kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Gejala Diabetes Awal yang Harus Diwaspadai, Ini Buah untuk Penderita Diabetes


Senin, 04 September 2023 / 06:28 WIB
Gejala Diabetes Awal yang Harus Diwaspadai, Ini Buah untuk Penderita Diabetes
ILUSTRASI. Buah untuk penderita diabetes antara lain alpukat, kaprikot, jambu biji, cranberry, jeruk keprok dll


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

CIRI-CIRI DIABETES AWAL - Kenali ciri-ciri diabetes awal. Pahami pula buah untuk penderita diabetes agar kadar gula dalam darah tidak semakin tinggi.

Mengenali ciri-ciri diabetes awal sangat penting untuk semua orang, baik tua maupun muda. Pasalnya, banyak anak muda yang sudah menderita diabetes.

Selain itu, penyakit gula darah tinggi atau diabetes yang parah sering kali berujung pada kematian. Oleh karena itu, sebelum menjadi level parah, kenali ciri-ciri diabetes awal agar lebih mudah disembuhkan.

Gula darah tinggi atau diabetes bisa saja terjadi tanpa gejala. Faktanya, banyak penderita diabetes yang tak menyadari apa yang dialaminya sampai terjadi komplikasi serius.

Memang sebagian besar orang yang mengalami diabetes juga memiliki gejala seperti sering buang air kecil dan haus berlebihan. Namun, gejala tersebut seringkali tak disadari. Padahal, peningkatan gula darah ringan dapat merusak saraf, ginjal, dan retina Anda. Dan semakin tinggi kadar gula darah, semakin buruk kerusakan yang bisa terjadi.

Ahli endokrinologi Kevin Pantalone juga mengatakan banyak penderita diabetes yang baru terdiagnosis ketika mereka sudah mengalami masalah pada ginjal dan retina. "Itu tandanya diabetes yang mereka alami sudah ada sejak lama," tambahnya.

Baca Juga: Menurunkan Gula Darah Tinggi, Ini Manfaat Belimbing Wuluh

Ciri-ciri diabetes awal

Untuk antisipasi, berikut gejala atau ciri-ciri diabetes tahap awal yang seringkali tak disadari:

1. Sering mengalami infeksi saluran kemih atau jamur

Ciri-ciri diabetes awal yang pertama adalah sering infeksi saluran kemih. Ketika gula darah tinggi dan ginjal tidak dapat menyaringnya dengan cukup baik, gula akan berakhir di urin. Penumpukan gula di lingkungan yang hangat dan lembab dapat menyebabkan infeksi saluran kemih dan jamur, terutama pada wanita.

2. Berat badan turun drastis

Ciri-ciri diabetes awal yang kedua adalah berat badan turun drastis. Jika Anda menderita diabetes, tubuh Anda tidak dapat menggunakan glukosa (gula) secara efektif untuk energi. Sebaliknya, tubuh Anda akan mulai membakar simpanan lemak, dan Anda mungkin mengalami penurunan berat badan yang tidak terduga.

Baca Juga: 9 Manfaat Jambu Biji Merah untuk Kesehatan dan Kandungan Vitaminnya




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×