kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45991,60   -2,56   -0.26%
  • EMAS1.135.000 -0,09%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 10 Makanan Sehat untuk Mengatasi Rambut Rontok yang Mudah Dikonsumsi


Kamis, 21 September 2023 / 14:54 WIB
Ini 10 Makanan Sehat untuk Mengatasi Rambut Rontok yang Mudah Dikonsumsi
ILUSTRASI. Ini 10 Makanan Sehat untuk Mengatasi Rambut Rontok yang Mudah Dikonsumsi


Penulis: Bimo Kresnomurti

Rambut Rontok - JAKARTA. Kenali makanan sehat untuk mengatasi rambut rontok. Daftar nutrisi penting ini tentu bisa menjadi pilihan pemilik rambut yang tidak sehat.

Rambut rontok bisa disebabkan oleh banyak faktor, termasuk genetika, perubahan hormon, kekurangan nutrisi, stres, dan perawatan rambut yang tidak tepat.

Menurut NYU Langone Health, lebih dari 80 persen pria menderita kerontokan rambut sepanjang hidupnya. Namun kondisi ini tidak hanya menyerang pria; hampir 50 persen wanita mengalami kerontokan rambut, yang menurut peneliti, bisa dimulai sebelum usia paruh baya. 

Dampak dari kerontokan dan penipisan rambut mempengaruhi lebih dari sekedar karakteristik fisik seseorang; hal ini juga dapat mempunyai implikasi mental dan emosional yang parah. 

Baca Juga: 5 Makanan Tinggi Zinc Ini Buat Rambut Tumbuh Panjang, Kuat, dan Berkilau

Kerontokan rambut

Kerontokan rambut tidak hanya dari faktor gender maupun usia, konsumsi makanan yang tidak sehat dan kebiasaan buruk juga bisa jadi pemicu.

Anda perlu konsumsi makanan yang kaya nutrisi dapat membantu mengatasi rambut rontok dan meningkatkan kesehatan rambut secara keseluruhan.

Nah, Ada beberapa zat atau nutrisi makanan yang menjadi pengganti untuk mengatasi masalah rambut rontok.

Berikut adalah makanan yang dapat membantu mengatasi masalah rambut rontok dilansir dari Hair Club.

Baca Juga: Ini 5 Makanan Penambah Darah yang Mudah Dikonsumsi, Ada Biji Wijen hingga Buah Bit

Makanan untuk mengatasi masalah rambut rontok

1. Protein

Rambut terutama terdiri dari protein, jadi pastikan untuk mendapatkan cukup asupan protein dari makanan seperti daging tanpa lemak, ikan, telur, kacang-kacangan, dan produk susu rendah lemak.

2. Zat Besi

Kekurangan zat besi dapat menyebabkan rambut rontok. Konsumsi makanan tinggi zat besi seperti daging merah, hati, biji labu, bayam, dan kacang-kacangan.

3. Omega-3 dan Lemak Sehat

Asam lemak omega-3 dan lemak sehat membantu menjaga kulit kepala dan rambut tetap sehat. Sumbernya termasuk ikan berlemak (sarden, salmon), biji chia, biji rami, dan minyak ikan.

4. Vitamin A

Vitamin A membantu menjaga kelenjar minyak kulit kepala tetap sehat. Konsumsi wortel, ubi jalar, bayam, dan brokoli yang kaya akan vitamin A.

5. Vitamin E

Vitamin E membantu meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala dan dapat ditemukan dalam kacang, biji-bijian, dan minyak alpukat.

6. Vitamin C

Vitamin C membantu tubuh menyerap zat besi yang penting untuk rambut. Makan buah-buahan seperti jeruk, stroberi, dan kiwi yang kaya akan vitamin C.

7. Biotin (Vitamin H)

Biotin dikenal untuk meningkatkan kesehatan rambut dan kuku. Sumber biotin meliputi telur, alpukat, kacang-kacangan, dan ikan.

8. Seng

Seng membantu menjaga kesehatan rambut dan kulit. Dapatkan seng dari makanan seperti daging, kerang, kacang-kacangan, dan biji labu.

9. Vitamin B6 dan B12

Kebutuhan atas vitamin B6 dan B12 membantu mempromosikan pertumbuhan rambut yang sehat. Makan makanan tinggi vitamin B seperti daging, ikan, telur, dan produk susu rendah lemak.

10. Minum Air yang Cukup

Pastikan Anda minum cukup air setiap hari untuk menjaga hidrasi tubuh, termasuk kulit dan rambut.

Konsultasikan dengan ahli gizi atau dokter sebelum mengubah diet Anda secara signifikan. Selain mengonsumsi makanan yang tepat, perhatikan juga pola makan secara keseluruhan dan gaya hidup sehat untuk membantu mengatasi masalah rambut rontok.

Demikian informasi terkait makanan sehat untuk mengatasi rambut rontok dengan praktis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×