kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 8 Dampak Negatif Minum Air Dingin bagi Kesehatan, Waspada Kegemukan


Senin, 02 Oktober 2023 / 12:29 WIB
Ini 8 Dampak Negatif Minum Air Dingin bagi Kesehatan, Waspada Kegemukan
ILUSTRASI. Ini 8 Dampak Negatif Minum Air Dingin bagi Kesehatan, Waspada Kegemukan


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Simak sederet dampak negatif minum air dingin untuk kesehatan. Intip hal yang berdampak pada kesehatan dari konsumsi minuman dengan suhu yang berbeda dari tubuh.

Air dingin merupakan air yang suhunya lebih rendah dari suhu ruangan atau suhu tubuh manusia. Umumnya, air dingin memiliki suhu di bawah suhu ruangan, terutama jika disimpan di dalam lemari es atau di tempat yang dingin.

Proses mendapatkan air dingin melibatkan pendinginan air melalui berbagai metode, seperti penyimpanan dalam kulkas atau pendinginan dengan es.

Air dingin memiliki banyak kegunaan, baik untuk minuman sehari-hari maupun untuk penggunaan lain seperti untuk mendinginkan makanan dan minuman lainnya.

Baca Juga: Air Putih Hangat Setiap Hari Baik Buat Kesehatan Tubuh, Ini Beragam Manfaatnya

Air dingin

Sebagian besar pendapat, minum air dingin sering dianggap menyegarkan, terutama saat cuaca panas. Ini karena air dingin dapat memberikan efek pendinginan dan menyegarkan tenggorokan, juga membantu menghilangkan sensasi dahaga.

Menurut para ahli, meminum air dingin segera setelah makan akan memadatkan lemak dari makanan yang baru saja dikonsumsi, sehingga menyulitkan tubuh Anda untuk memecah lemak yang tidak diinginkan.

Sebaiknya hindari minum air setidaknya 30 menit setelah makan. Minum air dingin dengan berlebihan atau terlalu sering mungkin memiliki beberapa dampak atau konsekuensi yang perlu diperhatikan.

Berikut adalah beberapa dampak negatif yang dapat terjadi akibat keseringan minum air dingin dilansir dari Health Shots.

Baca Juga: Gejala Penyakit Batu Ginjal, Penyebab, dan Cara Mengatasi Batu Ginjal

Dampak negatif minum air dingin

1. Gangguan Pencernaan

Minum air dingin terlalu banyak atau saat makan dapat mempengaruhi proses pencernaan dengan mengganggu kerja enzim dan proses pencernaan makanan. Hal ini dapat menyebabkan kram perut, gas, atau sulit mencerna makanan.

2. Sensasi Dingin di Lambung

Air dingin dapat menyebabkan sensasi dingin atau kelembaban berlebih di lambung, yang bisa mengganggu kenyamanan dan pencernaan.

3. Penyempitan Pembuluh Darah

Minum air dingin terlalu cepat atau dalam jumlah besar dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah di sistem pencernaan. Hal ini bisa menghambat aliran darah dan proses pencernaan.

4. Ketidakseimbangan Suhu Tubuh

Minum air dingin secara berlebihan dapat menyebabkan ketidakseimbangan suhu tubuh, terutama jika cuaca ekstrem atau suhu lingkungan sangat rendah. Hal ini dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh dan kenyamanan fisik.

5. Sakit Tenggorokan dan Pilek

Minum air dingin terlalu sering atau dalam jumlah besar dapat mempengaruhi tenggorokan, menyebabkan rasa tidak nyaman, dan bahkan memicu pilek atau radang tenggorokan.

6. Mengganggu Penciuman dan Pengecapan

Minum air dingin terlalu cepat atau dalam jumlah besar dapat mengganggu penciuman dan pengecapan sementara karena efek dingin yang tiba-tiba.

7. Memicu Batuk atau Radang Paru-paru

Beberapa orang rentan terhadap batuk atau radang paru-paru setelah minum air dingin, terutama jika mereka memiliki riwayat sensitivitas terhadap suhu dingin.

8. Penyebab kegemukan

Saat Anda konsumsi air dingin setelah makan, ini menyebab lemak terkunci oleh suhu dan sulit dicerna oleh tubuh. Apabila hal ini diulangi setiap harinya, tentu akan menyebabkan kegemukan di kemudian hari.

Penting untuk mengonsumsi air dingin dengan bijak, terutama saat makan atau sekitar waktu makan, untuk menghindari dampak negatif pada sistem pencernaan.

Selalu dianjurkan untuk minum air dingin dalam jumlah seimbang dan memperhatikan reaksi tubuh Anda terhadap suhu minuman.

Itulah sederet dampak negatif minum air dingin untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui sejak dini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×