kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

7 Manfaat Daun Belimbing Wuluh untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui


Senin, 05 Juni 2023 / 20:32 WIB
7 Manfaat Daun Belimbing Wuluh untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui
ILUSTRASI. Daun belimbing wuluh


Penulis: Virdita Ratriani

Manfaat Daun Belimbing WuluhBelimbing wuluh biasanya digunakan sebagai campuran untuk memberikan rasa asam dan segar di masakan. Namun, ternyata ada sejumlah manfaat daun belimbing wuluh untuk kesehatan. 

Beberapa manfaat daun belimbing wuluh untuk kesehatan adalah menurunkan kadar darah tinggi, meredakan nyeri sendi akibat rematik, maupun meredakan peradangan. 

Hal ini karena daun belimbing wuluh mengandung sejumlah zat yang berguna untuk mengobati beberapa penyakit. Lantas, apa saja manfaat daun belimbing wuluh untuk kesehatan? 

Baca Juga: Cara Tepat Konsumsi Bunga Belimbing Wuluh untuk Mengobati Batuk

Manfaat daun belimbing wuluh 

Dirangkum dari buku "Bahan Ajar Herbal Medicine (Teh Herbal Daun Belimbing Wuluh untuk Pencegahan Hipertensi)" dan laman Pusat Jurnal Ilmiah Universitas Medan Area, berikut adalah sejumlah manfaat daun belimbing wuluh untuk kesehatan: 

1. Menurunkan tekanan darah tinggi 

Manfaat daun belimbing wuluh salah satunya adalah membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Baca Juga: 2 Resep Menu Buka Puasa Bikin Garang Asem Ayam & Ceker Khas Jawa Tengah

Daun belimbing wuluh mengandung kalium sitrat, saponin, flavonoid, saponin, tanin, kalsium oksalat, dan kalium sitrat yang memiliki kemampuan menurunkan tekanan darah. 

Beberapa penelitian oleh Arimina Hartati Pontoh (2014) menemukan bahwa air rebusan daun belimbing wuluh dapat menurunkan tekanan darah lansia berusia 60 hingga 69 tahun sebesar 20 mmHg selama 7 hari. 

Baca Juga: Selain Nanas, Buah-Buahan Ini Menurunkan Kolesterol Jahat dan Tekanan Darah Tinggi

2. Meredakan nyeri sendi akibat rematik 

Kemudian, manfaat daun belimbing wuluh juga bisa membantu meredakan nyeri sendi akibat rematik. Daun belimbing wuluh memiliki efek farmakologis antiradang.

Hal inilah yang membuat daun belimbing wuluh ampuh meredakan rematik. Cara menggunakan daun belimbing wuluh untuk meredakan nyeri yakni siapkan daun belimbing wuluh segar 100 gram dan air dua liter. 

Cuci daun belimbing wuluh lalu rebus sampai mendidih dan menyisahkan air 3/4 nya. Bila air rebusan daun belimbing wuluh sudah hangat, gunakan untuk merendam bagian sendi yang sakit. 

Baca Juga: 7 Makanan Wajib Khas Lebaran yang Harus Tersedia di Meja Makanmu

3. Mencegah batu ginjal 

Manfaat daun belimbing wuluh juga bisa membantu mencegah batu ginjal. Riset yang dilakukan pada tikus menyebutkan bahwa ekstrak daun belimbing wuluh dapat mengatasi batu ginjal. 

Dikutip dari Majalah Trubus Edisi Mei 2023, daun belimbing wuluh mengandung alkaloid, flavonoid, saponin, tanin, terpenoid, fenolik, dan minyak atsiri. 

Senyawa aktif tersebut saling berpengaruh meluruhkan batu ginjal. Meski demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut manfaat daun belimbing wuluh untuk mengatasi batu ginjal pada manusia. 

Baca Juga: Resep Pastel Kulit Pangsit Isi Ragout, Camilan Krispi dengan Isian yang Creamy

4. Mencegah infeksi 

Khasiat daun belimbing wuluh lainnya adalah ampuh mengatasi berbagai infeksi akibat virus dan jamur.

Manfaat daun belimbing wuluh ini berasal dari kandungan senyawa fenol dalam ekstrak daun belimbing wuluh yang mampu menghambat pertumbuhan virus, bakteri, dan jamur.

Penelitian dalam Jurnal Biota juga menyatakan bahwa ekstrak daun belimbing wuluh efektif melawan Candida albican, yakni jamur penyebab infeksi di rongga mulut, kulit, atau vagina.

Baca Juga: Tinggi Antioksidan, Daun Bawang Efektif Merontokkan Kolesterol Jahat

5. Menghambat pertumbuhan tumor 

Manfaat daun belimbing wuluh juga berpotensi menghambat pertumbuhan tumor. Manfaat daun belimbing ini berasal dari kandungan senyawa tanin di dalamnya.

Tanin merupakan salah satu senyawa yang memiliki sifat antioksidan dan mampu menghambat pertumbuhan tumor.

Baca Juga: 5 Obat Alami yang Bisa Mengobati Batuk

6. Mengurangi demam dan nyeri 

Selain bersifat antidiare, kandungan senyawa tanin dalam daun belimbing juga bersifat antipiretik. Jadi, manfaat daun belimbing wuluh berpotensi menurunkan suhu tubuh pada kondisi demam dan mengurangi nyeri.

7. Menurunkan risiko diabetes 

Terakhir manfaat daun belimbing wuluh adalah mampu menurunkan risiko diabetes. Daun belimbing juga diketahui memiliki sifat antidiabetes. 

Baca Juga: Buah-Buahan yang Bikin Kolesterol dan Tekanan Darah Tinggi Minta Ampun

Penelitian menyatakan bahwa ekstrak daun Averrhoa bilimbi mampu menurunkan kadar gula darah dan trigliserida secara signifikan, serta menghambat penyerapan kolesterol.

Demikian sejumlah manfaat daun belimbing wuluh untuk kesehatan yang jarang diketahui oleh masyarakat Indonesia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×