kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ciri Kolesterol Tinggi Di Leher, Kaki, Mata, Hindari Makanan Penyebab Kolesterol


Rabu, 17 Mei 2023 / 07:32 WIB
Ciri Kolesterol Tinggi Di Leher, Kaki, Mata, Hindari Makanan Penyebab Kolesterol
ILUSTRASI. Ciri Kolesterol Tinggi Di Leher, Kaki, Mata, Hindari Makanan Penyebab Kolesterol


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ciri-ciri kolesterol tinggi bisa dilihat dari kondisi leher, mata, kaki dll. Untuk mencegah kolesterol tinggi, hindari makanan penyebab kolesterol berikut.

Ciri-ciri kolesterol tinggi di leher, kaki, mata dll perlu dikenali. Pasalnya, saat ini banyak anak muda yang memiliki kolesterol tinggi.

Mengenali ciri-ciri kolesterol tinggi di leher, kaki, mata dll penting untuk membantu pengobatan. Semakin cepat kolesterol tinggi diobati, semakin mudah diturunkan sehingga mengurangi risiko penyakit berbahaya.

Seperti diketahui terlalu banyak kolesterol dapat menyumbat pembuluh darah seseorang. Hal itu membuat seseorang lebih berisiko terkena masalah jantung atau stroke. 

Lalu, apa saja ciri-ciri kolesterol tinggi di leher, kaki, mata dll?

Dikutip dari Kompas.com, ada 9 ciri-ciri kolesterol tinggi di dalam tubuhnya. Ciri-ciri kolesterol tinggi bisa dilihat di leher, kaki, mata dll.

Baca Juga: Kolesterol Tinggi dan Gejalanya, Cek Cara Menurunkan Kolesterol Tanpa Obat

Berikut ciri-ciri kolesterol tinggi di leher, mata, kaki dll:

1. Pegal pada tengkuk leher

Ciri-ciri kolesterol tinggi di leher adalah pegal pada tengkuk. Kondisi ini dikaitkan dengan penumpukan plak di pembuluh darah pada area leher. Penumpukan plak ini dapat menghalangi aliran darah yang ada di leher menuju ke otak. 

2. Xanthomata 

Ciri-ciri lain dari kolesterol tinggi, yakni xanthomata atau penumpukan kolesterol yang terlihat dalam jaringan tubuh terutama di kulit dan urat. 
Seseorang yang mengalami xanthomata biasanya mengalami pembengkakan berbentuk bulat dan berwarna kekuningan. 

3. Nyeri di dada 

Tingginya kadar kolesterol berakibat memunculkan penumpukan plak pada pembuluh darah. Akibatnya, seseorang dengan kolesterol tinggi bisa mengalami gejala nyeri dada. 

Kondisi ini yang menjadi awal mula terjadinya sakit jantung atau serangan jantung sebagai komplikasi dari kolesterol tinggi.  

4. Xanthelasma 

Ciri-ciri kolesterol tinggi di mata adalah adanya xanthelasma. Xanthelasma adalah muncul bercak kuning di bawah kelopak mata. 

5. Mudah lelah 

Selanjutnya, ciri-ciri seseorang mengalami kolesterol tinggi yang umum terjadi adalah badan mudah lelah. Hal ini dipicu karena munculnya plak di pembuluh darah akibat kadar kolesterol tinggi, sehingga berkurangnya aliran darah ke jaringan tubuh dan menyebabkan kelelahan. 

6. Sering mengantuk 

Mengantuk juga salah satu dampak tidak langsung dari kolesterol tinggi dan adanya sumbatan pada pembuluh darah. Kondisi ini dikaitkan dengan kurangnya asupan aliran darah yang membawa oksigen ke otak.  

7. Perubahan warna kulit dan kuku 

Ciri-ciri kolesterol tinggi lainnya adlaah perubahan warna kulit dan kuku. Berkurangnya aliran darah menuju lengan dan kaki akibat penumpukan kolesterol bisa mengubah warna kulit pada kaki dan kuku. 

Perubahan warna ini terjadi karena sel-sel pada lengan dan kaki tidak mendapatkan pasokan oksigen dan nutrisi yang cukup dari darah. 

8. Luka yang sulit sembuh 

Luka di bagian lengan dan kaki yang sulit sembuh juga dapat menjadi salah satu tanda kolesterol tinggi. 

Hal tersebut lantaran aliran darah menuju lengan dan kaki yang terganggu sehingga jaringan tersebut kekurangan oksigen dan nutrisi. Umumnya, luka akan berubah warna menjadi kecoklatan dan kehitaman. 

9. Nyeri kaki 

Nyeri kaki juga termasuk salah satu ciri-ciri kolesterol tinggi di kaki. Penyebabnya, yakni rasa lelah dan penumpukkan plak kolesterol yang ada pada pembuluh darah arteri di kaki.  Hal ini menyebabkan aliran darah terhambat dan muncul rasa sakit atau nyeri pada bagian kaki. Kondisi ini juga bisa terjadi pada tangan.

Makanan penyebab kolesterol tinggi

Jika sudah merasakan ciri-ciri kolesterol tinggi di leher, kaki, mata dll, Anda wajib menjauhi makanan penyebab kolesterol tinggi. Ini untuk mencegah kadar kolesterol dalam tubuh semakin tinggi.

Dilansir dari Kompas.com, berikut makanan penyebab kolesterol tinggi yang jarang disadari:

1. Makanan dengan gula tambahan

Makanan penyebab kolesterol tinggi yang jarang disadari pertama adalah makanan dengan tambahan gula. Makanan tinggi gula apalagi dengan gula tambahan seperti sirup jagung atau fruktosa dikaitkan dengan kadar kolesterol baik (HDL) yang rendah.

American Heart Association merekomendasikan untuk mengonsumsi gula tambahan tidak lebih dari 100 kalori (6 sendok teh) per hari untuk wanita, dan 150 kalori (9 sendok teh) pada pria.

2. Mashed potato

Makanan penyebab kolesterol tinggi yang jarang disadari kedua adalah mashed potato. Pada hidangan ini, sebetulnya bukan kentang yang menjad penyebab kolesterol tinggi. Tetapi beberapa kandungan lain seperti butter atau mentega, krim, susu hingga krim keju yang digunakan.

Konsultan nutrisi Marisa Moore, RD, yang berbasis di Atlanta, bahan pembuat mashed potato bisa menambah kadar lemak jenuh sehingga penderita kolesterol perlu berhati-hati saat mengonsumsinya. Kata Marisa, akan lebih baik jika kita mengonsumsi kentang panggang yang ditaburi bumbu rempah atau saus salsa.

3. Pizza

Makanan penyebab kolesterol tinggi yang jarang disadari ketiga adalah pizza. Tidak banyak yang menyadari bahwa pizza juga termasuk makanan yang bisa memicu kolesterol tinggi. Makanan ini biasanya dibuat dengan sejumlah lemak tambahan seperti topping keju, mayones, taburan daging, topping daging olahan, hingga beberapa jenis saus yang tinggi garam.

4. Minyak kelapa

Makanan penyebab kolesterol tinggi yang jarang disadari keempat adalah minyak kelapa. Kelapa, minyak kelapa, minyak sawit hingga cocoa butter adalah jenis makanan nabati yang mengandung lemak jenuh.

Penderita kolesterol perlu berhati-hati sebelum mengonsumsi jenis minyak yang satu ini dengan membaca label pada kemasan. Setidaknya cara ini bisa membuat penderita kolesterol mengetahui dosis dari lemak jenuh yang terkandung pada produk minyak kelapa.

5. Kue kering

Makanan penyebab kolesterol tinggi yang jarang disadari kelima adalah kue kering. Berbagai kue kering seperti pie, cookies, kue dengan topping atau isian custart, hingga kue-kue isi dan topping keju juga termasuk makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi.

Sejumlah makanan tersebut biasanya dibuat dengan campuran tepung, mentega, butter, krim, keju dan susu yang dikenal akan kandungan lemak jenuhnya. Kata Moore, camilan ini sering tidak disadari yang faktanya bisa meningkatkan kadar kolesterol jika dikonsumsi berlebihan.

6. Popcorn

Makanan penyebab kolesterol tinggi yang jarang disadari keenam adalah popcorn. Mirip seperti kue kering, popcorn juga dibuat dengan cara dipanaskan dengan mentega dalam jumlah banyak, taburan garam hingga tambahan butter sebagai penambah rasa.

Popcorn sudah sebaiknya dihindari penderita kolesterol atau batasi jumlah konsumsinya agar tidak memicu kenaikan kadar kolesterol.

Itulah ciri-ciri kolesterol tinggi di leher, kaki, mata dll serta daftar makanan penyebab kolesterol tinggi yang jarang disadari. Rajinlah berolahraga untuk membantu menurunkan kolesterol tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×