kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45987,90   -2,03   -0.21%
  • EMAS1.142.000 0,35%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Suka Makan Sayur? Kenali 5 Obat Asam Urat Alami yang Aman Dikonsumsi


Senin, 24 April 2023 / 13:51 WIB
Suka Makan Sayur? Kenali 5 Obat Asam Urat Alami yang Aman Dikonsumsi
ILUSTRASI. Sayuran adalah salah satu obat asam urat alami.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Sayuran adalah salah satu obat asam urat alami yang aman untuk dikonsumsi dan mudah didapatkan karena banyk dijual di pasaran. Selain itu, obat asam urat alami sangat cocok dijadikan cara alternatif mengatasi asam urat tinggi.

Asam urat tinggi adalah penyakit yang tidak boleh dibiarkan. Pasalnya, asam urat yang menumpuk biasanya akan menimbulkan inflamasi dan menimbulkan rasa sakit, salah satunya di bagian sendi.

Selain menimbulkan rasa sakit asam urat juga kerap menimbulkan pembengkakan di jari, lutut, hingga pergelangan kaki. Oleh sebab itu, mengkonsumsi obat asam alami penting untuk dilakukan sebelum timbul gejala-gejala tersebut.

Baca Juga: Kenali 7 Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan Tubuh Selain Dijadikan Bahan Masakan

Sebelum mengkonsumsi obat asam urat alami, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter supaya mengantisipasi efek samping dan memaksimalkan manfaat dari obat asam urat alami.

Lantas apa saja obat asam urat alami yang aman untuk dikonsumsi?

Melansir dari Health X Change, berikut ada beberapa obat asam urat alami yang aman untuk dikonsumsi:

1. Teh

Penderita asam urat tinggi bisa mengkonsumsi teh herbal sebagai salah satu alternatif obat asam urat. Pasalnya, teh adalah salah satu obat asam urat alami yang mudah pula untuk didapatkan. Meski demikian, jangan pula mengkonsumsi teh secara berlebihan.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Kualitas Sperma, Ada 7 Hal yang Wajib Diketahui Pria

2. Telur

Obat asam urat alami selanjutnya Anda bisa mengkonsumsi telur. Selain dapat menurunkan asam urat tinggi, telur juga dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan yang enak untuk dikonsumsi. Namun, pastikan Anda mengolah telur dengan benar dan tidak menghilangkan protein atau nutrisi di dalamnya.

3. Produk Olahan Susu

Berbagai jenis produk olahan susu juga merupakan salah satu obat asam urat alami. Namun, pastikan Anda mengkonsumsi produk olahan susu yang mengandung lemak rendah. Sehingga baik untuk asam urat dan tidak menambah berat Anda secara signifikan.

Baca Juga: Cek 5 Manfaat Buah Kiwi Untuk Kesehatan Tubuh yang Tidak Terduga

4. Buah

Buah adalah obat asam urat alami yang penting untuk dikonsumsi. Selain ampuh menurunkan asam urat, buah mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Carilah buat yang mengandung banyak vitamin C.

Baca Juga: Ayo Catat 8 Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan Tubuh yang Teruji klinis

5. Sayuran

Obat asam urat alami yang tidak boleh terlewatkan adalah sayuran. Selain buah, sayuran juga dapat dijadikan alternatif mengatasi asam urat tinggi. Sayuran juga relatif mudah untuk didapatkan dan bisa dengan mudah diolah menjadi berbagai jenis makanan. 

Meski demikian, ada beberapa jenis sayuran yang sebaiknya dihindari penderita asam urat tinggi. Contohnya, seperti bayam, jamur, kol dan lain-lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×