kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Obat Batuk Berdahak Tradisional Untuk Dewasa & Anak-Anak, Cek Juga Obat Batuk Kering


Senin, 26 Desember 2022 / 06:47 WIB
Obat Batuk Berdahak Tradisional Untuk Dewasa & Anak-Anak, Cek Juga Obat Batuk Kering
ILUSTRASI. Obat Batuk Berdahak Tradisional Untuk Dewasa & Anak-Anak, Cek Juga Obat Batuk Kering


Sumber: KONTAN.co.id,Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak obat batuk untuk anak-anak dan dewasa di apotek. Selain obat di apotek, Anda juga bisa menggunakan obat batuk tradisional untuk menyembuhkan batuk berdahak dan batuk kering.

Obat tradisional batuk berdahak dan kering ini bisa digunakan pada orang dewasa dan anak-anak. Anda bisa memilih obat batuk berdahak atau kering tradisional sesuai dengan bahan yang tersedia di rumah.

Namun, seperti obat apotek, obat batuk berdahak tradisional berbeda dengan obat batuk kering. Anda harus menggunakan bahan tradisional tersebut sesuai dengan jenis batuk yang dialami.

Dilansir dari Kompas.com, batuk kering adalah batuk yanng tidak menghasilkan dahak atau lendir. Batuk kering menyiksa penderitanya karena membuat tenggorokan terasa sakit. Penyeba batuk kering bisa karena beberapa faktor, misalnya polusi, alergi, asma, atau penyakit seperti bronkitis.

Obat batuk kering tradisional untuk orang dewasa dan anak-anak

Lantas, apa obat batuk kering tradisional untuk orang dewasa dan anak-anak? Berikut obat batuk kering tradisional untuk orang dewasa dan anak-anak:

Baca Juga: 5 Obat Alami yang Bisa Mengobati Batuk

1. Ramuan madu

Obat batuk kering tradisional untuk orang dewasa dan anak-anak yang pertama adalah ramuan madu. Konsistensi madu yang kental mampu melapisi tenggorokan dan memberikan efek melegakan.

Dilansir dari Verywell Health, sebuah penelitian menyebutkan bahwa madu lebih efektid meredakan batuk di malam hari daripada plasebo.  Cara membuat obat batuk kering tradisional untuk orang dewasa dan anak-anak dengan ramuan madu adalah:

  • Ambil dua sendok teh madu
  • Tambahkan perasan lemon
  • Tuang air hangat atau teh herbal.

Sebagai catatan, anak-anak di bawah satu tahun tidak boleh mengonsumsi ramuan ini karena berisiko terkena botulisme.

2. Ramuan jahe

Obat batuk kering tradisional untuk orang dewasa dan anak-anak yang kedua adalah ramuan jahe. Jahe dikenal memiliki sifat antiradang dan antitusif (penekan batuk). Tak heran jika ramuan satu ini mampu membantu meredakan batuk.

Konsumsi rempah dapur satu ini bisa membantu mengeluarkan lendir dari paru-paru sehingga mengurangi batuk kering. Berikut cara membuat ramuan jahe sebagai obat batuk kering tradisional untuk orang dewasa dan anak-anak:

  • Kupas dan iris jahe tipis-tipis
  • Masukkan ke dalam air yang mendidih
  • Rebus selama 10 menit
  • Saring dan ambil air rebusannya.
  • Anda bisa menambahkan sedikit madu atau seiris lemon untuk memberikan cita rasa yang lebih nikmat.

3. Ramuan akar marshmallow

Obat batuk kering tradisional untuk orang dewasa dan anak-anak yang ketiga adalah ramuan akar marshmallow. Akar Marshmallow telah digunakan selama ribuan tahun untuk mengobati batuk dan sakit tenggorokan, termasuk meredakan batuk kering.

Penelitian menunjukkan bahwa tanaman satu ini mampu melegakan tenggorokan dalam waktu 10 menit. Berikut cara membuat ramuan akar mashmallow sebagai obat batuk kering tradisional untuk orang dewasa dan anak-anak:

  • Rendam satu sendok makan parutan akar marshmallow yang sudah mengering
  • Biarkan semalaman atau minimal 4 jam di lemari es.

4. Ramuan herbal thymus

Obat batuk kering tradisional untuk orang dewasa dan anak-anak yang keempat adalah ramuan herbal thymus. Thymus atau timi telah digunakan selama berabad-abad untuk meredakan batuk kering.

Daun tanaman ini mengandung senyawa penenang batuk yang disebut flavonoid. Senyawa tersebut mampu mengurangi peradangan dan mengendurkan otot tenggorokan yang terlibat dalam batuk.

Cara membuat ramuan herbal thymus sebagai obat batuk kering tradisional untuk orang dewasa dan anak-anak adalah:

  • Ambil 2 sendok tek daun thyme
  • Tambahkan 1 cangkir air mendidih
  • Diamkan selama 10 menit.

5. Ramuan kunyit

Obat batuk kering tradisional untuk orang dewasa dan anak-anak yang kelima adalah ramuan kunyit. Kunyit mengandung senyawa yang disebut curcumin.

Senyawa ini bersifat antivirus, antibakteri, dan anti-inflamasi ringan. Oleh sebab itu, ramuan kunyit sudah digunakan selama berabad-abad dalam pengobatan Ayurveda untuk mengobati radang sendi ringan dan penyakit pernapasan.

Menurut Verywelll Health, beberapa peneliti berpendapat bahwa kunyit yang dikonsumsi secara oral juga dapat meredakan batuk dan gejala asma lainnya.  Namun belum ada yang menyatakan bahwa kunyit mampu mengobati batuk akut.

Obat batuk berdahak tradisional untuk orang dewasa dan anak-anak

Merangkum pemberitaan Kompas.com, berikut obat batuk berdahak tradisional untuk orang dewasa dan anak-anak

Bagi orang-orang yang batuknya tidak kunjung sembuh, penyakit ini dapat diredakan bahkan diatasi dengan beberapa obat herbal. Dilansir dari Healthline, berikut obat herbal untuk mengatasi batuk berdahak pada anak-anak dan dewasa:

1. Madu

Obat batuk berdahak tradisional untuk anak-anak dan dewasa yang pertama adalah madu. Manfaat madu untuk mengobati batuk pernah dibuktikan dalam studi tahun 2021 yang dipublikasikan di BMJ Evidence-Based Medicine.

Peneliti mendapati temuan bahwa madu lebih baik untuk meredakan batuk dan mencegah mengonsumsi antiobiotik. Tak hanya itu, studi tahun 2021 yang dipublikasikan di Evidence-Based Practice turut membandingkan dekstrometorfan, obat batuk.

Peneliti menyampaikan, madu dan dekstrometorfan sama-sama bermanfaat untuk mengatasi batuk. Namun, madu mendapatkan skor lebih baik ketimbang dekstrometorfan dalam suatu percobaan.

Supaya batuk teratasi, madu dapat ditambahkan ke dalam minuman panas seperti teh herbal atau meneguk satu sendok madu.

2. Jahe

Obat batuk berdahak tradisional untuk anak-anak dan dewasa yang kedua adalah jahe. Jahe adalah rempah-rempah yang menenangkan dan menghangatkan ketika dikonsumsi. Itulah mengapa jahe bermanfaat meredakan batuk kering maupun berdahak termasuk asma karena mengandung sifat antiinflamasi (peradangan).

Manfaat jahe untuk meredakan batuk pernah dibuktikan dalam studi tahun 2015 yang dipublikasikan di Sage Journals. Studi meneliti 10 produk alami berbeda yang digunakan dalam obat-obatan tradisional Asia, termasuk jahe. Jahe dapat dikonsumsi untuk meredakan batuk dengan menambahkannya ke dalam teh.

3. Air hangat

Obat batuk berdahak tradisional untuk anak-anak dan dewasa yang ketiga adalah air hangat. Studi tahun 2008 yang dipublikasikan di National Library of Medicine menunjukkan air hangat pada suhu kamar dapat meredakan batuk.

Air hangat juga bermanfaat untuk meredakan pilek dan flu. Namun, orang dengan gejala pilek atau flu tambahan dapat mengambil manfaat dari menghangatkan minuman.

Studi yang sama melaporkan bahwa minuman panas mengurangi lebih banyak gejala, termasuk sakit tenggorokan, kedinginan, dan kelelahan. Selain air hangat, ada beberapa minuman hangat lainnya yang bisa dikonsumsi, yakni: Kaldu bening, Teh herbal, Teh hitam tanpa kafein, Jus hangat.

4. Akar marshmallow

Obat batuk berdahak tradisional untuk anak-anak dan dewasa yang keempat adalah akar marshmallow. Akar marshmallow dapat dikonsumsi untuk meredakan iritasi akibat batuk karena mengandung banyak lendir / dahak.

Lendir dibutuhkan lantaran tenggorokan membutuhkan zat kental dan lengket untuk melapisinya. Studi yang dipublikasikan di Karger menyebutkan, akar marshmallow sudah dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan sirup obat batuk.

Dulunya, akar marshmallow dipadukan dengan thyme dan ivy yang secara efektif meredakan batuk akibat pilek dan infeksi saluran pernapasan. Tidak hanya itu, akar marshmallow mengandung sifat antioksidan dan antiinflamasi.

Akar marshmallow dapat dikonsumsi dengan ditambahkan ke dalam air panas dan meminumnya. Agar manfaatnya lebih terasa, rendam akar marshmallow dalam waktu yang lama supaya lendirnya banyak.

5. Kumur air garam

Obat batuk berdahak tradisional untuk anak-anak dan dewasa yang kelima adalah kumur air garam. Kumur air garam dapat meringankan sakit tenggorokan dan gejala yang berhubungan dengan flu biasa.

Air garam yang digunakan berkumur juga membantu mengurangi lendir dan mengurangi rasa sakit. Untuk meredakan batuk, 1/2 sendok teh garam dapat ditambahkan ke dalam secangkir air hangat sampai larut.

Kemudian, biarkan hingga dingin untuk berkumur dan kumurkan di pangkal tenggorokan sebelum dikeluarkan. Kumur air garam dapat diulangi beberapa kali setiap hari supaya batuk semakin membaik.

6. Nanas

Obat batuk berdahak tradisional untuk anak-anak dan dewasa yang keenam adalah nanas. Nanas mengandung enzim bromelain yang memiliki sifat antiinflamasi sekaligus mukolitik untuk memecah lendir dan mengeluarkannya dari tubuh.

Nanas bisa dikonsumsi dalam bentuk jus untuk mengurangi lendir di tenggorokan dan meredakan batuk. Cara lainnya adalah mengonsumsi suplemen bromelain. Tapi, suplemen ini perlu dikonsultasikan dengan dokter untuk mencegah efek sampingnya.

Itulah daftar obat batuk berdahak dan kering tradisional untuk orang dewasa serta anak-anak. Jika sakit berlanjut, segera hubungi dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×