kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45910,09   -9,42   -1.02%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ciri-Ciri Kolesterol Tinggi Di Kaki, Berapa Kadar Kolesterol Normal Pria & Wanita?


Selasa, 16 Mei 2023 / 04:50 WIB
Ciri-Ciri Kolesterol Tinggi Di Kaki, Berapa Kadar Kolesterol Normal Pria & Wanita?


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Kenali ciri-ciri kolesterol tinggi di kaki. Cek juga kadar kolesterol normal pria dan wanita.

Mengenali ciri-ciri kolesterol tinggi penting dipahami sejak dini. Pasalnya, saat ini banyak anak usia muda yang sudah memiliki kolesterol tinggi.

Ciri-ciri kolesterol tinggi bisa dilihat dari perubahan fisik seseorang. Salah satu ciri-ciri kolesterol tinggi bisa dilihat dari kondisi kaki.

Dilansir dari Kompas.tv, kolesterol tinggi menjadi salah satu silent killer atau pembunuh senyap karena bisa mengakibatkan penyakit serius, seperti sakit jantung hingga stroke.

Kolesterol tinggi juga sering kali tidak menunjukkan gejala hingga sudah pada tingkat yang berbahaya. Untuk itu, pengecekan kolesterol secara teratur dibutuhkan.

Namun, ada beberapa hal yang dapat diperhatikan terkait ciri-ciri kolesterol tinggi pada kaki. Pasalnya, kolesterol tinggi dapat memengaruhi tendon achilles kaki.

Baca Juga: Menurunkan Kolesterol Tinggi, Ini Manfaat Ikan Kembung yang Bergizi Tinggi

Ciri-ciri kolesterol tinggi di kaki

Melansir Times of India, berikut tiga ciri-ciri kolesterol tinggi di kaki:

1. Kram pada Malam Hari

Ciri-ciri kolesterol tinggi di kaki yang pertama adalah mengalami kram pada malam hari. Hal itu mengindikasikan adanya zat lilin yang merusak arteri tungkai bawah.

Umumnya, kram kaki akibat kolesterol tinggi dirasakan di sekitar tumit, kaki depan, dan jari kaki. Kram kaki pada malam hari dapat diredakan dengan cara menggantungkan kaki dari tempat tidur, duduk, atau mengalirkan darah ke bawah dengan bantuan gravitasi.

2. Kulit dan Kuku Berubah Warna

Ciri-ciri kolesterol tinggi di kaki yang kedua adalah kulit dan kuku berubah warna. Kolesterol tinggi yang memengaruhi aliran darah dapat mengubah warna kuku dan kulit pada kaki. Pasalnya, sel-sel tidak mendapatkan nutrisi dan oksigen yang cukup.

Saat tingkat kolesterol dalam tubuh tinggi, kulit pada kaki akan tampak kencang dan mengkilat, sementara kuku kaki menebal dan sulit tumbuh.

3. Kaki Terasa Dingin

Ciri-ciri kolesterol tinggi di kaki yang ketiga adalah kaki terasa tingin. Jika Anda merasakan kaki dingin meski cuaca cukup panas, bisa jadi itu merupakan gejala kolesterol tinggi. Gejala tersebut berkaitan dengan peripheral arterial disease (PAD) yang merupakan kondisi saat plak menumpuk di arteri.

Plat tersebut dapat terbentuk dari penumpukan lemak, kalsium, serat, dan kolesterol.

Kadar kolesterol normal pria dan wanita

Berapa kadar kolesterol normal pria dan wanita? Lalu apa saja obat kolesterol terbaik dari bahan alami?

Kadar kolesterol normal untuk pria dan wanita adalah hal penting yang perlu diketahui saat ini. Di tengah gaya hidup tidak sehat, banyak orang mengalami kolesterol tinggi.

Mengetahui kadar kolesterol normal penting agar bisa melakukan tindakan jika kolesterol berada di level tinggi. Kolesterol tinggi harus diturunkan untuk mencegah penyakit berbahaya seperti jantung.

Kadar kolesterol normal

Mengutip keterangan di website resmi Siloam Hospital, kadar kolesterol normal dapat dilihat berdasarkan jenis kelamin dan usia seseorang. Selain itu, kadar kolesterol normal juga bisa diukur berdasarkan jenis.

Kolesterol terbagi menjadi dua jenis, yaitu kolesterol jahat (LDL) dan kolesterol baik (HDL). HDL berfungsi mencegah terjadinya aterosklerosis (penyempitan pembuluh darah akibat lemak).

Baca Juga: Berapa Jumlah Kolesterol Di Telur? Cek Obat & Kadar Kolesterol Normal Wanita-Pria

Sebaliknya, LDL adalah kolesterol yang menjadi salah satu penyebab utama terjadinya aterosklerosis. Selain LDL dan HDL juga terdapat lemak dalam bentuk lain yang disebut trigliserida.

Nah, berikut kadar kolesterol normal berdasarkan masing-masing jenis di atas:

1. Kolesterol Baik (HDL)

Kolesterol baik pada tubuh berperan untuk melindungi Anda dari berbagai jenis penyakit jantung. Sehingga, semakin tinggi kadar HDL, maka akan semakin baik bagi kesehatan.

Kadar kolesterol normal untuk HDL yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung minimal 60 mg/dL. Dan apabila kadar HDL kurang dari 40 mg/dL tidak akan baik bagi jantung.

2. Kolesterol Jahat (LDL)

Sesuai dengan nama dan sifatnya, kolesterol jahat sebaiknya ada di tingkat rendah atau setidaknya dapat ditoleransi oleh tubuh Anda, yaitu kurang dari 100 mg/dL.

Apabila tubuh memiliki tingkat LDL lebih dari 100-129 mg/dL, maka dapat berisiko menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti ateroma, stroke, dan jantung.

3. Trigliserida

Selain LDL, tubuh juga dapat memproduksi lemak bernama trigliserida yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Sehingga, Anda disarankan menjaga kadar kolesterol normal pada trigliserida yaitu kurang dari 150 mg/dL.

Sementara, batas tinggi kadar trigliserida adalah 150-199 mg/dL, apabila kadarnya melebihi 200 mg/dL maka perlu diwaspadai.

4. Kolesterol Total

Kolesterol total adalah gabungan dari LDL, HDL, dan trigliserida per desiliter darah. Kondisi umum kadar kolesterol seseorang biasanya cukup dilihat dari kolesterol total dan HDL.

Apabila kadar kolesterol total kurang dari 200 mg/dL, maka masih di batas normal. Namun, jika sudah mencapai 200-239 mg/dL termasuk batas tinggi. Dan dikategorikan kolesterol tinggi bila lebih dari 240 mg/dL.

Kadar kolesterol normal seseorang tentunya berbeda-beda, tergantung dari apa yang dikonsumsi sehari-hari, atau bisa juga karena faktor keturunan. Sebelum melakukan tes kolesterol, Anda diharuskan berpuasa terlebih dahulu selama 9-12 jam.

Kadar kolesterol normal wanita dan pria

Berikut kadar kolesterol normal pada pria dan wanita berdasarkan usia

1. Kadar Kolesterol Normal Wanita Dibawah 19 Tahun

Kadar kolesterol normal wanita dibawah 19 tahun adalah kurang dari 170 mg/dL, dengan kadar LDL di bawah 110 mg/dL dan HDL di atas 45 mg/dL. Dikatakan kolesterol tinggi apabila kadarnya dalam darah mencapai lebih dari 200 mg/dL.

2. Kadar Kolesterol Normal Wanita Usia 20 Tahun dan Diatasnya

Kadar kolesterol normal wanita usia 20 tahun atau lebih adalah 125-200 mg/dL dengan jumlah LDL dibawah 100 mg/dL dan HDL di atas 40 mg/dL. Dikatakan kolesterol tinggi apabila kadarnya dalam darah mencapai lebih dari 239 mg/dL.

3. Kadar Kolesterol Normal pria Usia Dibawah 19 Tahun

Kadar kolesterol normal pria dibawah 19 tahun adalah kurang dari 170 mg/dL, dengan kadar LDL di bawah 110 mg/dL dan HDL di atas 45 mg/dL. Dikatakan kolesterol tinggi apabila kadarnya dalam darah mencapai lebih dari 200 mg/dL.

 4. Kadar Kolesterol Normal pria usia 20 Tahun dan Diatasnya

Kadar kolesterol normal pria usia 20 tahun atau lebih adalah 125-200 mg/dL dengan jumlah LDL dibawah 100 mg/dL dan HDL di atas 40 mg/dL. Dikatakan kolesterol tinggi apabila kadarnya dalam darah mencapai lebih dari 239 mg/dL.

Itulah ciri-ciri kolesterol tinggi di kaki dan kadar kolesterol normal pria dan wanita. Segera hubungi dokter jika kolesterol di atas normal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×