kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,35   -6,99   -0.75%
  • EMAS1.321.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Berapa Jumlah Kolesterol Di Telur? Cek Obat & Kadar Kolesterol Normal Wanita-Pria


Rabu, 11 Januari 2023 / 06:40 WIB
Berapa Jumlah Kolesterol Di Telur? Cek Obat & Kadar Kolesterol Normal Wanita-Pria
ILUSTRASI. Berapa Jumlah Kolesterol Di Telur? Cek Obat & Kadar Kolesterol Normal Wanita-Pria


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Apakah penderita kolesterol boleh makan telur? Berapa jumlah kolesterol di setiap telur? Berikut kadar kolesterol normal laki-laki dan wanita serta daftar obat kolesterol terbaik dari bahan alami yang penting untuk diketahui.

Banyak yang bilang bahwa jumlah kolesterol di setiap telur sangat tinggi. Oleh karena itu, ada persepsi bahwa penderita kolesterol tidak boleh makan telur.

Benarkah jumlah kolesterol di setiap telur sangat tinggi?

Dilansir dari Kompas.com, USDA menyatakan tiap 100 gram telur memiliki jumlah kolesterol yang tinggi, yaitu sebesar 372 mg/dL. Sementara, dalam satu butir telur ditaksir mengandung jumlah kolesterol sebesar 240 mg/dL.

Melihat banyaknya jumlah kandungan kolesterol pada telur, tak heran penderita hiperkolesterolemia ragu-ragu mengonsumsi makanan sumber protein hewani tersebut.

Baca Juga: Perlu Anda Waspadai, Ini Gejala jika Menderita Kolesterol Tinggi

Apakah penderita kolesterol boleh makan telur?

Telur memang tinggi kolesterol. Namun, menurut sebuah studi yang diterbitkan Nutrients pada 2018, asupan telur hanya memberi dampak minimal pada kolesterol orang yang sehat. Namun, orang yang memiliki kecenderungan peningkatan kolesterol dengan cepat, sebaiknya tetap waspada dalam mengonsumsi telur.

Eating Well menyatakan asupan telur yang berlebihan dapat memicu kenaikan HDL dan LDL. Jadi apakah penderita kolesterol boleh makan telur? Jawabannya adalah boleh, asal tidak berlebihan.

Batas konsumsi telur pada penderita kolesterol yaitu sekitar 4 butir per minggu. Namun, Anda mungkin perlu berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk mengetahui batas aman dalam konsumsi telur.

Selain itu, penderita kolesterol tinggi juga dapat mengonsumsi putih telurnya saja karena terbukti rendah kolesterol, dibandingkan dengan kuning telur.

Manfaat telur untuk kesehatan

Di samping tinggi kolesterol, telur juga memiliki beragam nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh manusia. Telur adalah sumber protein yang bagus untuk kesehatan.

Berikut macam-macam kandungan nutrisi pada telur yang berguna bagi tubuh:

  • Protein: telur mengandung 7 gram protein yang bermanfaat untuk mendukung pembentukan dan perbaikan semua fungsi sel tubuh manusia.
  • Vitamin D: menjaga kesehatan tulang dan gigi.
  • Biotin: bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit, mengontrol gula darah, dan membantu metabolisme protein, karbohidrat, dan lemak.
  • Lutein: menjaga kesehatan mata, termasuk mencegah katarak.
  • Kalium: berguna untuk menunjang kesehatan saraf dan otot, menyeimbangkan kadar natrium.

Telur memiliki beragam nutrisi, mulai dari protein hingga kalium yang sayang untuk kita lewatkan. Penderita kolesterol pun mungkin membutuhkan nutrisi yang terkandung pada telur untuk menjaga kesehatannya.

Namun, sebaiknya tetap berkonsultasi dahulu dengan dokter jika Anda memiliki kolesterol tinggi. Selain itu, pastikan Anda hanya mengonsumsi telur yang diolah secara sehat, seperti direbus atau dikukus.

Kadar kolesterol normal

Mengutip keterangan di website resmi Siloam Hospital, kadar kolesterol normal dapat dilihat berdasarkan jenis kelamin dan usia seseorang.

Berikut kadar kolesterol normal pada laki-laki dan wanita berdasarkan usia

1. Kadar Kolesterol Normal Wanita Dibawah 19 Tahun

Kadar kolesterol normal wanita dibawah 19 tahun adalah kurang dari 170 mg/dL, dengan kadar LDL di bawah 110 mg/dL dan HDL di atas 45 mg/dL. Dikatakan kolesterol tinggi apabila kadarnya dalam darah mencapai lebih dari 200 mg/dL.

2. Kadar Kolesterol Normal Wanita Usia 20 Tahun dan Diatasnya

Kadar kolesterol normal wanita usia 20 tahun atau lebih adalah 125-200 mg/dL dengan jumlah LDL dibawah 100 mg/dL dan HDL di atas 40 mg/dL. Dikatakan kolesterol tinggi apabila kadarnya dalam darah mencapai lebih dari 239 mg/dL.

3. Kadar Kolesterol Normal Laki-laki Usia Dibawah 19 Tahun

Kadar kolesterol normal laki-laki dibawah 19 tahun adalah kurang dari 170 mg/dL, dengan kadar LDL di bawah 110 mg/dL dan HDL di atas 45 mg/dL. Dikatakan kolesterol tinggi apabila kadarnya dalam darah mencapai lebih dari 200 mg/dL.

 4. Kadar Kolesterol Normal Laki-laki usia 20 Tahun dan Diatasnya

Kadar kolesterol normal laki-laki usia 20 tahun atau lebih adalah 125-200 mg/dL dengan jumlah LDL dibawah 100 mg/dL dan HDL di atas 40 mg/dL. Dikatakan kolesterol tinggi apabila kadarnya dalam darah mencapai lebih dari 239 mg/dL.

Obat kolesterol terbaik dari bahan alami

Selain nanas, sejumlah bahan alami bisa menjadi obat kolesterol terbaik untuk dicoba. Diberitakan Kontan.co.id sebelumnya, berikut obat kolesterol terbaik dari bahan alami:

1. Bawang putih

Obat kolesterol terbaik dari bahan alami yang pertama adalah bawang putih. Mengutip dari E Times, bawang putih mengandung senyawa yang bernama allicin. Senyawa itulah yang berfungsi untuk menurunkan jumlah kolesterol LDL atau kolesterol jahat yang berbahaya untuk kesehatan tubuh.

Cara yang perlu Anda lakukan sangat mudah. Cukup kunyah beberapa siung bawang putih mentah di pagi dan malam hari. Seiring berjalannya waktu, jumlah kolesterol Anda akan menurun sehingga kondisi kesehatan bisa tetap terjaga.

Baca Juga: 5 Manfaat rambut jagung untuk kesehatan: menurunkan darah tinggi sampai asam urat

2. Ketumbar

Obat kolesterol terbaik dari bahan alami yang kedua adalah ketumbar. Jika Anda mencari obat kolesterol alami, tidak ada salahnya untuk mencoba ketumbar. Jenis rempah itu mengandung banyak nutrisi yang mampu mengontrol jumlah kolesterol. Mulai dari antioksidan, vitamin A, hingga vitamin C.

Anda perlu merebus 2 sdt ketumbar dalam air selama dua menit terlebih dahulu. Selanjutnya, saring dan minum air rebusan itu. Untuk mendapat hasil yang maksimal, Anda perlu minum air rebusan itu secara rutin.

3. Kunyit

Obat kolesterol terbaik dari bahan alami yang ketiga adalah kunyit. E Times merekomendasikan kunyit untuk menurunkan jumlah kolesterol dalam tubuh. Anda hanya perlu minum segelas air yang sudah dicampur dengan ½ sdt bubuk kunyit di pagi hari.

Nantinya, jumlah kolesterol akan berkurang sehingga risiko penyumbatan darah dan penyakit jantung bisa berkurang.

4. Cuka apel

Obat kolesterol terbaik dari bahan alami yang keempat adalah cuka apel. Cuka apel termasuk salah satu obat kolesterol yang cukup efektif. Cobalah untuk mengonsumsi segelas air hangat yang dicampur dengan 1 sdm cuka apel setiap hari. Seiring berjalannya waktu, jumlah kolesterol akan turun dan menjadi lebih stabil.

Itulah jumlajh kolesterol di setiap telur dan kadar kolesterol normal wanita dan laki-laki serta bahan alami lain yang bisa menjadi obat kolesterol. Obat kolesterol alami ini adalah obat alternatif yang tidak bisa menggantikan obat dokter. Hubungi dokter jika sakit berlanjut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×