kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

11 Manfaat Kopi untuk Kesehatan, Bisa Turunkan Risiko Diabetes Tipe 2


Rabu, 01 Maret 2023 / 09:51 WIB
11 Manfaat Kopi untuk Kesehatan, Bisa Turunkan Risiko Diabetes Tipe 2
ILUSTRASI. Secangkir kopi dapat memberi energi dan bisa membuat Anda tetap fokus untuk melakukan pekerjaan.


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Minuman kopi banyak digemari banyak kalangan. Sebut saja mulai remaja hingga orang tua. 

Secangkir kopi dapat memberi energi dan bisa membuat Anda tetap fokus untuk melakukan pekerjaan. Selain itu, kopi juga banyak dikaitkan dengan bebagai manfaat kesehatan potensial, mulai dari manajemen berat badan hingga kesehatan jantung. 

Lantas, apa saja manfaat kopi bagi kesehatan tubuh? 

11 Manfaat kopi bagi kesehatan tubuh 

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari secangkir kopi yang dikonsumsi setiap hari. Berikut di antaranya: 

1. Meningkatkan stabilitas dan keseimbangan 

Kopi bisa bermanfaat untuk menstabilkan kesehatan mental Anda. Misalnya, kafein dapat membantu Anda agar tetap tenang saat merasa cemas atau stres. Selain itu, kafein juga dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi yang berguna saat melakukan studi atau pekerjaan. 

2. Meningkatkan fungsi otak 

Kopi mengandung antioksidan dan nutrisi lain yang dikaitkan dengan peningkatan fungsi otak. Penelitian telah menemukan bahwa minum kopi setiap hari dapat membantu melindungi otak dari penurunan terkait usia. 

Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa kafein dapat membantu meningkatkan rentang perhatian dan konsentrasi. Dengan kata lain, kopi bisa membantu Anda fokus dan tetap waspada. 

Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa kopi dapat meningkatkan memori jangka pendek dan mencegah penurunan kognitif. 

Namun, studi skala besar yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa kopi sebenarnya bisa memperlambat proses mental.

Baca Juga: Cara Mencegah Pradiabetes Berubah Menjadi Diabetes, Jangan Anggap Sepele

3. Mengurangi risiko penyakit alzheimer dan parkinson 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kopi dapat membantu melindungi terhadap beberapa gangguan neurodegeneratif tertentu, termasuk penyakit alzheimer dan parkinson. 

Menurut sebuah ulasan dari 13 penelitian, orang yang secara teratur mengonsumsi kafein memiliki risiko lebih rendah terkena parkinson. Terlebih lagi, konsumsi kafein juga memperlambat perkembangan penyakit parkinson dari waktu ke waktu. 

Tinjauan lain dari 11 studi observasional pada lebih dari 29.000 orang juga menemukan bahwa semakin banyak orang mengonsumsi kopi, maka semakin rendah risiko penyakit alzheimer. 

Selain itu, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi kopi dalam jumlah sedang dapat dikaitkan dengan risiko demensia dan penurunan kognitif yang lebih rendah. 

4. Penurunan risiko depresi 

Beberapa penelitian menemukan bahwa minum kopi dapat dikaitkan dengan risiko depresi yang lebih rendah. Menurut satu ulasan dari tujuh penelitian, setiap cangkir kopi yang dikonsumsi orang per hari dikaitkan dengan risiko depresi 8 persen lebih rendah. 

Terlebih lagi, satu penelitian pada lebih dari 200.000 orang menunjukkan bahwa minum kopi dikaitkan dengan penurunan risiko kematian akibat bunuh diri. 

Baca Juga: Ada Dampak Negatif, Ini Jumlah Maksimal Makan Telur dalam Sehari




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×