kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.405.000   -9.000   -0,64%
  • USD/IDR 15.370
  • IDX 7.722   40,80   0,53%
  • KOMPAS100 1.176   5,28   0,45%
  • LQ45 950   6,41   0,68%
  • ISSI 225   0,01   0,00%
  • IDX30 481   2,75   0,57%
  • IDXHIDIV20 584   2,72   0,47%
  • IDX80 133   0,62   0,47%
  • IDXV30 138   -1,18   -0,84%
  • IDXQ30 161   0,48   0,30%

Ini 7 Cara Mengatasi Tenggorokan Serak yang Mengganggu dengan Bahan Alami


Jumat, 27 Oktober 2023 / 08:42 WIB
Ini 7 Cara Mengatasi Tenggorokan Serak yang Mengganggu dengan Bahan Alami
ILUSTRASI. Ini 7 Cara Mengatasi Tenggorokan Serak yang Mengganggu dengan Bahan Alami


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Simak cara mengatasi tenggorokan serak atau gatal. Kondisi rasa tidak nyaman pada bagian tenggorokan dapat ditandai dengan suara serak.

Suara serak adalah kondisi di mana suara seseorang terdengar kasar, parau, atau tidak jernih. Hal ini disebabkan oleh gangguan pada pita suara atau laring, yang merupakan organ di tenggorokan yang menghasilkan suara.

Tenggorokan serak bisa bersifat sementara atau kronis, tergantung pada penyebabnya.

Anda tentu, perlu mengenal dan mengidentifikasi penyebab tenggorokan serak yang mengganggu.

Baca Juga: 6 Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan Tanpa Obat dari Rumah

Penyebab suara serak

Tenggorokan serak

Beberapa penyebab umum tenggorokan serak meliputi:

  • Iritasi Pita Suara: Iritasi akibat terlalu banyak berbicara atau berteriak, merokok, atau terpapar asap atau polusi udara.
  • Infeksi Saluran Pernapasan: Infeksi seperti pilek, bronkitis, atau sinusitis dapat menyebabkan suara serak karena peradangan pada saluran pernapasan atas.
  • Refluks Asam Lambung: Ketika asam lambung naik ke kerongkongan, ini dapat mengiritasi pita suara dan menyebabkan suara serak.
  • Polip atau Benjolan di Pita Suara: Polip atau benjolan di pita suara dapat mengganggu getaran pita suara dan mengakibatkan suara serak.
  • Overuse atau Penyalahgunaan Suara: Terlalu banyak berbicara atau berteriak tanpa istirahat dapat menyebabkan kelelahan pita suara dan suara serak.
  • Kehamilan: Perubahan hormon selama kehamilan bisa memengaruhi pita suara dan menyebabkan suara serak pada beberapa wanita hamil.
  • Cedera atau Trauma pada Leher: Cedera pada daerah leher atau pita suara bisa menyebabkan suara serak.

Agar gejala tidak semakin parah Anda disarakan untuk tidak memberikan beban pada pita suara untuk kegiatan tertentu.

Selagi suara Anda dalam masa penyembuhan, cobalah menghindari hal-hal berikut:

  • Bernyanyi dan berteriak: Jangan menambah tekanan yang tidak perlu pada pita suara Anda. Ini hanya akan menyebabkan lebih banyak peradangan dan waktu penyembuhan lebih lama.
  • Berbisik: Kedengarannya aneh, namun berbisik sebenarnya memberi tekanan lebih pada pita suara Anda dibandingkan berbicara secara normal.
  • Alkohol: Tetap terhidrasi akan membantu Anda sembuh. Hindari alkohol, yang memiliki efek dehidrasi.
  • Merokok: Semua jenis rokok, termasuk rokok elektrik, dapat mengiritasi tenggorokan, menyebabkan batuk, dan memperpanjang waktu penyembuhan.

Ada bahan alami yang dibuktikan dengan penelitian terkait penyembuhan tenggorokan maupun pita suara yang terganggu.

Baca Juga: Ini 8 Dampak Negatif Minum Air Dingin bagi Kesehatan, Waspada Kegemukan

Bahan alami untuk mengatasi tenggorokan

Intip beberapa bahan alami untuk mengatasi tenggorokan serak dan gatal dilansir dari laman Healthline.

1. Kumur air garam

Anda bisa meredakan sakit tenggorokan dan iritasi dengan air garam hangat. Campur garam dengan air hangat, minum sedikit ke dalam mulut dan kumur-kumur di sekitar bagian belakang tenggorokan, lalu keluarkan.

Ulangi sesering yang diperlukan.

2. Cuka sari apel

Penelitian menunjukkan bahwa cuka sari apel mungkin memiliki sifat antimikroba. Dokter Yunani kuno Hippocrates merekomendasikan minuman yang disebut oxymel untuk membantu meredakan sakit tenggorokan.

Itu dibuat dengan mencampurkan cuka yang difermentasi, madu, air, dan tumbuhan serta buah-buahan lainnya. Namun diperlukan lebih banyak bukti untuk memastikan apakah cuka sari apel efektif sebagai obat sakit tenggorokan dan radang tenggorokan.

3. Teh madu

Rasa tidak nyaman pada tenggorokan dapat teriritasi dengan secangkir teh hangat. Selain itu, teh dapat melakukan lebih dari sekadar menenangkan.

Studi menunjukkan senyawa yang ditemukan dalam teh seperti teh hijau diyakini memiliki sifat antiinflamasi, antibakteri, antivirus, dan antijamur.

Anda bisa menambahkan pada teh Anda dengan madu. Penelitian menunjukkan bahwa madu mengurangi produksi lendir dan mengobati batuk sama efektifnya dengan obat yang dijual bebas.

4. Teh elm licin dengan lemon

Teh elm licin atau biasa disebut Slippery Elm dibuat dari tanah dan kulit pohon elm licin yang dikeringkan. Sudah lama digunakan dalam pengobatan herbal India Timur dan Asli untuk mengobati peradangan pada saluran pernapasan bagian atas.

Ini mungkin berguna untuk meredakan sakit tenggorokan, tetapi diperlukan lebih banyak bukti. Anda bisa menambahkan lemon ke teh untuk meningkatkan kekebalan ekstra.

Penelitian menunjukkan bahwa vitamin C adalah antioksidan kuat termasuk untuk mengatasi bakteri pada tubuh.

5. Akar jahe

Akar jahe memiliki banyak manfaat kesehatan. Studi menunjukkan bahwa ia memiliki sifat antimikroba, yang mungkin bermanfaat untuk infeksi.

Namun jika dikonsumsi dalam jumlah banyak, jahe juga dapat menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan seperti iritasi pada tenggorokan dan mulut.

6. Bawang Putih

Banyak budaya berbeda telah menggunakan bawang putih untuk pengobatan dan pencegahan penyakit. Penelitian menunjukkan bahwa suplemen bawang putih dapat mengurangi keparahan gejala dan durasi penyakit serta jumlah pilek dan flu yang dialami.

Selain itu, menghirup udara kering dapat mengiritasi tenggorokan dan menyebabkan peradangan pita suara. Anda bisa memanfaatkan humidifier atau alat penguap akan menambah kelembapan penyembuhan pada udara dan membantu mengencerkan dahak.

Jika Anda tidak memiliki pelembab udara, Anda bisa menaruh mangkuk berisi air untuk menambah kelembapan udara di sudut ruangan.

Itulah sederet cara mengatasi tenggorokan serak yang mengganggu pita suara hingga aktivitas lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×