CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.396.000   10.000   0,72%
  • USD/IDR 16.295
  • IDX 7.288   47,89   0,66%
  • KOMPAS100 1.141   4,85   0,43%
  • LQ45 920   4,23   0,46%
  • ISSI 218   1,27   0,58%
  • IDX30 460   1,81   0,40%
  • IDXHIDIV20 553   3,30   0,60%
  • IDX80 128   0,57   0,44%
  • IDXV30 130   1,52   1,18%
  • IDXQ30 155   0,78   0,50%

Ini 7 Makanan yang Memperburuk Batuk Sehingga Wajib Dihindari


Jumat, 13 Oktober 2023 / 14:55 WIB
Ini 7 Makanan yang Memperburuk Batuk Sehingga Wajib Dihindari


Penulis: Bimo Kresnomurti

Makanan yang Memperburuk Batuk - JAKARTA. Intip daftar makanan yang memperburuk gejala batuk. Sederet pantangan makanan penderita batuk ini wajib dihindari saat dalam masa penyembuhan.

Saat batuk, seseorang dapat merasakan berbagai sensasi dan gejala tergantung pada penyebab batuk, tingkat keparahan, dan kondisi kesehatan secara keseluruhan.

Tentunya, konsumsi obat perlu didukung dengan makanan sehat dan mengurangi beberapa pemicu batuk.

Untuk itu, kenali beberapa gejala batuk yang bisa jadi semakin parah dengan adanya beberapa tambahan lainnya.

Baca Juga: 8 Manfaat Mangga Muda untuk Kesehatan yang Menakjubkan dan Kandungan Vitaminnya

Gejala batuk

Berikut adalah beberapa sensasi dan gejala yang umum terjadi saat batuk:

  • Iritasi atau Terasa Gatal di Tenggorokan: Rasa gatal, kering, atau iritasi di tenggorokan adalah salah satu sensasi umum yang terjadi sebelum atau selama batuk.
  • Sensasi Terbakar atau Panas: Pada batuk yang disebabkan oleh makanan pedas atau cabai, seseorang dapat merasakan sensasi terbakar atau panas di tenggorokan.
  • Perasaan Ada Sesuatu di Tenggorokan: Terkadang, batuk disertai dengan perasaan ada sesuatu yang mengganggu di tenggorokan, seperti lendir atau rasa sesak.
  • Terasa Sakit atau Nyeri: Pada batuk yang kuat atau berkepanjangan, seseorang dapat merasakan sakit atau nyeri di dada, tenggorokan, atau bahkan otot perut akibat ketegangan.
  • Produksi Lendir yang Lebih Banyak: Batuk seringkali diiringi dengan produksi lendir yang lebih banyak, terutama pada batuk yang disebabkan oleh infeksi saluran pernapasan.
  • Sulit Bernapas: Pada beberapa kasus batuk parah, seseorang mungkin mengalami kesulitan bernapas atau sesak napas.

Beberapa makanan atau minuman tertentu dapat memicu atau memperparah batuk, terutama jika Anda memiliki kondisi tertentu seperti refluks asam lambung atau alergi makanan.

Berikut adalah beberapa makanan yang dapat mempengaruhi orang dengan batuk atau gangguan pernapasan dilansir dari Health Shots.

Baca Juga: 6 Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan Tanpa Obat dari Rumah

Makanan yang memperparah batuk untuk dihindari

1. Produk Susu

Susu dan produk susu seperti keju atau yogurt dapat meningkatkan produksi lendir pada beberapa orang, yang dapat memperparah batuk atau rasa tidak nyaman pada tenggorokan.

2. Makanan penghasil lendir 

Stroberi adalah salah satu contohnya, karena merupakan pelepas histamin yang dapat menyebabkan kemacetan.

Lendir yang mengandung histamin dapat menimbulkan rasa tidak nyaman pada hidung, dan menyebabkan sinusitis.

3. Makanan Asam dan Pedas

Makanan pedas atau yang mengandung banyak cabai dapat merangsang tenggorokan dan menyebabkan iritasi, yang bisa memicu batuk.

Selain itu, asam atau pedas seperti jeruk, tomat, saus tomat, atau makanan pedas dapat memicu reaksi pada orang dengan refluks asam lambung, yang bisa menyebabkan batuk.

4. Makanan Bersantan atau Berlemak Tinggi

Makanan yang tinggi lemak atau bersantan bisa membuat tenggorokan terasa lebih terganggu dan menyebabkan sensasi batuk. Selain itu, santan juga bisa memicu asam yang menggnggu pernafasan Anda saat batuk.

5. Minuman Berkafein

Minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan minuman berenergi dapat memiliki efek dehidrasi, yang dapat membuat tenggorokan kering dan memperburuk batuk.

Flu dapat menyebabkan peningkatan suhu dan keringat, menyebabkan dehidrasi, dan kafein serta alkohol dapat memperburuk gejala Anda.

Makanan lain yang harus dihindari adalah jus buah yang mengandung gula atau minuman bersoda, karena tidak padat nutrisi dan dapat membahayakan sistem kekebalan tubuh.

6. Makanan yang sulit dicerna

Makanan ringan dengan tekstur keras dapat semakin memperparah batuk dan sakit tenggorokan Anda.

Selain itu, flu dapat menyebabkan sakit perut, jadi penting untuk tidak mengonsumsi makanan seperti roti panggang atau bahkan oat, karena makanan yang kaya serat lebih sulit dicerna.

Nah, pertimbangkan untuk tidak mengonsumsi makanan yang sulit diuraikan dan berdampak buruk pada sistem pencernaan Anda, seperti kari berminyak atau daging yang tinggi lemak jenuhnya.

7. Permen dan coklat

Makanan kaya gula seperti permen dan coklat menyebabkan peradangan, dan hal ini dapat menurunkan kekebalan tubuh dengan melemahkan sel darah putih.

Selain itu, karena sel-sel ini bertanggung jawab untuk melawan infeksi, makan permen dan coklat akan menghambat kapasitas sel yang melawan penyakit untuk melawan flu dan pilek secara efektif.

Penting untuk mencari bantuan medis jika batuk berlangsung lama, disertai dengan demam tinggi, darah dalam dahak, atau jika terdapat gejala tambahan yang mengkhawatirkan. 

Demikian informasi terkait makanan yang memperburuk batuk sehingga perlu dihindari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
[ntensive Boothcamp] Business Intelligence with Ms Excel Sales for Non-Sales (Sales for Non-Sales Bukan Orang Sales, Bisa Menjual?)

[X]
×