kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45900,57   -7,97   -0.88%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Daftar 5 Obat Batuk Kering Alami yang Efektif dan Aman Dikonsumsi


Sabtu, 27 Mei 2023 / 11:15 WIB
Daftar 5 Obat Batuk Kering Alami yang Efektif dan Aman Dikonsumsi


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Terdapat banyak pilihan obat batuk kering alami yang efektif dan aman untuk dikonsumsi. Selain itu, mengkonsumsi obat batuk kering alami juga merupakan cara alternatif yang cukup ampuh.

Meski demikian, sebelum mengkonsumsi obat batuk kering alami, alangkah lebih baik Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter agar pengobatan bisa lebih maksimal.

Biasanya, obat batuk kering alami cukup mudah dicari karena menggunakan bahan-bahan alami yang biasa dikonsumsi di rumah, sehingga mungkin ada di dapur Anda.

Baca Juga: Catat 5 Manfaat Buah Zaitun untuk Kesehatan, Sudah Tahu?

Melansir dari Pharmeasy, terdapat beberapa rekomendasi obat-obatan berbahan alami yang bisa membantu meredakan batuk kering. Obat alami untun batuk kering tersebut di antaranya sebagai berikut: 

1. Garam 

Batuk kering dipercaya bisa reda dengan menggunakan garam. Pasalnya, garam mampu meredakan peradangan akibat batuk kering. 

Caranya, Anda yang tinggal mencampur 1/2 sdt garam dengan air hangat. Lalu, gunakan campuran air garam tersebut untuk berkumur sehingga dapat meredakan batuk kering yng diderita.

Baca Juga: 7 Manfaat Buah Markisa untuk Kesehatan, Baik untuk Pencernaan Hingga Jantung

2. Capsaicin

Rekomendasi obat batuk kering alami selanjutnya adalah capsaicin. Sebelumnya, capsaicin adalah senyawa yang terkandung di dalam cabai yang mampu meredakan batuk kering. 

Caranya mendapatkan capsaicin cukup mudah, Anda hanya tinggal merebuh cabai, lalu meminum air rebusan cabai yang sudah mengandung capsaicin tersebut yang dipercaya dapat meredakan peradangan akibat batuk. 

Baca Juga: Kenali 5 Manfaat Buah Nangka Untuk Kesehatan, Baik Untuk Jantung

3. Kunyit

Kunyit merupakan rempah yang memiliki banyak khasiat, salah satunya dapat meredakan batuk kering. Hal tersebut dikarenakan ekstrak kunyit mengandung antisepsik, antivirus dan antiinflamasi yang mampu mengobati batuk kering. 

4. Jahe 

Obat alami batuk kering lainnya yaitu jahe. Jahe terbilang cukup efektif meredakan batuk karena mengandung antinflamasi yang mampu meredakan peradangan akibat batuk tersebut. 

Tidak hanya itu, mengkonsumsi jahe juga bisa membantu meningkatkan imunitas tubuh khusussnya saat pandemi covid-19 seperti sekarang.

Baca Juga: Yuk Kenali 6 Manfaat Buah Rambutan Untuk Kesehatan Jika Rutin Dimakan

5. Daun Mint

Terakhir Anda bisa memafaatkan daun mint sebagai obat batuk kering. Pasalnya, daun mint mengandung mentol yang mampu meredakan tenggorokan akibat gatal karena batuk. 

Rebus beberapa helai daun mint, lalu minum secara rutin air rebusan tersebut sampai batuk kering membaik dan sembuh. 

Demikian obat-obat alami yang bisa Anda manfaat untuk mengobati batuk kering. Jika obat alami tersebut tidak berpengaruh atau disaranakn untuk pergi ke dokter agar pengobatan menjadi lebih maksimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×