6 Obat Batuk Berdahak Alami dan Cara Mengobatinya Secara Cepat

Jumat, 13 Januari 2023 | 11:37 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
6 Obat Batuk Berdahak Alami dan Cara Mengobatinya Secara Cepat

ILUSTRASI. Obat Batuk Berdahak Alami dan Cara Mengobati Obat Batuk Secara Alami dan Cepat.


KONTAN.CO.ID - Batuk, baik batuk kering maupun disertai dengan dahak, sangat mengganggu. Nah, untuk itu Anda perlu mengetahui beberapa bahan yang bisa jadi obat batuk berdahak alami dan cara mengobati batuk berdahak secara alami dan cepat.  

Biasanya penderita batuk berdahak memerlukan obat untuk mengurangi rasa gatal pada tenggorokan dan menyembukan gejalanya.

Berbagai merek obat batuk pun bisa diperoleh dengan mudah di apotek. Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba obat batuk berdahak alami dan mengetahui cara mengobati batuk berdahak secara alami dan cepat.

Lantas, apa saja obat batuk berdahak alami dan bagaimana cara mengobati batuk berdahak secara alami dan cepat?

Baca Juga: Yuk Simak! 6 Gejala Penyakit Tipes yang Perlu Diwaspadai

6 Obat batuk alami berdahak dan cara membuatnya

Nah, berikut ini beberapa obat batuk berdahak alami yang bisa menyembuhkan batuk seperti dilansir dari Medical News Today dan Kompas.com:

1. Kencur

Obat batuk berdahak alami

Obat batuk berdahak alami yang bisa dicoba adalah kencur. Melansir Buku Jus Herbal (2007) oleh Ning Harmanto, rimpang kencur mengandung borneol, methyl-pcumaric acid, cinnamicacid ethtyl-ester pentadecane, cinnamic aldehyde, camphene, dan lain-lain.

Oleh karena kandungannya, kencur memiliki khasiat, antara lain untuk menghangatkan, menghilangkan rasa sakit, memudahkan pengeluaran air dan angina dari tubuh, hingga mengencerkan dahak.

Sehingga, kencur bisa dijadikan sebagai obat batuk berdahak alami. Selain itu, kencur segar juga memiliki sifat antibakteri.  

Selain menjadi obat batuk batuk berdahak alami, kencur juga punya kegunakan sebagai obat herbal masalah kesehatan lain, seperti: mengatasi batuk asmatis, bengkak (untuk ditempelkan), jerawat, nyeri haid, sakit perut saat diare (untuk ditempelkan).

Baca Juga: 10 Manfaat Pare untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya yang Perlu Diwaspadai

2. Jahe

Obat batuk berdahak alami

Jahe juga merupakan salah satu obat batuk berdahak alami yang bisa dicoba. Jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat meredakan batuk berdahak dan asma.

Salah satu penelitian menunjukkan bahwa beberapa senyawa anti-inflamasi dalam jahe dapat mengendurkan selaput di saluran paru, yang dapat mengurangi batuk. Rempah ini juga dapat meredakan mual dan nyeri.

Cara mengobati obat batuk berdahak secara alami dan cepat menggunakan jahe yakni seduh air hangat dengan menambahkan 20–40 gram irisan jahe segar ke dalam secangkir air panas.

Diamkan selama beberapa menit sebelum diminum. Tambahkan madu atau jus lemon untuk meningkatkan rasa dan lebih meredakan batuk.

Baca Juga: Ambeien Langsung Keok dengan 8 Ramuan Herbal Ini, Apa Saja?

3. Perasan jeruk nipis

Obat batuk berdahak alami

Obat batuk berdahak alami selanjutnya adalah perasan jeruk nipis. Melansir Women’s Health, penderita batuk berdahak perlu banyak mengonsumsi cairan, terutama yang mengandung vitamin C tinggi.

Sebab, paru-paru perlu asupan cairan yang cukup untuk mencegah terbentuknya lendir. Minum perasan jeruk segar tak hanya menghidrasi tubuh, tapi juga bisa menambah asupan vitamin C yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Baca Juga: Buah dan Sayur yang Baik Dikonsumsi oleh Penderita Asam Lambung

4. Kunyit

Obat batuk berdahak alami

Salah satu obat batuk berdahak alami yakni kunyit. Kunyit mengandung minyak atsiri yakni tumeron, simen, artumeron, kurkumin, pati, tannin, dan damar.

Kurkumin dalam kunyit memiliki sifat anti radang yang mampu membasmi membasmi kuman penyebab infeksi di saluran pernapasan.

Cara mengobati batuk berdahak secara alami dan cepat menggunakan kunyit adalah tumbuk kunyit hingga halus lalu campurkan ke dalam satu gelas susu hangat. Tumbukan kunyit juga bisa dicampurkan dengan teh, garam dan empat gelas air untuk mengurangi gatal pada tenggorokan.

Baca Juga: Perut Anak Kembung dan Bengkak? Kenali Sederet Gejala Usus Buntu pada Anak

5. Bawang putih

Obat batuk berdahak alami

Berikutnya, bawang putih juga bisa menjadi obat batuk berdahak alami. Sebab, bawang putih mengandung zat allicin yang punya sifat anti mikroba dan mampu mencegah produksi dahak berlebih.

Cara mengobati batuk berdahak secara alami dan cepat menggunakan bawang putih yakni dengan menelannya secara langsung. Namun, Anda bisa mencampur bawang putih halus dengan madu atau teh.

Minumlah setidaknya sehari dua kali untuk meredakan batuk berdahak.

Baca Juga: Mengatasi Pegal Linu Secara Alami, Ini 5 Obat Alami yang Ampuh Mengobati Pegal Linu

6. Madu

Obat batuk berdahak alami

Madu adalah salah satu obat batuk berdahak alami yang ampuh dan praktis digunakan di rumah. Cara mengobati batuk berdahak secara alami dan cepat dengan madu cukup mudah.

Tinggal minum satu sendok makan madu di pagi dan malam hari. Hindari memberikan madu pada bayi di bawah satu tahun karena berisiko menyebabkan keracunan botulisme.

Nah, itulah sejumlah obat batuk berdahak alami dan cara mengobati batuk berdahak secara alami dan cepat yang bisa dicoba di rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru