Pekan 21

7. Menurunkan Berat Badan

Okra rendah kalori dan tinggi serat, sehingga dapat membantu dalam program penurunan berat badan. Serat membuat perasaan kenyang lebih lama, mengurangi keinginan untuk makan berlebihan.

Meskipun okra memiliki banyak manfaat kesehatan, selalu disarankan untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan sebelum membuat perubahan signifikan dalam pola makan, terutama bagi individu yang memiliki kondisi kesehatan tertentu. Dengan menggabungkan okra ke dalam pola makan seimbang, kita dapat merasakan manfaat kesehatan yang luar biasa dari sayuran ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM) Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×