kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.308.000 -0,76%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cek, 7 Jus Buah Penurun Tensi Tinggi yang Ampuh dan Mudah Didapat


Sabtu, 14 Oktober 2023 / 05:40 WIB
Cek, 7 Jus Buah Penurun Tensi Tinggi yang Ampuh dan Mudah Didapat
ILUSTRASI. Semangka salah satu jus buah penurun tensi tinggi.


Penulis: Virdita Ratriani

7 Jus Buah Penurun Tensi - Jus buah penurun tensi tinggi bisa menjadi alternatif yang bisa dikonsumsi oleh penderita hipertensi. Terapi jus buah penurun darah tinggi atau tensi tinggi sejak lama telah digunakan untuk membantu penyembuhan berbagai penyakit termasuk hipertensi. 

Zat gizi yang dapat larut dalam jus buah paling mudah dicerna juga diserap oleh tubuh dan bisa menjadi salah satu media penyembuhan hipertensi. 

Dirangkum dari "Pengaruh Pemberian Jus Buah Belimbing Terhadap Perubahan Tekanan Darah Penderita Hipertensi di Panti Jompo", riset menunjukkan jus buah penurun darah tinggi jika dikonsumsi pada pagi hari dapat menyegarkan tubuh dan terserap lebih sempurna oleh usus. 

Sehingga, menurunkan hipertensi dengan jus buah penurun tensi tinggi tidak ada salahnya untuk dicoba.

Lantas, apa saja jus buah penurun tensi tinggi? 

Baca Juga: Ini, 9 Manfaat Tomat untuk Kesehatan yang Menakjubkan

Jus buah penurun tensi tinggi 

Delima salah satu jus buah penurun darah tinggi

Dirangkum dari laman Healthline dan NDTV.com, berikut adalah beberapa jus buah penurun tensi tinggi yang bisa dicoba: 

1. Jus buah belimbing

Buah belimbing manis menjadi salah satu pilihan jus buah penurun tensi tinggi yang dapat dikonsumsi. Buah belimbing manis ini sangat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah karena kandungan serat, kalium, fosfor dan vitamin C. 

Berdasarkan penelitian DASH (Dietary Approachesto Stop Hypertension) dikatakan untuk menurunkan tekanan darah sangat dianjurkan mengkonsumsi makanan yang tinggi kalium dan serat (Chaturvedi,2009). 

Buah belimbing manis memiliki efek diuretik yang dapat memperlancar air seni sehingga dapat mengurangi beban kerja jantung. 

Diuretik memiliki efek anti- hipertensi dengan meningkatkan pelepasan air dan garam natrium. Kalium menjaga kestabilan elektrolit tubuh, mengurangi jumlah air dan garam di dalam tubuh serta melonggarkan pembuluh darah. Kondisi ini membantu tekanan darah menjadi normal (Wiryowidagdo, 2002).

Baca Juga: 9 Manfaat Jus Alpukat untuk Kesehatan yang Menakjubkan

2. Jus buah bit

Selanjutnya, jus penurun tensi tinggi adalah jus buah bit. Buah bit mengandung vitamin, mineral, dan senyawa tanaman yang meningkatkan kesehatan, tetapi juga dapat membantu menurunkan tekanan darah. 

Buah bit kaya akan nitrat, senyawa yang diketahui memiliki efek penurun tekanan darah. 

3. Jus tomat

Jus tomat juga menjadi salah satu jus buah penurun tensi tinggi. Studi juga menunjukkan bahwa mengonsumsi satu gelas jus tomat per hari dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Jus tomat dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik, serta kolesterol. Untuk menghindari sodium yang tidak perlu, yang dapat memiliki efek sebaliknya pada tekanan darah, pastikan untuk membeli jus tomat tawar.

Baca Juga: Gagal Ginjal Kronis: Gejala, Penyebab, dan Perawatannya Agar Tidak Memburuk

4. Jus Semangka 

Semangka juga menjadi pilihan jus buah penurun tensi tinggi. Menurut sebuah studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Hypertension menyatakan bahwa semangka dapat menurunkan angka sistolik dan diastolik pada penderita hipertensi.

5. Jus pisang

Jus pisang juga menjadi salah satu jus buah penurun darah tinggi. Pisang adalah jenis buah yang mengandung banyak kalium yang sangat dibutuhkan oleh penderita hipertensi. 

Tak hanya diolah sebagai jus, kita bisa mengonsumsi pisang sebagai camilan sehat atau campuran pada sereal sarapan.

Baca Juga: Inilah Tensi Normal Pria & Wanita Sesuai Usia, Cek Cara Menurunkan Darah Tinggi

6. Buah jeruk 

Buah jeruk juga bisa menjadi salah satu jus buah penurun tensi tinggi. Kandungan yang terdapat dalam buah jeruk diyakini bermanfaat dalam menurunkan tekanan darah. 

Sebuah studi dilakukan oleh tim peneliti Cleveland Clinic membuktikan hal tersebut. Sebanyak 25 partisipan dengan penyakit jantung dilibatkan dalam penelitian ini dan diminta untuk minum air perasan jeruk yang mengandung vitamin C. 

Tekanan darah mereka pun mengalami sedikit penurunan. Dua minggu setelahnya, mereka meminum jus jeruk tanpa tambahan vitamin C, dan tekanan darah pun menurun lebih jauh. Dua minggu kemudian, jus jeruk tersebut diberikan vitamin C dan vitamin E tambahan. 

Hasilnya, sebagian besar partisipan memiliki tekanan darah yang normal. Akan tetapi, penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk membuktikan pengaruh jeruk pada penurunan tekanan darah.

Baca Juga: 8 Rekomendasi Kebiasaan yang Bikin Tekanan Darah Tinggi Kabur

7. Jus delima

Salah satu jus buah penurun darah tinggi adalah jus delima. Buah delima mengandung folat dan vitamin C serta memiliki efek anti-inflamasi yang kuat. 

Studi pada 2017 menemukan bahwa mengonsumsi jus delima dapat membantu menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik.

Efek pada tekanan darah sistolik tidak tergantung pada berapa lama peserta mengonsumsi jus delima dan berapa banyak. Namun, jika ingin mengonsumsi jus penurun darah tinggi ini sebaiknya tanpa gula. 

Demikian beberapa jus buah penurun tensi tinggi yang bisa Anda coba. 

Selanjutnya: Mau Nginep di Puncak - Bogor- Cianjur, Cek Cuaca Hujan atau Tidak?

Menarik Dibaca: 5 Cara Menghilangkan Komedo pada Pria, Mudah dan Efektif!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×