kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Inilah 7 Cara Mengatasi Kulit Kering dengan Bahan Alami, Salah Satunya Yogurt


Rabu, 07 Juni 2023 / 10:31 WIB
Inilah 7 Cara Mengatasi Kulit Kering dengan Bahan Alami, Salah Satunya Yogurt
ILUSTRASI. 7 Cara Mengatasi Kulit Kering dengan Bahan Alami, Salah Satunya Yogurt


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ketahui cara mengatasi kulit kering dengan bahan alami di rumah. Masalah kulit tentu bisa beragam sesuai dengan aktivitas, kondisi genetik, hingga pola makan sehar-hari.

Kondisi kulit kering dapat terjai ketika kulit kehilangan kelembapan alami dan kehilangan kemampuannya untuk menjaga kelembapan. Hal ini dapat menyebabkan kulit terasa kasar, kencang, terkelupas, gatal, dan bahkan terlihat kusam.

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan kulit menjadi kering termasuk cuaca dingin hingga paparan sinar matahari yang berlebihan.

Selain itu, penggunaan produk perawatan kulit yang keras bisa sebabkan kondisi kulit tertentu seperti dermatitis atau psoriasis.

Baca Juga: 5 Manfaat Minum Air Putih, Salah Satunya Bisa Turunkan Berat Badan Berlebih

Cara mengatasi kulit kering

Nah, ada beberapa faktor lain yang menjadi penyebab masalah kulit kering pada tubuh.

Penyebab masalah kulit kering

Kulit kering dapat disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk:

  • Kurangnya Kelembapan: Lingkungan yang kering, terutama saat musim dingin atau di daerah dengan udara kering, dapat menyebabkan kulit kehilangan kelembapan alaminya.
  • Paparan Sinar Matahari: Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat mengeringkan kulit dan merusak lapisan pelindung alaminya. Terlalu sering atau terlalu lama berada di bawah sinar matahari tanpa perlindungan yang cukup dapat menyebabkan kulit menjadi kering.
  • Produk Perawatan Kulit yang Tidak Cocok: Penggunaan produk perawatan kulit yang mengandung bahan kimia keras atau iritan, seperti parfum, alkohol, atau pewarna buatan, dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan kekeringan.
  • Mandi yang Terlalu Lama atau Air yang Terlalu Panas: Mandi dengan air yang panas dan berendam terlalu lama dapat menghilangkan minyak alami kulit dan menyebabkan kulit menjadi kering.
  • Faktor Usia: Kulit cenderung menjadi lebih kering seiring bertambahnya usia karena penurunan produksi minyak alami oleh kelenjar sebaceous.
  • Kondisi Medis: Beberapa kondisi medis seperti dermatitis atopik, psoriasis, atau dermatitis kontak dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan teriritasi.
  • Faktor Genetik: Beberapa orang mungkin memiliki kecenderungan genetik untuk memiliki kulit kering.

Untuk itu, ketahui rekomendasi bahan alami untuk mengatasi kulit kering yang bisa diterapkan di rumah.

Simak beberapa cara mengatasi kulit kering dengan bahan alami dilansir dari Everyday Health.

Baca Juga: 4 Cara Mengontrol Kulit Berminyak dengan Benar, Wajib Coba!

Bahan Alami untuk Kulit Kering

Berikut adalah beberapa bahan alami yang dapat membantu mengatasi kulit kering:

1. Minyak Almond

Cara mengatasi kulit kering dengan bahan alami

Anda bisa memanfaatkan kandungan minyak almond yang kaya vitamin E, asam lemak, dan antioksidan yang dapat membantu menjaga kelembapan kulit dan mengurangi iritasi.

Cara mengatasinya adalah dengan rajib mengoleskan minyak almond pada kulit setelah mandi atau campurkan dengan lotion tubuh.

2. Madu

Cara mengatasi kulit kering dengan bahan alami, salah satunya madu

Nah, Madu memiliki sifat pelembap alami dan antiinflamasi. Gunakan madu sebagai masker wajah atau tambahkan dalam scrub alami untuk membantu menghidrasi kulit dan meningkatkan kelembutannya.

3. Minyak Kelapa

 Cara mengatasi kulit kering dengan bahan alami, salah satunya Minyak Kelapa (Coconut)

Minyak kelapa memiliki kandungan asam lemak yang dapat membantu menjaga kelembapan kulit. Oleskan minyak kelapa pada kulit setelah mandi atau gunakan sebagai bahan dalam masker atau scrub alami.

4. Teh Celup

Teh herbal seperti chamomile dan melati serta teh hijau dan hitam berkafein bisa menjadi bahan alami untuk atasi kulit kering.

Penelitian dari Institut Kesehatan Cincinnati, kantong teh hitam dan hijau dapat memberikan efek pendinginan dan anti-inflamasi pada kulit, sedangkan kantong teh hitam dapat membantu menyeimbangkan tingkat pH alami kulit.

Kafein dalam teh ini dapat membantu mengatasi lingkaran di bawah mata dengan cara mengecilkan pembuluh darah di area kulit yang sensitif ini dengan aman.

Caranya adalah dengan mengoleskan kantong teh basah dingin di bawah setiap mata selama 5 hingga 10 menit.

5. Lidah Buaya

Cara mengatasi kulit kering dengan bahan alami, salah satunya lidah buaya

Gel lidah buaya memiliki sifat menenangkan dan melembapkan kulit. Ambil gel segar dari daun lidah buaya dan oleskan pada kulit yang kering. Biarkan selama beberapa menit sebelum dibilas dengan air.

6. Minyak Zaitun

Minyak zaitun

Minyak zaitun kaya akan vitamin E dan antioksidan yang dapat membantu mengunci kelembapan dalam kulit.

Caranya adalah dengan mengoleskan sedikit minyak zaitun pada kulit yang kering sebelum tidur atau gunakan sebagai bahan dalam masker alami.

7. Susu atau Yogurt

Cara mengatasi kulit kering dengan bahan alami, salah satunya, Yogurt

Susu atau yogurt mengandung asam laktat yang membantu mengelupaskan sel kulit mati dan memberikan kelembapan pada kulit. Gunakan susu atau yogurt sebagai bahan dalam masker atau campurkan dengan bahan lain untuk membuat scrub alami.

Selain menggunakan bahan alami ini, penting juga untuk menjaga kelembapan kulit dengan menjaga kebiasaan hidrasi yang baik, menggunakan pelembap yang cocok untuk kulit kering, menghindari penggunaan produk yang mengandung alkohol atau bahan keras, serta membatasi mandi dengan air panas yang dapat mengeringkan kulit.

Apabila kondisi kulit kering tidak membaik atau disertai dengan gejala yang parah, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli kulit untuk diagnosis dan perawatan yang tepat.

Demikian informasi terkait cara mengatasi kulit kering dengan bahan alami dari rumah yang mudah diterapkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×