kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,35   -6,99   -0.75%
  • EMAS1.321.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cek, Ini 9 Manfaat Kopi Hitam untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya


Sabtu, 25 Maret 2023 / 09:20 WIB
Cek, Ini 9 Manfaat Kopi Hitam untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Kopi menjadi salah satu minuman yang digemari oleh banyak orang karena dianggap bisa menaikkan mood saat beraktivitas. Ternyata, menurut beberapa penelitian ada banyak manfaat kopi bagi kesehatan tubuh, terutama manfaat kopi hitam. 

Kopi hitam adalah racikan kopi tanpa dicampuri susu, krimer, maupun gula sehingga rendah kalori. Biji kopi mengandung polifenol, sejenis antioksidan.

Antioksidan dapat membantu membersihkan tubuh dari radikal bebas, yang bersifat racun dan dapat menyebabkan peradangan. Nah, beberapa manfaat kopi hitam bagi kesehatan di antaranya adalah menurunkan risiko kanker hati, diabetes tipe 2, dan gagal jantung. 

Baca Juga: 5 Bahan Makanan yang Dapat Gantikan Fungsi Baking Soda dalam Memasak

Manfaat kopi hitam tersebut didapatkan lantaran mengandung nutrisi yang bermanfaat, termasuk riboflavin (vitamin B-2), niacin (vitamin B-3), magnesium, potasium, dan berbagai senyawa fenolik, atau antioksidan.

Lantas, apa saja manfaat kopi hitam untuk kesehatan tubuh?

Baca Juga: Serba 12, Chigo & Flip Luncurkan Menu KrunChi Fried Chicken 12 Bumbu Spesial

Manfaat kopi hitam untuk kesehatan 

Manfaat kopi hitam yakni dapat membantu melindungi terhadap diabetes tipe 2.

Dirangkum dari laman Medical News Today dan House of Arabica, berikut manfaat kopi hitam untuk kesehatan: 

1. Manfaat kopi hitam untuk diabetes 

Manfaat kopi hitam yakni dapat membantu melindungi terhadap diabetes tipe 2. Studi menemukan terdapat hubungan antara peradangan dan berbagai aspek sindrom metabolik, termasuk diabetes tipe 2 dan obesitas. 

Sebuah studi pada 2017 menyimpulkan bahwa orang yang minum empat hingga enam cangkir kopi berkafein atau tanpa kafein setiap hari memiliki risiko sindrom metabolik yang lebih rendah, termasuk diabetes tipe 2.

Baca Juga: Ketahui 4 Manfaat Masker Kopi untuk Wajah, Atasi Peradangan dan Penuaan

2. Manfaat kopi hitam dan penyakit Parkinson

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa kafein, yang ada dalam kopi dan banyak minuman lainnya, dapat membantu melindungi tubuh terhadap penyakit Parkinson.

Manfaat kopi hitam tersebut disimpulkan dari penelitian yang menyatakan bahwa pria yang minum lebih dari empat cangkir kopi per hari mungkin memiliki risiko Parkinson lima kali lebih rendah daripada mereka yang tidak.

Selain itu, menurut studi pada 2012, kafein dalam kopi hitam dapat membantu mengontrol gerakan pada orang dengan Parkinson. Selain itu, bahwa seseorang yang minum kopi kemungkinan kecil mengalami depresi dan kondisi kognitif seperti Alzheimer.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Sarapan untuk Membuat Kulit Awet Muda, Awali dengan Minum Air Putih

3. Manfaat kopi hitam dan kanker hati

Sebuah penelitian menemukan bahwa konsumsi kopi menurunkan risiko kanker hati sekitar 40%. Beberapa hasil menunjukkan bahwa orang yang minum tiga cangkir per hari mungkin memiliki risiko 50% lebih rendah menderita kanker hati.

Sehingga, manfaat kopi hitam bisa membantu seseorang terkena kanker hati.  

Baca Juga: Punya Karakter Rasa Berbeda, Ini 5 Jenis Susu yang Cocok Dipadukan Bersama Kopi

4. Manfaat kopi hitam dan penyakit liver

Selanjutnya, manfaat kopi hitam yakni dapat mengurangi risiko kanker hati, penyakit hati, dan sirosis. Orang yang mengonsumsi kopi hitam mungkin juga memiliki risiko penyakit batu empedu yang lebih rendah.

Baca Juga: Daftar 11 Jus Penurun Kolesterol Paling Cepat dan Mudah Didapat

Manfaat kopi hitam yakni mengaktifkan neurotransmitters yang ada di dalam otak.

5. Manfaat kopi hitam dan kesehatan jantung

Selain itu, salah satu manfaat kopi hitam adalah dapat melindungi tubuh dari risiko gagal jantung. Sebuah penelitian pada 2012 menyimpulkan bahwa minum kopi dalam jumlah sedang, atau mengonsumsi sekitar dua porsi 8 ons kopi per hari dapat melindungi dari gagal jantung.

Orang yang minum kopi dalam jumlah sedang setiap hari memiliki risiko gagal jantung 11% lebih rendah daripada mereka yang tidak.

Baca Juga: 7 Jenis Beras di Seluruh Dunia, Punya Warna dan Bentuk yang Unik

6. Manfaat kopi hitam meningkatkan fokus dan kewaspadaan

Manfaat kopi hitam yakni mengaktifkan neurotransmitters yang ada di dalam otak. Sebab, kafein menstimulasi jantung dan metabolisme tubuh peminumnya. 

Hal ini membuat fokus otak akan semakin meningkat. Otomatis, kewaspadaan juga akan lebih baik.

Baca Juga: Selain Ditambah Susu, Ini Cara Minum Kopi agar Tak Memicu Asam Lambung Naik

7. Manfaat kopi hitam untuk membersihkan perut 

Minum kopi hitam tanpa gula dapat menghilangkan bakteri dan toksin dari dalam perut. Bakteri dan toksin ini akan dikeluarkan lewat urin ketika seseorang buang air kecil. 

Kopi hitam juga membantu menghentikan pertumbuhan parasit jahat yang bisa menimbulkan masalah kesehatan perut.

Baca Juga: 3 Alasan Minum Kopi Bisa Memicu Munculnya Jerawat Baru

8. Manfaat kopi hitam untuk menurunkan berat badan 

Selanjutnya, manfaat kopi hitam juga bisa meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga baik untuk dikonsumsi sebelum atau setelah berolahraga. 

Kopi hitam juga bisa membantu membakar lemak sehingga membantu menurunkan berat badan.

Baca Juga: Minum Kopi Bikin Berat Badan Turun atau Naik?

9. Manfaat kopi hitam untuk meningkatkan daya ingat 

Para peneliti menyampaikan penemuan, bahwa mereka yang manfaat minum kopi hitam tanpa gula setiap harinya memiliki memori yang lebih baik.

Salah satunya dalam studi melalui permainan yang melibatkan ingatan, peminum kopi hitam muncul sebagai pemenangnya dengan hasil ingatan yang lebih baik.

Baca Juga: 15 Cara Atasi Asam Lambung Tinggi Agar Tidak Tambah Parah, Tanpa Minum Obat

Risiko minum kopi dan kafein

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa wanita yang minum banyak kopi mungkin memiliki risiko patah tulang yang lebih tinggi.

Meski ada sejumlah manfaat kopi hitam untuk kesehatan, namun tetap ada risiko jika mengonsumsinya terlalu banyak. Berikut beberapa risiko minum kopi terlalu banyak:

1. Patah tulang

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa wanita yang minum banyak kopi mungkin memiliki risiko patah tulang yang lebih tinggi. Sementara, pria dengan asupan kopi yang lebih tinggi, di sisi lain, tampaknya memiliki risiko yang sedikit lebih rendah.

Baca Juga: Minum Kopi Krim Setiap Hari Baik atau Buruk untuk Kesehatan?

2. Kehamilan

Para peneliti menambahkan bahwa konsumsi kopi mungkin tidak aman selama kehamilan. Faktanya, ada beberapa bukti yang menunjukkan hubungan antara konsumsi kopi yang tinggi dengan keguguran, berat badan lahir rendah, dan kelahiran prematur.

Baca Juga: Kopi Susu Bikin Jerawat Baru Muncul, Ini Cara Minum Kopi agar Tidak Memicu Jerawat

3. Endometriosis

Endometriosis adalah suatu gangguan pada jaringan yang biasanya melapisi rahim tumbuh di luar rahim.

Perempuan yang rutin mengonsumsi kopi kemungkinan memiliki risiko lebih tinggi mengidap endometriosis. Tetapi tidak ada cukup bukti untuk mengonfirmasi hubungan tersebut.

Baca Juga: Berkalori Tinggi, Ini 7 Makanan Pantangan saat Diet Menurunkan Berat Badan

4. Penyakit refluks gastroesofagus

Orang yang minum kopi secara berlebihan kemungkinan memiliki risiko lebih tinggi menderita penyakit refluks gastroesofagus.

5. Gangguan kecemasan

Mengonsumsi kafein dalam jumlah tinggi dapat meningkatkan risiko kecemasan, terutama di antara orang-orang dengan gangguan panik atau gangguan kecemasan sosial. Lebih jarang, itu dapat memicu mania dan psikosis pada mereka yang rentan.

Baca Juga: Tidak Perlu Ke Dokter, Ini Obat Alami yang Bisa Meredakan Migrain

6. Kesehatan mental

Salah satu penelitian dari 2016 menyimpulkan bahwa asupan kafein yang tinggi selama masa remaja dapat menyebabkan perubahan permanen di otak.

Nah, itulah sejumlah risiko dan manfaat kopi hitam untuk kesehatan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×