kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Catat Tabel Berat Badan Janin, Cek Juga Cara Menaikkan Berat Badan Janin Secara Sehat


Rabu, 10 Mei 2023 / 14:30 WIB
Catat Tabel Berat Badan Janin, Cek Juga Cara Menaikkan Berat Badan Janin Secara Sehat
ILUSTRASI. Catat Tabel Berat Badan Janin, Cek Juga Cara Menaikkan Berat Badan Janin Secara Sehatdok/Abbott Nutrition Malaysia


Sumber: Kementerian Kesehatan RI,Nakita | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Inilah tabel perkembangan berat badan janin normal berdasarkan usia kandungan. Simak cara menaikkan berat badan janin secara alami, jika berat badan janin jauh dari level normal.

Tabel berat badan janin perlu diketahui oleh ibu hamil. Tabel berat badan janin menjadi salah satu ukuran untuk melihat tumbuh kembang calon buah bayi.

Dilansir dari website resmi Primaya Hospital, janin berkembang sesuai dengan bertambahnya usia kehamilan. Namun perkembangan janin tak terlepas dari gaya hidup dan pola makan ibu, juga kondisi kesehatannya secara umum.

Karena itulah pertumbuhan janin dalam kandungan berbeda antara satu dan yang lain. Meski demikian, semua ibu tentunya mengharapkan janinnya tumbuh dengan baik.

Baca Juga: 4 Buah Ini Dilarang Dikonsumsi Selama Masa Kehamilan, Ini lo Alasannya

Salah satu tolak ukur perkembangan janin adalah berat badannya dengan mengacu pada usia kehamilan. Secara teori, ada hitungan berat badan janin sesuai dengan usia kehamilan seperti tercantum di tabel yang dikutip dari Babycenter.ca

Tabel perkembangan berat badan janin

tabel berat badan janin normal

Tabel berat badan janin normal di atas merupakan hitungan rata-rata. Jadi jika berat badan janin masih ada selisih sedikit bukan berarti beratnya tidak normal.

Berat badan janin hanya salah satu patokan dalam menilai kesehatan janin dan tumbuh kembangnya. Untuk memastikan perkembangan janin berjalan dengan baik, perlu pemeriksaan lebih lanjut oleh tenaga medis profesional, terutama dokter spesialis kandungan.

Cara menaikkan berat badan janin

Ibu hamil perlu mengetahui cara menaikkan berat badan janin. Pasalnya, janin dengan berat badan di bawah normal akan memiliki banyak dampak negatif dari sisi kesehatan.

Cara menaikkan berat badan janin perlu dilakukan sejak kehamilan usia muda. Dengan demikian, saat bayi lahir memiliki berat badan yang cukup atau ideal.

Namun, cara menaikkan berat badan janin tidak harus dilakukan dengan meningkatkan konsumsi makanan secara umum. Menambah jumlah porsi makanan secara umum hanya akan menambah berat badan ibu hamil serta menyebabkan obesitas.

Cara menaikkan berat badan janin bisa dilakukan dengan konsumsi makanan tertentu. Dilansir dari Nakita, berikut daftar makanan yang perlu dikonsumsi untuk menaikkan berat badan janin:

1. Kacang-kacangan

Cara menaikkan berat badan janin secara cepat yang pertama adalah konsumsi kacang-kacangan. Kacang-kacangan penuh dengan zat beso dan protein. Dengan mengonsumsi kacang, ibu hamil akan mendapatkan cukup serat, folat, dan kalsium.

Kaya akan seng, kacang-kacangan sangat bagus untuk mengurangi risiko persalinan lama, bayi berat lahir rendah. Mengonsumsi kacang-kacangan secara rutin juga dapat mengurangi risiko terjadinya kelahiran prematur. Ibu hamil boleh mengonsumsi kacang-kacangan seperti kacang almond atau kenari.

Baca Juga: Catat Moms, Ini 5 Makanan Wajib Dikonsumsi Ibu Hamil di Trimester Pertama Kehamilan

2. Ubi Jalar

Cara menaikkan berat badan janin secara cepat yang kedua adalah konsumsi ubi jalar. Ubi jalar sarat dengan serat, potasium, vitamin C, vitamin B6, besi, temnbaga, dan beta karoten.

Kehadiran beta karoten dalam ubi jalar nantinya akan diubah menjadi vitamin A oleh tubuh. Sedangkan, vitamin A sangat penting untuk kulit, tulang, dan juga mata janin. Ubi jalar meningkatkan kadar zat besi dalam tubuh.

Ibu hamil bisa mengonsumsi ubi jalar yang diolah dengan cara ditumbuh, dipanggang, direbus atau digoreng. Pastikan konsumsi ubi jalar sesuai dengan batas yang direkomendasikan ya.

3. Sayuran Berdaun Hijau

Cara menaikkan berat badan janin secara cepat yang ketiga adalah konsumsi sayuran berdaun hijau. Sayuran hijau seperti bayam, kangkung, brokoli , dan asparagus sarat dengan nutrisi penting dan antioksidan.

Sayuran berdaun hijau sangat bermanfaat bagi Moms yang tengah hamil dan janin yang sedang berkembang. Dengan mengonsumsi sayuran berdaun hijau, ibu hamil telah mencukupi dosis harian kalsium, potasium, vitamin A, folat, dan serat.  Olah sayuran hijau dengan cara dipanggang, direbus, dikukus, untuk manfaat maksimal.

4. Ikan Salmon

Cara menaikkan berat badan janin secara cepat yang keempat adalah konsumsi ikan salmon. Ikan salmon termasuk makanan dengan sumber asam lemak omega-3 dan protein terbaik.

Asam lemak omega-3 bermanfaat bagi janin yang sedang dalam masa tumbuh kembang. Kandungan ini dapat membantu perkembangan otak dan mata. Serta, memasuk jumlah protein yang dibutuhkan selama masa kehamilan. Salmon juga dinilai aman dikonsumsi oleh ibu hami  karena memiliki kadar merkuri yang sangat rendah.

5. Telur

Cara menaikkan berat badan janin secara cepat yang kelima adalah konsumsi telur. Telur memiliki protein, vitamin A, vitamin D, dan semuanya baik untuk pertumbuhan dan perkembangan janin.

Telur juga kaya akan asam folat, zat besi, yang bekerja untuk memperkuat selaput ketuban dan mencegah cacat lahir dan berat badan lahir rendah pada janin.

Itulah tabel berat badan janin normal dan cara menaikkan berat badan janin secara alami yang sehat untuk ibu hamil. Hubungi dokter atau bidan jika berat badan janin tak kunjung naik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×