kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.357.000 -0,07%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 6 Manfaat Daun Nangka untuk Kesehatan Kulit hingga Cegah Penyakit Jantung


Kamis, 02 November 2023 / 12:19 WIB
Ini 6 Manfaat Daun Nangka untuk Kesehatan Kulit hingga Cegah Penyakit Jantung


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Intip daftar manfaat daun nangka untuk kesehatan tubuh. Pohon nangka tentu mudah ditemui dengan berbagai jenis dan ukuran di Indonesia.

Daun nangka adalah bagian dari pohon nangka (Artocarpus heterophyllus) yang sering digunakan dalam berbagai masakan dan obat tradisional.

Biasanya, hasil dari pohon Nangka sebagian besar yang diambil adalah bagian buah, namun konsumsi daunnya juga baik untuk kesehatan.

Daun Nangka bisa diekstrak atau menjadi campuran teh untuk mendapatkan berbagai khasiatnya.

Baca Juga: 8 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan Tubuh yang Teruji Khasiatnya, Catat Ya!

Manfaat daun nangka untuk kesehatan

Buah Nangka

Selain itu, daun nangka memiliki berbagai manfaat kesehatan dan kegunaan sebagai obat tradisional.

Untuk itu, Anda perlu mengenal lebih jauh sederet khasiat yang bisa didapatkan dari olahan daun nangka.

Simak beberapa manfaat daun nangka untuk kesehatan jantung hingga kulit yang menakjubkan dirangkum lewat laman Pangbenta.

Baca Juga: Kenali 8 Manfaat Kacang Almond untuk Kesehatan yang Luar Biasa

1. Membantu Detoksifikasi

Bahan organik dan alami ini membantu membuang racun yang tidak diinginkan dalam tubuh, sehingga baik untuk kesehatan Anda secara keseluruhan.

Daun nangka telah lama digunakan dalam pengobatan di wilayah Asia Selatan sebagai bentuk detoksifikasi. Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa daun nangka dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi siapa pun yang ingin meningkatkan kesehatannya.

Daun nangka mengandung antioksidan kuat seperti polifenol yang berfungsi menghilangkan radikal bebas dari dalam tubuh. Selain itu, daun ini juga memiliki senyawa yang membantu pencernaan dan memudahkan tubuh Anda membuang limbah dan racun.

2. Kontrol Gula Darah

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun nangka dapat membantu mengatur kadar gula darah, yang bermanfaat bagi penderita diabetes.

Namun, konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menggunakannya sebagai pengobatan.

3. Melawan kolesterol

Peneliti menemukan bahwa orang yang mengonsumsi daun nangka setiap hari memiliki kadar kolesterol total yang jauh lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak.

Para peneliti mencatat adanya penurunan kolesterol low-density lipoprotein (LDL), atau kadar kolesterol “jahat”, bersamaan dengan peningkatan kolesterol high-density lipoprotein (HDL), atau kadar kolesterol “baik”.

Penelitian juga menemukan bahwa daun nangka membantu menurunkan risiko aterosklerosis dan penyakit jantung koroner karena menurunkan lemak darah.

4. Sumber antioksidan

Konsumsi ekstrak daun nangka mengandung senyawa antioksidan seperti flavonoid, karotenoid, dan asam fenolik, yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Daun nangka merupakan sumber antioksidan dan memiliki banyak manfaat kesehatan imun.

Studi menunjukkan bahwa daun ini dapat membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, mengurangi peradangan, dan bahkan mencegah penyakit tertentu.

5. Menyehatkan kulit 

Daun nangka dapat digunakan sebagai bahan alami untuk perawatan kulit. Masker wajah yang terbuat dari daun nangka diklaim dapat membantu menjaga kulit sehat dan cerah.

6. Pengobatan luka

Penelitian telah menunjukkan bahwa pengobatan topikal yang terbuat dari daun nangka dapat membantu mempercepat proses penyembuhan dan mengurangi peradangan.

Saat dioleskan langsung pada luka atau diminum, senyawa aktif pada daunnya terbukti ampuh. Banyak orang mengira senyawa ini memicu tubuh untuk memproduksi banyak kolagen, sehingga bisa membantu sel tumbuh kembali dan membuat jaringan baru di area yang rusak.

Meskipun daun nangka memiliki berbagai manfaat potensial, penting untuk diingat bahwa konsumsi dalam jumlah berlebihan atau penggunaan tanpa pertimbangan medis dapat memiliki efek samping.

Pastikan berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan sebelum mengambil keputusan tentang penggunaan daun nangka sebagai pengobatan.

Itulah sederet manfaat daun nangka untuk kesehatan jantung hingga kulit yang menakjubkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×