kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45907,72   -11,79   -1.28%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 8 Manfaat Daun Belimbing untuk Kesehatan Kulit hingga Detoksifikasi


Jumat, 13 Oktober 2023 / 09:14 WIB
Ini 8 Manfaat Daun Belimbing untuk Kesehatan Kulit hingga Detoksifikasi
ILUSTRASI. Manfaat Daun Belimbing untuk Kesehatan Kulit hingga Detoksifikasi. Foto: KOMPAS IMAGE/Dhoni Setiawan


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kenali beberapa khasiat dan manfaat daun belimbing untuk kesehatan. Belimbing tidak hanya dimanfaatkan untuk dikonsumsi bagian buahnya saja.

Daun belimbing kaya akan vitamin C dan senyawa bioaktif seperti fenol dan flavonoid yang merupakan sumber anti oksidan alami yang melimpah.

Antioksidan ini mungkin membantu membersihkan radikal bebas seperti peroksida dan hiperoksida serta dapat menghilangkan racun penyebab peradangan dari tubuh.

Ekstrak daun belimbing dapat membantu mengatasi rasa tidak nyaman pada perut dan pembentukan maag. Daun ini juga mengandung senyawa bioaktif dan lendir yang dapat melapisi mukosa pencernaan, membantu kerusakan yang disebabkan oleh maag.

Baca Juga: Daftar Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan dan Khasiat yang Luar Biasa

Manfaat daun belimbing untuk kesehatan

Daun Belimbing

Ekstrak daun belimbing wuluh berpotensi menghambat pertumbuhan bakteri seperti E. coli yang hidup di pencernaan manusia. Selain itu, ada beberapa manfaat lain yang perlu Anda kenali dari konsumsi ekstrak maupun teh dari daun belimbing.

Simak beberapa manfaat daun belimbing untuk kesehatan hingga detoksifikasi pada tubuh dilansir dari laman PharmEasy.

1. Antioksidan dan Perlindungan Sel

Daun belimbing mengandung antioksidan seperti flavonoid, polifenol, dan tanin yang membantu melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan sel. Antioksidan membantu menjaga kesehatan sel dan jaringan tubuh.

2. Menurunkan Kadar Gula Darah

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun belimbing dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Ini bermanfaat untuk penderita diabetes atau orang yang ingin menjaga kadar gula darah tetap stabil.

3. Menurunkan Tekanan Darah

Kandungan kalium dalam daun belimbing dapat membantu mengatur tekanan darah, sehingga bermanfaat bagi orang dengan hipertensi atau tekanan darah tinggi.

4. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Konsumsi daun belimbing yang mengandung serat, yang membantu memperbaiki pencernaan, mencegah sembelit, dan menjaga kesehatan saluran pencernaan secara keseluruhan.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C dalam daun belimbing membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu melawan infeksi dan penyakit.

6. Detoksifikasi Tubuh

Daun belimbing tentu punya sifat detoksifikasi yang membantu membersihkan racun dari tubuh dan mendukung fungsi organ hati. Konsumsi rutin dari teh daun belimbing bisa membantu tubuh lebih bugar dari sebelumnya.

7. Menjaga Kesehatan Mata

Konsumsi daun belimbing juga bisa berdampak positif pada kesehatan mata. Kandungan Vitamin A dalam daun belimbing penting untuk kesehatan mata dan dapat membantu mencegah masalah penglihatan.

8. Mengatasi Masalah Kulit

Daun belimbing dapat membantu mengatasi masalah kulit seperti jerawat dan eksim, serta membantu menjaga kulit tetap bersih dan sehat.

Sementara itu, konsumsi daun belimbing bisa direbus dan dijadikan teh. Selain itu, ada juga beberapa ekstrak daun belimbing yang bisa dikonsumsi secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya.

Pastikan Anda selalu memperhatikan kebersihan dari daun belimbing yang akan dikonsumsi.

Itulah sederet informasi terkait manfaat daun belimbing untuk kesehatan hingga detoksifikasi tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×