kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45937,00   8,64   0.93%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 10 Manfaat Kurma yang Direndam Air untuk Kesehatan Kulit hingga Jantung


Kamis, 14 Maret 2024 / 12:28 WIB
Ini 10 Manfaat Kurma yang Direndam Air untuk Kesehatan Kulit hingga Jantung
ILUSTRASI. Kurma untuk kesehatan


Penulis: Bimo Kresnomurti

Manfaat Kurma  - JAKARTA. Catat manfaat kurma yang direndam air untuk kesehatan tubuh. Kurma yang direndam air sering kali menjadi pilihan yang populer di bulan Ramadan sebagai bagian dari sahur atau berbuka puasa.

Proses merendam kurma dalam air tidak hanya memberikan rasa yang lebih lembut dan manis, tetapi juga menghasilkan sejumlah manfaat kesehatan yang menakjubkan.

Saat merendam kurma, nutrisi dalam buah tersebut akan lebih mudah diserap oleh tubuh, menyediakan energi yang bertahan lama selama menjalani ibadah puasa.

Tak hanya itu, rendaman air juga dapat membantu memperbaiki tekstur kurma yang mungkin terlalu kering dan membuatnya lebih segar saat disantap.

Artinya, kurma yang direndam air tidak hanya memenuhi kebutuhan gizi selama Ramadan, tetapi juga menghadirkan sensasi rasa yang lebih nikmat dan menyegarkan.

Baca Juga: Tidak Hanya Sunnah, Ini Manfaat Kurma Untuk Kesehatan Jika Rutin Dikonsumsi

Manfaat kurma yang direndam air

Rendaman kurma

Kurma yang direndam memiliki konsistensi yang lebih lunak dan mudah dipecah, sehingga lebih mudah dikonsumsi. Sebaliknya, kurma yang tidak direndam cenderung lebih keras dan membutuhkan usaha ekstra untuk mengunyahnya.

Selain itu, kurma yang direndam air cenderung lebih mudah dicerna dan diserap oleh tubuh, sehingga memberikan manfaat kesehatan yang lebih besar dalam hal penyediaan energi dan nutrisi.

Untuk itu, Anda perlu mempertimbangkan manfaat kurma yang direndam air sebagai santapan saat buka maupun sahur. Manfaatnya tidak hanya untuk energi namun untuk kesehatan kulit hingga fungsi otak, informasi ini dirangkum dari laman NDTV.

Baca Juga: Cara Mengontrol Gula Darah Penderita Diabetes Saat Puasa Ramadhan

1. Kaya serat

Kurma yang direndam merupakan sumber serat pangan yang sangat baik, yang membantu pencernaan dan mempromosikan kesehatan usus yang lebih baik. Serat yang tinggi juga membantu memberikan rasa kenyang dan kenyang.

2. Meningkatkan energi

Kurma adalah sumber gula alami dan karbohidrat, menjadikannya camilan yang ideal untuk meningkatkan energi. Ini juga membuatnya menjadi makanan pre-workout yang bagus.

3. Meningkatkan kesehatan tulang

Kurma kaya akan mineral seperti kalsium, magnesium, dan fosfor, yang penting untuk menjaga tulang kuat dan sehat.

4. Kaya antioksidan

Kurma yang direndam tinggi antioksidan, yang membantu melindungi tubuh dari radikal bebas dan mengurangi peradangan.

5. Meningkatkan fungsi otak

Kurma mengandung nutrisi seperti vitamin B6 dan magnesium, yang penting untuk kesehatan otak dan dapat meningkatkan fungsi kognitif.

6. Mendukung pencernaan

Kandungan serat yang tinggi dalam kurma yang direndam membantu pencernaan, mencegah sembelit, dan mempromosikan sistem gastrointestinal yang sehat.

7. Mengatur kadar gula darah

Kurma memiliki indeks glikemik rendah, artinya mereka dapat membantu mengatur kadar gula darah dan mencegah lonjakan tiba-tiba.

8. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kurma yang direndam mengandung vitamin A dan C, yang penting untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat dan dapat membantu mencegah berbagai penyakit dan infeksi.

9. Membantu kesehatan kardiovaskular

Kurma kaya akan kalium, yang membantu menjaga jantung sehat dengan menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung.

10. Meningkatkan kesehatan kulit

Antioksidan dan vitamin dalam kurma yang direndam mempromosikan kulit yang sehat dengan mengurangi stres oksidatif, mencegah keriput, dan menyehatkan kulit dari dalam.

Namun, penting untuk diingat bahwa kurma relatif tinggi kalori dan gula alami, sehingga sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah sedang, terutama jika Anda menderita diabetes atau perlu memperhatikan asupan kalori.

Seperti halnya perubahan pola makan atau masalah kesehatan apa pun, selalu disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter.

Itulah informasi terkait manfaat kurma yang direndam air untuk kesehatan sebagai menu buka puasa hingga sahur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×