kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cek 7 Makanan Sehat Penambah Berat Badan Tanpa Lemak Jenuh


Minggu, 15 Oktober 2023 / 09:10 WIB
Cek 7 Makanan Sehat Penambah Berat Badan Tanpa Lemak Jenuh
ILUSTRASI. Cek 7 Makanan Sehat Penambah Berat Badan Tanpa Lemak Jenuh (Dok/take me fishing)


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Periksa pilihan makanan sehat penambah berat badan. Bagi seseorang tentu ingin memiliki berat badan yang ideal saat kondisi fisik belum menyimpan banyak lemak dan otot.

Makanan penambah berat badan adalah jenis makanan yang dirancang untuk membantu individu yang memiliki masalah kekurangan berat badan atau ingin meningkatkan massa tubuh.

Tujuan dari makanan penambah berat badan adalah untuk memberikan lebih banyak kalori, nutrisi, dan energi kepada tubuh sehingga berat badan dapat naik dengan sehat dan berimbang.

Ini sering menjadi fokus bagi seseorang yang memiliki metabolisme cepat, kesulitan untuk mendapatkan berat badan, atau ingin membangun otot.

Makanan penambah berat badan biasanya kaya akan kalori, protein, lemak sehat, dan karbohidrat kompleks.

Baca Juga: Ini 7 Makanan yang Memperburuk Batuk Sehingga Wajib Dihindari

Makanan penambah berat badan


Pisang

Berikut beberapa contoh makanan yang sering dianggap sebagai makanan penambah berat badan:

  • Makanan Kaya Protein: Protein diperlukan untuk membangun dan memperbaiki jaringan otot. Contohnya adalah daging tanpa lemak, ayam, ikan, telur, produk susu, dan tahu/tempe.
  • Karbohidrat Kompleks: Karbohidrat adalah sumber energi utama dan membantu mengisi cadangan glikogen di otot dan hati. Beras merah, roti gandum utuh, oatmeal, dan pasta gandum utuh adalah beberapa pilihan yang baik.
  • Lemak Sehat: Lemak sehat seperti lemak alpukat, kacang-kacangan, minyak zaitun, dan kacang-kacangan bantu menambah kalori secara sehat.
  • Kacang-kacangan dan Biji-bijian: Kacang-kacangan dan biji-bijian kaya akan kalori, protein, dan lemak sehat sehingga bisa dijadikan camilan yang bergizi.
  • Tinggi Kalori: Pilih beberapa minuman yang tinggi kalori dan lemak seperti smoothie dan susu tinggi lemak dengan dibarengi olahraga.

Untuk itu, Anda perlu mengetahui beberapa daftar makanan untuk menambah berat badan yang sehat dan bergizi. Cek makanan sehat untuk menambah berat badan yang mudah dijumpai dilansir dari Style Craze.

Baca Juga: 9 Penyebab Penyakit Jantung yang Perlu Diwaspadai, Gejala, dan Cara Mencegahnya

1. Selai Kacang

Selai kacang dianggap sebagai salah satu makanan terbaik untuk menambah berat badan. Dua sendok makan selai kacang mengandung 191 kalori, 7 gram protein, 16 gram lemak, dan 7 gram karbohidrat,

Kacang tanah kaya akan protein dan mengandung 20 asam amino yang memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membangun stamina

Dengan konsumsi selai kacang jenis apa pun setiap hari sebagai camilan atau dengan irisan buah tidak menyebabkan penambahan berat badan yang signifikan. Namun, konsumsi rutinnya dapat memberi Anda kontrol berat badan yang lebih baik.

2. Buah Pisang

Pisang sarat dengan serat makanan, potasium, protein, vitamin A, vitamin C, folat, dan lemak sehat.

Satu buah pisang berukuran sedang (118 g) menyediakan 105 kalori energi dan 27 gram karbohidrat. Sebuah penelitian yang dilakukan pada pengendara sepeda pria menunjukkan bahwa konsumsi pisang membantu meningkatkan tingkat energi.

Anda dapat mengonsumsi pisang dengan secangkir susu dan beberapa kacang untuk sarapan yang kaya energi atau membuat smoothie dengan bahan yang sama dan meminumnya sebelum berolah-raga.

3. Produk Keju

Keju adalah produk susu kaya kalori yang menjadi makanan pokok yang diproses dalam berbagai bentuk. Keju cheddar sarat dengan protein dan kalsium yang tentu akan sehat dan bermanfaat untuk menambah berat badan dan massa otot.

Sebagai catatan ini akan berlaku untuk keju feta, mozzarella, ricotta, parmesan, dan cottage. Dengan demikian, makan keju dapat membantu untuk mendapatkan otot tanpa lemak dan memperkuat tulang.

4. Daging merah

Protein hewani adalah salah satu sumber protein terbaik dan juga salah satu makanan berkalori tinggi terbaik untuk menambah berat badan.

Daging yang berlapis lemak dan masih memiliki kulit adalah salah satu pilihan terbaik jika ingin menambah berat badan tanpa mempengaruhi kesehatan.

Jenis daging ini berperan penting dalam diet bergizi karena mengandung asam lemak yang bermanfaat.

5. Ikan Salmon

Salmon dan ikan berminyak lainnya merupakan sumber protein yang baik, yang membantu meningkatkan massa otot dan membantu penambahan berat badan.

100 gram salmon memberikan 142 kkal energi bersama dengan 20 gram protein dan 6 gram lemak.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Korea menemukan bahwa mengonsumsi ikan dengan sayuran dapat membantu meningkatkan massa otot.

Konsumsilah 1-2 potong ikan per hari dengan sayuran hijau dan kacang-kacangan untuk menambah berat badan atau otot tanpa lemak dengan cepat. 

6. Smoothies

Smoothies protein akan bernutrisi dan tidak mengandung pemanis buatan dan penambah rasa. Anda dapat menyantapnya untuk sarapan, makan siang, makan malam, atau sebagai makanan sebelum atau sesudah latihan .

Penelitian telah menemukan bahwa mengonsumsi suplemen protein dengan pelatihan ketahanan membantu membangun massa otot dan, dengan demikian, menambah berat badan semakin mudah.

7. Buah Kering

Buah-buahan kering seperti kelapa kering dan kismis sarat dengan kalori, karbohidrat, dan lemak sehat. Konsumsilah segenggam buah-buahan kering sebagai camilan sebelum atau sesudah berolahraga atau tambahkan ke smoothies dan mangkuk sarapan.

Kurma adalah makanan yang cepat mengenyangkan dan memberi energi. Satu kurma diadu (24 gram) menyediakan 67 kkal energi dan 18 gram karbohidrat dengan vitamin dan mineral.

Kurma segar sarat dengan gula sederhana, yang mengisi kembali energi dan merevitalisasi tubuh.

Itulah sederet informasi terkait makanan sehat penambah berat badan yang wajib Anda coba di rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×