kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45994,16   -8,36   -0.83%
  • EMAS1.133.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menyambut Ramadhan, Berikut Menu Makan Sahur & Buka Puasa untuk Penderita Diabetes


Selasa, 21 Maret 2023 / 08:11 WIB
Menyambut Ramadhan, Berikut Menu Makan Sahur & Buka Puasa untuk Penderita Diabetes
ILUSTRASI. Menyambut Ramadhan, Berikut Menu Makan Sahur & Buka Puasa untuk Penderita Diabetes


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Siap-siap menyambut puasa Ramadhan 1444 H / 2023. Berikut daftar menu sahur dan buka puasa Ramadhan untuk penderita diabetes.

Kementerian Agama (Kemenag) telah menjadwalkan Sidang Isbat penentuan 1 Ramadhan 1444 H pada Rabu 22 Maret 2023. Organisasi keagamaan Muhammadiyah malah telah menetapkan 1 Ramadhan 1444 H pada 23 Maret 20023.

Lalu, apa menu sahur dan buka puasa yang tepat untuk penderita diabetes?

Menu sahur dan buka puasa Ramadhan penderita diabetes harus berbeda dengan orang sehat. Pasalnya, sejumlah bahan makanan mengandung indeks glikemik tinggi yang bisa menyebabkan gula darah naik.

Dilansir dari website resmi Kementerian Kesehatan, ada 3 hal yang perlu diperhatikan dalam membuat menu makanan penderita Diabetes. Aturan ini juga perlu diterapkan untuk membuat menu sahur dan buka puasa Ramadhan bagi penderita diabetes.

Baca Juga: Besok (22/3) Sidang Isbat 1 Ramadhan, Ini Contoh Twibbon & Ucapan Menyambut Ramadhan

Berikut aturan menu makan penderita diabetes:

1. Jumlah

Ukur kadar kalori yang masuk kedalam tubuh dengan batas maksimum 1500kkal/hari

2. Jenis

Utamakan makanan yang rendah kolesterol, tinggi serat namun rendah Glikemiks Indeks (GI). Hindari makanan yang mengandung gula serta karbohidrat.

3.  Jadwal jadwal makan adalah 3x sehari serta selingan 2x snack yang rendah GI untuk menjaga kestabilan gula darah. Standar yang diajukan adalah makanan dengan komposisi;

  •     Karbohidrat 60-70%
  •     Protein 10-15%
  •     Lemak 20-25%
  •     Jumlah kandungan kolesterol disarankan <300 mg/hari
  •     Jumlah kandungan serat 25 g/hari, diutamakan serat larut
  •     Pasien diabetes dengan hipertensi perlu mengurangi konsumsi garam.
  •     Pemanis buatan dapat dipakai secukupnya
  •     Jumlah kalori disesuaikan dengan pertumbuhan, status gizi, umur, ada tidaknya stres akut, dan kegiatan jasmani

Menu makan sahur dan buka puasa Ramadhan penderita diabetes

Dilansir dari Grid.id, berikut menu makan sahur dan buka puasa Ramadhan penderita diabetes:

1. Nasi Merah

Menu makan sahur dan buka puasa Ramadhan penderita diabetes yang pertama adalah nasi merah.

Nasi putih mengandung karbohidrat tinggi, namun juga menyimpan indeks glikemik tinggi. Indeks glikemik adalah nilai yang diberikan untuk suatu makanan berdasarkan seberapa cepat makanan tersebut meningkatkan kadar gula darah.

Oleh karena itu, makanan tinggi serat lebih baik untuk pasien diabetes karena dapat memperlambat proses pencernaan. Sehingga penyerapan nutrisi lebih lambat untuk membantu menjaga kadar gula darah lebih stabil. Contoh makanan serat tinggi yaitu nasi merah.

2.  Kurma

Menu makan sahur dan buka puasa Ramadhan penderita diabetes yang kedua adalah kurman. Tidak hanya menjadi hidangan favorit menu berbuka, kurma juga merupakan makanan berbuka yang aman untuk pasien diabetes.

Sebab, kandungan gula yang ada dalam kurma masih alami, sehingga aman untuk tubuh dan menahan lonjakan kadar gula dalam darah. Kurma baik dikonsumsi sebanyak beberapa butir saat berbuka disertai dengan teh hangat tanpa gula.

3. Ikan Laut

Menu makan sahur dan buka puasa Ramadhan penderita diabetes yang ketiga adalah ikan laut. Kandungan omega-3 dan lemak jenuh yang terkandung dalam ikan laut tidak akan mengakibatkan peningkatan kadar gula dalam darah.

Ada beragam jenis ikan laut yang mengandung omega-3, contohnya tuna, salmon, sarden, dan ikan kembung. Ikan-ikan tersebut dapat diolah menjadi beragam menu sahur dan berbuka yang sehat sekaligus lezat.

4. Buah-buahan

Menu makan sahur dan buka puasa Ramadhan penderita diabetes yang keempat adalah buah-buahan. Menikmati jus buah tanpa gula sebagai menu buka puasa merupakan pilihan yang sehat bagi pasien diabetes. Buah mengandung serat yang tinggi, sehingga dapat menimbulkan efek kenyang dan menghindarkan tubuh dari lemas selama puasa.

5. Sayur Brokoli

Menu makan sahur dan buka puasa Ramadhan penderita diabetes yang kelima adalah sayur brokoli. Brokoli dapat diolah dengan cara dikukus atau direbus dengan menambahkan tambahan bumbu yang kamu suka.

Dengan mengonsumsi sayur ini, maka kadar gula darah dapat menurun. Karena brokoli mengandung magnesium yang baik untuk menurunkan kadar gula darah.

Itulah daftar menu makan sahur dan buka puasa Ramadhan penderita diabetes. Selamat menyambut bulan suci Ramadhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×