kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.357.000 -0,07%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 5 Makanan Penambah Darah yang Mudah Dikonsumsi, Ada Biji Wijen hingga Buah Bit


Senin, 11 September 2023 / 10:43 WIB
Ini 5 Makanan Penambah Darah yang Mudah Dikonsumsi, Ada Biji Wijen hingga Buah Bit
ILUSTRASI. Ini 5 Makanan Penambah Darah yang Mudah Dikonsumsi, Ada Biji Wijen hingga Buah Bit


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Simak daftar makanan untuk menambah saat anemia. Kondisi kekurangan darah bisa membuat tubuh lemas dan tidak bisa beraktivitas.

Kekurangan darah atau disebut anemia merupakan tanda kurangnya sel darah merah atau sel darah merah yang tidak berfungsi di dalam tubuh. Ini menyebabkan aliran oksigen berkurang ke organ tubuh.

Nah, Anda perlu mengetahui beberapa makanan yang bisa membuat produksi sel darah merah meningkat.

Makanan penambah darah adalah makanan yang kaya akan nutrisi tertentu yang dapat membantu meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh atau membantu dalam penyembuhan kondisi yang menyebabkan anemia (kekurangan sel darah merah).

Baca Juga: Daftar Makanan yang Pantang Dikonsumsi Bagi Penderita Diabetes

Sayuran berdaun hijau

Sel darah merah penting karena mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh, sehingga kadar darah merah yang cukup sangat penting untuk kesehatan.

Tips menambah darah atau sel darah merah hemoglobin:

  • Andalkan Buah-buahan: Aprikot, apel, anggur, pisang, delima, dan semangka memainkan peran yang sangat penting dalam meningkatkan jumlah hemoglobin. Anda bisa konsumsi buah-buahan ini untuk meningkatkan hemoglobin ke dalam mangkuk sereal atau oatmeal, atau tambahkan ke salad untuk menambah rasa manis, atau masukkan ke dalam milkshake, smoothie, atau jus buah.
  • Ambil bantuan Makanan Kaya Vitamin C: Sertakan vitamin C dalam makanan Anda karena membantu tubuh Anda menyerap zat besi dengan lebih efisien. Makan lebih banyak gooseberry, jeruk, lemon, jeruk nipis, stroberi, paprika, tomat, jeruk bali, buah beri, karena sangat kaya akan vitamin C. Biasakan untuk mengonsumsi sumber alami Vitamin C ini secara rutin.
  • Hindari penghambat zat besi: Kurangi mengonsumsi makanan yang menghambat penyerapan zat besi dalam tubuh Anda, terutama jika Anda memiliki jumlah hemoglobin yang rendah. Batasi asupan makanan hemoglobin yang kaya polifenol, tanin, fitat dan asam oksalat seperti teh, kopi, kakao, produk kedelai, anggur, bir, cola, dan minuman soda.
  • Pilihlah olahraga dengan intensitas sedang hingga tinggi: Saat Anda berolahraga, tubuh Anda memproduksi lebih banyak hemoglobin untuk memenuhi peningkatan kebutuhan oksigen ke seluruh tubuh.

Simak daftar makanan penambah darah yang bisa dikonsumsi dengan mudah dilansir dari Metropolis India.

Baca Juga: Bikin Rontok Gula Darah dan Darah Tinggi, Ini Sederet Manfaat Belimbing Wuluh

Makanan untuk menambah darah saat anemia

1. Buah Bit

Bit diperkaya dengan zat besi alami, magnesium, tembaga, fosfor, dan vitamin B1, B2, B6, B12 dan C. Kekayaan nutrisi dalam sayuran menakjubkan ini membantu meningkatkan jumlah hemoglobin dan regenerasi sel darah merah.

Anda dikonsumsi mentah sebagai salad atau dimasak. Sebagai alternatif, Anda bahkan bisa memblendernya dan menyiapkan segelas jus bit.

2. Daun Kelor

Daun kelor kaya akan mineral seperti seng, besi, tembaga, magnesium, vitamin A, B dan C. Ambil beberapa lembar daun kelor yang dicincang halus dan buat pasta, tambahkan satu sendok teh bubuk jaggery dan aduk rata.

Konsumsilah churna ini secara teratur bersamaan dengan sarapan pagi untuk meningkatkan kadar hemoglobin dan jumlah sel darah merah Anda.

3. Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran hijau untuk meningkatkan hemoglobin seperti bayam, sawi, seledri, dan brokoli merupakan sumber vegetarian yang kaya akan zat besi. Bayam disarankan untuk dimasak karena daun bayam mentah mengandung asam oksalat yang dapat menghambat penyerapan zat besi dalam tubuh.

Sayuran berdaun hijau ini merupakan sumber alami vitamin B12, asam folat, dan nutrisi penting lainnya, dan harus menjadikannya sebagai makanan pokok sehari-hari jika Anda ingin meningkatkan hemoglobin.

Brokoli kaya akan zat besi dan asam folat vitamin B kompleks, dan juga mengandung sejumlah nutrisi penting lainnya seperti magnesium, vitamin A, dan C. Selain itu, sayuran hijau rendah kalori dan merupakan sumber serat makanan yang baik.

Oleh karena itu, sayuran ini juga dapat membantu tubuh menurunkan berat badan dan meningkatkan pencernaan.

4. Kurma hingga kismis

Kurma dan kismis menawarkan kombinasi zat besi dan vitamin C. Sebaliknya, buah ara kaya akan zat besi, magnesium, vitamin A, dan folat.

Dengan konsumsi segenggam buah ara kering dan kismis serta dua atau tiga kurma di pagi hari dapat memberi energi instan dan meningkatkan kadar hemoglobin.

Dianjurkan juga untuk meminum susu buah ara sebelum tidur dua kali seminggu untuk meningkatkan kadar hemoglobin. Penderita diabetes sebaiknya mengonsumsi buah kering tersebut secukupnya saja.

5. Biji Wijen

Konsumsi biji wijen hitam adalah cara bagus lainnya untuk meningkatkan asupan zat besi karena mengandung zat besi, kalsium, magnesium, tembaga, seng, selenium, vitamin B6, E, dan folat.

Anda bisa merendamnya dalam air dan membiarkannya semalaman sebelum dikonsumsi keesokan paginya. Campurkan sekitar 1 sendok makan biji wijen hitam panggang kering dengan satu sendok teh madu dan gulung menjadi bola.

Konsumsilah bergizi ini secara teratur untuk meningkatkan kadar zat besi Anda. Anda bisa menaburkannya di atas sereal atau oatmeal atau bahkan yogurt dan salad buah.

Demikian informasi terkait makanan penambah darah yang bisa atasi anemia dari rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×