kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45936,64   8,28   0.89%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cocok untuk Berbuka Puasa! Ini 10 Manfaat Semangka yang Rasanya Segar dan Manis


Kamis, 23 Maret 2023 / 15:10 WIB
Cocok untuk Berbuka Puasa! Ini 10 Manfaat Semangka yang Rasanya Segar dan Manis
ILUSTRASI. Semangka


Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Cocok untuk buka puasa, ini manfaat semangka untuk kesehatan, salah satunya menurunkan tekanan darah tinggi. 

Buah semangka kaya air dan rasanya manis sehingga cocok untuk dijadikan menu buka puasa. 

Baca Juga: Buah yang Baik dan Buruk untuk Dikonsumsi Penderita Asam Lambung

Tidak hanya menyegarkan, semangka juga kaya akan nutrisi. Mengutip dari Medical News Today, semangka mengandung: 

  • Serat 
  • Kalsium 
  • Fosfor 
  • Magnesium 
  • Potasium 
  • Vitamin C 
  • Vitamin A 
  • Vitamin B 
  • Folat 
  • Kolin 
  • Beta 
  • karoten 
  • Likopen

Mineral dan vitamin tersebut membuat semangka baik dan aman dikonsumsi secara rutin. 

Berikut manfaat semangka untuk kesehatan jika dimakan setiap hari dalam porsi terukur: 

1. Melindungi sinar matahari 

Mengutip dari Kompas.com, semangka bisa membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari. 

Kandungan likopen pada semangka membantu mengurangi kemungkinan kulit terbakar sinar matahari. 

2. Menjaga kesehatan mata 

Kandungan vitamin A dalam semangka baik untuk menjaga kesehatan mata. 

3. Menurunkan tekanan darah  

Dalam sebuah penelitian tahun 2012, para peneliti menemukan bahwa ekstrak semangka bisa mengurangi tekanan darah di dalam dan sekitar pergelangan kaki orang paruh baya yang menderita obesitas dan hipertensi dini.     

Kandungan antioksidan dalam semangka bisa meningkatkan fungsi arteri.    

Selain itu, likopen dalam semangka berperan untuk melindungi diri dari risiko penyakit jantung.   

Sedangkan, kandungan fitosterol dalam semangka berperan untuk mengontrol kadar kolesterol.    

4. Mencegah kanker 

Vitamin C dalam semangka bisa membantu mencegah kanker dengan memerangi radikal bebas.    

Beberapa penelitian mengaitkan asupan likopen dengan menurunkan risiko kanker prostat.    

5. Menjaga kesehatan pencernaan    

Semangka mengandung air yang tinggi dan juga serat. Kandungan tersebut baik untuk menjaga kesehatan usus serta mencegah sembelit.    

6. Hidrasi tubuh    

Semangka mengandung 90% air dan elektrolit seperti kalium. Hal inilah yang membuat semangka bisa menghidrasi tubuh.  

Semangka cocok dikonsumsi saat cuaca panas.    

7. Kesehatan otak dan sistem saraf    

Kolin dalam semangka berfungsi untuk menjaga kesehatan otak serta memperlambat perkembangan demensia pada penyakit Alzheimer.    

8. Nyeri otot    

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan tahun 2017, atlet minum setengah liter jus semangka dengan tambahan L-citrulline, 2 jam sebelum berlari setengah marathon.    

Hasilnya, mereka mengeluhkan lebih sedikit nyeri otot 24-72 jam setelah perlombaan.    

9. Menyehatkan kulit    

Semangka mengandung vitamin C yang dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan kolagen.   

Sekedar info, kolagen penting untuk menjaga kekebalan tubuh serta mempercepat penyembuhan luka.    

Selain itu, vitamin C dalam semangka bisa membantu meningkatkan kesehatan kulit.   

10. Menurunkan berat badan   

Mengutip dari NDTV, semangka efektif membantu menurunkan berat badan.   

Hal ini disebabkan, semangka merupakan buah yang rendah lemak, memiliki kalori rendah, dan bisa membantu mengurangi lemak serta membangun otot. 

Baca Juga: 4 Alasan Bunga Sepatu Bisa Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×