kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45891,58   -16,96   -1.87%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cara Mencegah Pradiabetes Berubah Menjadi Diabetes, Jangan Anggap Sepele


Rabu, 01 Maret 2023 / 09:32 WIB
Cara Mencegah Pradiabetes Berubah Menjadi Diabetes, Jangan Anggap Sepele
ILUSTRASI. Pradiabetes adalah kondisi dimana kadar gula dalam darah lebih tinggi dari kisaran normal.


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID -  Beberapa waktu belakangan, kita kerap mendengar istilah pradiabetes. Pradiabetes adalah kondisi dimana kadar gula dalam darah lebih tinggi dari kisaran normal. 

Pada kondisi pradiabetes tersebut, risiko seseorang terkena diabetes tipe 2 semakin meningkat. Jika diabetes tipe 2 tidak bisa disembuhkan, namun masih ada cara untuk menyembuhkan pradiabetes. 

Apa itu pradiabetes? 

Diabetes adalah kondisi dimana kadar gula darah seseorang secara konsisten terlalu tinggi. Seseorang dengan pradiabetes memiliki kadar gula darah lebih tinggi dari biasanya, tetapi kadarnya tidak setinggi penderita diabetes. 

Biasanya, sistem pencernaan seseorang memecah makanan untuk menghasilkan glukosa, yang masuk ke aliran darah. Hormon yang disebut insulin membantu sel mengambil glukosa dan menggunakannya untuk energi. 

Namun pada penderita diabetes, proses tersebut tidak bisa berjalan lancar. Akhirnya, gula akan menumpuk dala darah. Pada penderita diabetes tipe 1, sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel di pankreas yang membuat insulin. 

Baca Juga: Ini Dampak Bahaya Asam Lambung atau GERD Terhadap Mata, Banyak yang Tidak Sadar

Tanpa insulin, glukosa tetap berada dalam darah, menyebabkan gula darah tinggi. Baca juga: Penanggulangan Preeklamsia secara Autofagi Sementara pada penderita diabetes tipe 2, sel berhenti merespons insulin, yang mempengaruhi kemampuan mereka untuk mengambil glukosa dari darah. 

Hal ini dikenal sebagai resistensi insulin. Nah, pada pendertia diabetes, sel tubuh menjadi lebih resisten terhadap insulin atau tubuh mulai memproduksi lebih sedikit insulin. Hal ini membuat kadar gula darah meningkat, tetapi tidak sebanyak pada diabetes tipe 2. 

Pradiabetes meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke, serta risiko terkena diabetes tipe 2. 

Bisakah diabetes disembuhkan? 

Jika seseorang memiliki diabetes tipe 1, mereka membutuhkan suntikan insulin setiap hari untuk mengelola penyakitnya. Para ilmuwan belum menemukan cara untuk menyembuhkan atau membalikkan diabetes tipe 1. 

Seseorang dengan diabetes tipe 2 hanya bisa mengelola gejala dengan menurunkan berat badan. Namun, penyakit diabetes tipe 2 masih bisa kembali jika pengelolaan gejala tidak tepat. 

Untuk seseorang dengan pradiabetes, langkah-langkah seperti menurunkan berat badan dan berolahraga secara teratur dapat membantu membalikkan resistensi insulin. 

Baca Juga: Kolesterol Kumat Langsung Tak Berkutik dengan 7 Obat Herbal Ini, Sudah Tahu?




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×