kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.333.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 5 Dampak Negatif Minum Jus Buah Setiap Hari hingga Berlebihan


Senin, 30 Oktober 2023 / 16:36 WIB
Ini 5 Dampak Negatif Minum Jus Buah Setiap Hari hingga Berlebihan
ILUSTRASI. Ini 5 Dampak Negatif Minum Jus Buah Setiap Hari hingga Berlebihan


Penulis: Bimo Kresnomurti

Dampak Negatif Minum Jus Buah - JAKARTA. Kenali bahaya minum jus buah setiap hari bagi kesehatan. Buah pada dasarnya memiliki kandungan nutrisi penting dan berdampak positif bagi kesehatan.

Sayangnya, konsumsi jus buah setiap hari memiliki efek yang berbeda dari konsumsi buah secara utuh.

Jus buah adalah minuman yang dibuat dengan mengekstrak sari atau cairan dari buah-buahan segar. Proses pembuatan jus buah melibatkan pemerasan atau penghancuran buah-buahan untuk memisahkan sari atau jus dari daging buah, kulit, dan serat-seratnya.

Minuman jus buah biasanya tidak mengandung serat yang sama banyaknya dengan buah utuh, karena serat-serat tersebut dipisahkan selama proses pengolahan.

Baca Juga: Ini 8 Makanan untuk Melawan Rasa Kantuk Berlebihan yang Mengganggu

Dampak negatif konsumsi jus buah

Jus buah

Jus buah bisa dengan mudah dikonsumsi dalam bentuk murni atau dicampur dengan air atau bahan cair lainnya untuk mengatur konsentrasi dan rasa.

Jus buah mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan, termasuk vitamin, mineral, dan antioksidan yang terkandung dalam buah-buahan.

Namun, perlu diingat bahwa meskipun jus buah mengandung nutrisi penting, itu juga mengandung gula alami dari buah tersebut, dan dalam beberapa kasus, jus buah komersial dapat mengandung gula tambahan.

Apabila Anda konsumsi setiap hari, Anda tentu mendapatkan efek tertentu pada kesehatan tubuh Anda.

Baca Juga: Ini 6 Makanan untuk Kesehatan Prostat yang Wajib Dikonsumsi

Cek dampak negatif konsumsi jus buah berlebihan setiap hari bagi kesehatan dirangkum dari laman Eating Well.

1. Rendah serat

Buah-buahan termasuk dalam daftar makanan berserat tinggi yang paling sehat.  Faktanya, serat adalah salah satu nilai jual terbesar buah-buahan adalah membantu pencernaan.

Selain itu, buah membuat kenyang sehingga Anda makan lebih sedikit kalori secara keseluruhan.

Namun, jika Anda minum jus buah, Anda tidak mendapatkan asupan serat yang setara dengan potongan buah. Sehingga, meskipun sudah konsumsi jus, tentu perut perlu konsumsi sumber serat lainnya.

2. Takaran yang berbeda

Konsumsi buah dalam bentuk utuh tentu mudah dihitung dari sisi kandungan nutrisinya. Tentu, ini juga berkaitan dengan jumlah asupan harian yang diterima oleh tubuh.

Saat banyak buah yang digunakan dalam menghasilkan satu porsi jus saja, Anda bisa sama saja konsumsi tiga atau empat porsi jus.

3. Kalori kosong

Penelitian menunjukkan bahwa tubuh tidak memproses kalori yang dikonsumsi dalam minuman seperti jus. Oleh karena itu, kita mengonsumsi kalori tersebut dan kemudian mengonsumsi makanan di atasnya.

Sebagai contoh, saat Anda konsumsi jus buah yang mengandung 150 kalori mungkin bukan masalah besar, namun karena tidak akan membuat benar-benar kenyang.

Sehingga, Anda hanya akan melanjutkannya dengan lebih banyak konsumsi makanan.

4. Menambah berat badan

Konsumsi berlebihan dari jus buah sebelumnya hal ini karena sumber gula dan kalori yang terkonsentrasi. Sebagai contoh, meminum satu cangkir jus apel seperti mengonsumsi gula dan kalori dari tiga buah apel utuh.

Sangat mudah untuk tidak menyadari berapa banyak yang sebenarnya dikonsumsi.

5. Peningkatan gula darah

Konsumsi jus buah setiap hari dapat meningkatkan kadar gula darah, sehingga meningkatkan total kalori yang dikonsumsi dalam sehari.

Selain itu, ini juga berkontribusi terhadap penambahan berat badan dan meningkatkan risiko gigi berlubang, Gula yang tinggi juga membuat tubuh mudah terkena iritasi termasuk gangguan kesehatan pencernaan.

Efek kesehatan dari minum jus setiap hari akan bervariasi tergantung pada bahan dan jenis jus.

Tentu, jadilah konsumen yang sadar dan periksa label dan daftar bahan sebelum membeli untuk menghindari tambahan gula dan kalori berlebih.

Anda bisa meracik jus buah beserta tambahan dari sayur seperti wortel maupun seledri yang menyehatkan.

Demikian informasi terkait bahaya konsumsi jus buah berlebihan bagi kesehatan tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×