kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ciri Kolesterol Tinggi Di Leher, Cek Makanan Tidak Boleh Dimakan Penderita Kolesterol


Selasa, 01 Agustus 2023 / 11:09 WIB
Ciri Kolesterol Tinggi Di Leher, Cek Makanan Tidak Boleh Dimakan Penderita Kolesterol
ILUSTRASI. Ciri Kolesterol Tinggi Di Leher, Cek Makanan Tidak Boleh Dimakan Penderita Kolesterol


Sumber: Sonora.id,KONTAN.co.id | Editor: Adi Wikanto

Ciri-Ciri Kolesterol Tinggi Di Leher - Kenali ciri-ciri kolesterol tinggi di leher. Selain itu, cek juga daftar makanan yang tidak boleh dimakan penderita kolesterol tinggi.

Ciri-ciri kolesterol tinggi di leher penting untuk dikenali. Dengan demikian, jika mengetahui ciri kolesterol tinggi tersebut, Anda bisa langsung berusaha menurunkannya.

Ciri-ciri kolesterol tinggi di leher hampir sama dengan penyakit lain. Namun ada perbedaaan ciri kolesterol tinggi dibandingkan penyakit lain.

Dilansir dari Sonora.id, kolesterol tinggi umumnya tidak memiliki gejala atau tanda pasti yang terjadi pada tubuh penderita. Tapi, kadar kolesterol berlebih yang telah membentuk plak dan menyempitkan pembuluh darah akan memicu beberapa gejala sesuai penyakit yang kemungkinan diidap.

Menurut Kementerian Kesehatan, kolesterol tinggi dapat menyebabkan plak, sehingga rongga pembuluh darah menyempit dan aliran darah menjadi terhambat.

Kondisi ini meningkatkan risiko berbagai masalah kesehatan termasuk penyakit jantung dan stroke, serta menimbulkan gejala penyakit mirip gangguan kesehatan tersebut.

Baca Juga: Waspada! Ini Sederet Gejala Kolesterol Tinggi yang Wajib Anda Ketahui

Ciri kolesterol tinggi di leher

Salah satu tanda yang sering dialami dan diklaim sebagai tanda kolesterol tinggi adalah nyeri di belakang leher. Dikutip dari laman Medicover Hospitals, nyeri leher belakang dapat menjadi salah satu ciri-ciri kadar kolesterol tinggi.

Apalagi, saat nyeri tersebut bermula dari rasa nyeri di area dada sebelah kiri yang menjalar hingga ke leher. Kondisi ini menunjukkan bahwa tubuh mengalami penyumbatan pembuluh darah akibat kolesterol terlalu tinggi sehingga berimbas pada jantung.

Adapun sebenarnya, gejala nyeri dada sebelah kiri hingga ke leher ini menjadi tanda serangan jantung. Selain itu, tanda kolesterol tinggi turut meliputi rasa sakit di leher, rahang, perut bagian atas, atau punggung.

Dilansir dari Healthline, kondisi tersebut menandakan keberadaan plak pada arteri utama yang memasok darah ke jantung. Imbasnya, arteri utama akan menyempit dan memicu gejala penyakit arteri koroner atau jantung koroner.

Selain rasa sakit di leher dan bagian tubuh lain, jantung koroner umumnya memiliki gejala berupa:

  •     Angina atau nyeri dada
  •     Mual
  •     Kelelahan
  •     Sesak napas.

Bukan cuma rasa nyeri, bagian belakang leher atau tengkuk dan pundak penderita kolesterol tinggi juga dapat merasakan pegal.

Penyebab pegal pada tengkuk dan pundak ini tak lain kurangnya suplai oksigen akibat penumpukan kolesterol di pembuluh darah.   

Ciri-ciri kolesterol lain

Imbas kadar kolesterol tinggi turut menyerang bagian tubuh lain, termasuk tangan dan kaki. Masih dari Medicover Hospitals, nyeri pada kaki dan tangan bisa jadi merupakan gejala kolesterol.

Hal tersebut lantaran penumpukan plak kolesterol akan menyumbat pembuluh darah di area kaki dan tangan. Bahkan, kondisi tak terduga seperti kesemutan pada kaki, tangan, atau bagian tubuh tertentu juga merupakan salah satu gejala aliran darah tidak lancar.

Kesemutan pertanda ada syaraf yang tidak mendapatkan darah secara optimal. Adapun penyebab tidak lancarnya aliran darah, salah satunya karena tumpukan plak.

Makanan yang tidak boleh dimakan penderita kolesterol

Anda perlu mewaspadai beberapa jenis makanan dan minuman yang tergolong dalam pantangan kolesterol. Tujuannya, supaya jumlah kolesterol dalam tubuh Anda tetap terkontrol.

Jika jumlahnya terlalu banyak, ada banyak jenis penyakit yang Anda alami. Jumlah kolesterol berlebih dalam tubuh akan menyumbat aliran darah sehingga aliran darah pun terganggu.

Saat hal itu terjadi, tekanan darah Anda bisa meningkat. Akibatnya, risiko Anda mengalami penyakit jantung, stroke, dan jenis penyakit lain pun lebih tinggi.

Tentu, Anda tidak ingin mengalami hal itu, kan? Maka dari itu, penting bagi Anda untuk memerhatikan makanan apa saja yang Anda konsumsi sehari-hari.

Usahakan untuk membatasi atau tidak mengonsumsi makanan yang tidak boleh dimakan penderita kolesterol tinggi. Diberitakan Kontan.co.id sebelumnya, berikut daftar makanan yang tidak boleh dimakan penderita kolesterol tinggi:

Jeroan

Makanan yang tidak boleh dimakan penderita kolesterol tinggi adalah jeroan. Jeroan, seperti hati, memang berguna untuk tubuh karena mengandung banyak zat besi. Sayangnya, jenis makanan itu juga memiliki banyak kolesterol sehingga tak baik untuk Anda konsumsi terlalu sering. Alih-alih mengonsumsi jeroan, pilihlah sumber zat besi lain yang lebih sehat.

Kerang

Kerang juga termasuk makanan yang tidak boleh dimakan penderita kolesterol tinggi. Melansir The Street, kerang termasuk salah satu jenis makanan yang sebaiknya tak dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi. Apalagi, jika Anda menderita penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Burger

Makanan yang tidak boleh dimakan penderita kolesterol tinggi selanjutnya adalah burger. Apalagi jika isi burger semakin beraneka ragam. Dibanding burger, cobalah untuk mengonsumsi makanan lain yang lebih sehat. Misalnya, roti gandum dan salad.

Kentang goreng

Selain burger, kentang goreng jadi makanan cepat saji lainnya yang perlu Anda hindari jika ingin mengontrol jumlah kolesterol. Sebenarnya, kentang tidak mengandung banyak kolesterol.

Tapi, cara pengolahan kentang gorenglah yang membuat jenis makanan itu tak baik untuk kesehatan tubuh Anda.

Es krim

Makanan yang tidak boleh dimakan penderita kolesterol tinggi lainnya adalah es krim. Mengutip dari The Street, jenis makanan manis itu memiliki lebih banyak kalori dibandingkan dengan burger atau donat.

Daging merah

Makanan yang tidak boleh dimakan penderita kolesterol tinggi selanjutnya adalah daging merah. Bagi penderita kolesterol tinggi, sebaiknya waspadai konsumsi daging merah, seperti daging kambing, daging babi, atau daging sapi.

Cobalah mengganti daging merah dengan makanan lain yang lebih sehat. Misalnya, daging ayam, ikan salmon, protein nabati.

Itulah ciri-ciri kolesterol tinggi di leher dan daftar makanan yang tidak boleh dimakan penderita kolesterol tinggi. Segera hubungi dokter jika kolesterol tinggi tak kunjung turun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×