kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45941,76   6,42   0.69%
  • EMAS1.321.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

7 Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Bahan Alami, Cek Jenis Bekas Luka Kulit


Senin, 04 September 2023 / 09:56 WIB
7 Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Bahan Alami, Cek Jenis Bekas Luka Kulit
ILUSTRASI. 7 Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Bahan Alami, Cek Jenis Bekas Luka Kulit


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sederet cara menghilangkan bekas luka dengan bahan alami. Bekas luka pada kulit di masa lampau bisa saja masih ada dan cukup mengganggu penampilan.

Bekas luka merujuk pada tanda atau jejak yang terbentuk pada kulit atau jaringan tubuh lainnya setelah luka sembuh.

Nah, bekas luka bisa terjadi akibat berbagai sebab, seperti luka akibat operasi, luka bakar, luka akibat cedera, jerawat, atau infeksi kulit.

Beberapa jenis bekas luka yang umum meliputi keloid (bekas luka yang menonjol dan abnormal), bekas luka hipertrofik (bekas luka yang meningkat dan terlihat merah).

Selain itu, ada juga bekas luka atrfik (bekas luka yang menimbulkan depresi atau cekungan pada kulit).

Baca Juga: Waspada Jika Alami 6 Gejala GERD Ini, Jangan Ragu Konsultasi ke Dokter

Cara menghilangkan bekas luka dengan bahan alami konsumsi vitamin E

Jenis bekas luka

Ada beberapa jenis bekas luka yang wajib Anda ketahui:

  • Bekas luka pada kulit adalah area kulit yang mengalami perubahan atau kerusakan permanen sebagai akibat dari cedera, operasi, atau penyakit kulit tertentu. Bekas luka dapat memiliki berbagai bentuk dan ukuran, tergantung pada penyebabnya dan seberapa baik proses penyembuhan alami kulit berlangsung. Berikut beberapa jenis bekas luka umum:
  • Bekas Luka Hypertrophic: Ini adalah bekas luka yang muncul sebagai benjolan berwarna merah muda atau merah dan umumnya tetap dalam batas area cedera. Jenis luka ini cenderung lebih tinggi dari permukaan kulit dan dapat terasa gatal atau nyeri.
  • Bekas Luka Keloid: Bekas luka keloid adalah jenis bekas luka yang lebih besar dan lebih tebal dari bekas luka hypertrophic. Ini cenderung melewati batas area cedera dan bisa terasa gatal atau nyeri. Keloid seringkali terjadi pada individu dengan predisposisi genetik.
  • Bekas Luka Atrofi: Ini adalah bekas luka yang membuat area kulit terlihat tenggelam atau cekung. Bekas luka atrofi seringkali disebabkan oleh kehilangan jaringan kulit selama proses penyembuhan.
  • Bekas Luka Bercak Merah atau Coklat: Bekas luka ini muncul sebagai perubahan warna pada kulit. Kemudian, ini bisa berwarna merah atau coklat dan seringkali terjadi setelah bekas luka sembuh sepenuhnya. Ini adalah bekas luka yang umum setelah jerawat.
  • Bekas Luka Linea atau Linear: Ini adalah bekas luka yang berbentuk garis atau garis-garis pada kulit. Nah, seringkali terjadi setelah operasi atau jahitan.
  • Bekas Luka Pigmentasi: Bekas luka ini mengakibatkan perubahan pigmen kulit di sekitar area cedera. Ini dapat berupa hiperpigmentasi (kulit menjadi lebih gelap) atau hipopigmentasi (kulit menjadi lebih terang).

Meskipun bekas luka tidak berbahaya bagi kesehatan, namun bisa mempengaruhi penampilan seseorang dan menimbulkan ketidaknyamanan atau rasa tidak percaya diri. 

Apalagi jika muncul di bagian kulit yang mudah terlihat. Cara menghilangkan bekas luka pun perlu segera Anda coba.

Melansir dari laman SPRSI, ada beberapa cara yang bisa Anda jadikan pilihan supaya kemunculan bekas luka berkurang.

Pastikan Anda bisa melindungi kulit bekas luka paparan sinar matahari agar tidak menghitam dengan tabir surya.

Baca Juga: Punya Sebutan Miracle Leaf, Ini 9 Manfaat Cocor Bebek untuk Kesehatan Tubuh

Sehingga, Anda wajib tahu cara menghilangkan bekas luka dengan memanfaatkan bahan alami berikut dirangkum dari SPRSI.

Cara menghilangkan bekas luka

1. Bawang Merah

Bawang merah juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bekas luka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mengaplikasikan gel bawang merah tiga kali dalam sehari dapat mempercepat proses menghilangnya bekas luka.

Selain itu, kandungan dalam bawang merah juga bisa membuat kulit menjadi lebih halus dan lembut.

Cara yang perlu Anda lakukan sangat mudah. Parut bawang merah lalu oleskan pada bekas luka. Usahakan untuk melakukannya secara rutin supaya hasilnya lebih maksimal.

2. Lidah Buaya

Nah, menghilangkan bekas luka dengan bahan alami yang direkomendasikan oleh SPRSI adalah memakai lidah buaya.

Anda hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya pada bekas luka selama 30 menit kemudian bilas dengan air hangat. Ulangi langkah tersebut sebanyak dua kali dalam sehari.

3. Sari Madu

Selanjutnya, ada cara menghilangkan bekas luka dengan bahan alami juga bisa Anda lakukan dengan madu. Antibakteri dan kandungan lain yang terdapat dalam madu mampu mempercepat proses menghilangnya bekas luka.

Supaya efeknya lebih maksimal, Anda perlu mencampur 2 sdm madu dengan ¼ gelas oatmeal terlebih dahulu.

Aduk rata kemudian aplikasikan kombinasi bahan alami tersebut pada bekas luka. Setelah 15 menit, bersihkan dengan air hangat.

4. Makanan dengan Vitamin E

Kemudian, Anda juga bisa memanfaatkan kapsul Vitamin E dengan mudah. Tuangkan kapsul vitamin E di atas bekas luka dan pijat selama beberapa menit.

Lalu, cuci minyak dan ulangi proses ini beberapa kali sehari. Nantinya, bekas luka akan memudar dengan sendirinya.

5. Essential Oil

Salah satu cara menghilangkan bekas luka adalah dengan menggunakan essential oil. Kini banyak varian minyak yang bisa Anda gunakan sebagai penghilang bekas luka.

Namun, pastikan untuk mengencerkan essential oil dengan carrier oil setiap sebelum menggunakan jenis minyak itu.

Apabila muncul reaksi alergi yang tidak Anda inginkan, usahakan untuk segera menghentikan pemakaian.

6. Cuka sari apel

Cara menghilangkan bekas luka dengan bahan alami yakni menggabungkan beberapa sendok makan air suling dengan satu sendok makan cuka sari apel.

Celupkan bola kapas ke dalam larutan dan letakkan di atas bekas luka Anda.

Tutupi bola kapas dengan Band-Aid atau selotip medis agar tidak bergerak. Cuci larutan setelah beberapa menit, dan pastikan untuk melembabkan untuk mengisi kembali kulit.

7. Jus Lemon

Tempatkan jus lemon atau jeruk nipis pada bekas luka dengan kain. Biarkan ini duduk selama beberapa menit pada kulit sebelum mencucinya.

Kualitas asam dari jus membantu mengangkat sel kulit mati di sepanjang bekas luka dan dapat mengurangi kemerahan atau munculnya bekas luka.

Itulah sederet cara menghilangkan bekas luka dengan bahan alami yang praktis dari rumah karena mudah didapatkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×