kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini, 9 Manfaat Tomat untuk Kesehatan yang Menakjubkan


Sabtu, 30 September 2023 / 13:45 WIB
Ini, 9 Manfaat Tomat untuk Kesehatan yang Menakjubkan


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Manfaat tomat untuk kesehatan dapat menjaga sistem imun tubuh karena kandungan vitamin C di dalamnya. Tomat adalah buah yang memiliki warna merah menarik serta kaya akan kandungan vitamin seperti vitamin A dan C. 

Tomat termasuk buah karena strukturnya mempunyai daging dan  biji yang aman apabila tertelan. Namun, hingga kini masih banyak yang menganggap tomat sebagai sayuran. 

Pasalnya, tomat memang sering digunakan sebagai campuran dalam masakan seperti sop maupun bumbu balado. Lantas, apa saja manfaat tomat untuk kesehatan dan kandungan vitamin tomat? 

Baca Juga: Awas! 8 Makanan Ini Bisa Memperburuk Serangan Asam Lambung Tinggi

Kandungan vitamin tomat

Manfaat Tomat untuk Kesehatan

Dirangkum dari laman Gramedia, berikut adalah kandungan vitamin tomat per 100 gram:

  • Kalori 20 kal
  • Protein 1 gram
  • Lemak 0,3 gram
  • Karbohidrat 4,2 gram
  • Kalsium 5 miligram
  • Vitamin A: 1500 SI
  • Vitamin B: 60 mikrogram
  • Vitamin C: 40 miligram
  • Fosfor: 27 miligram
  • Zat besi: 0,5 miligram
  • Potasium: 360 miligram

Baca Juga: 6 Sayuran Ini Bisa Buat Asam Lambung Naik, Wajib Dihindari Penderita Maag

Manfaat tomat

Selanjutnya, sederet manfaat tomat untuk kesehatan sebagaimana dilansir dari Healthline adalah sebagai berikut: 

1. Menjaga kesehatan mata 

Manfaat tomat salah satunya adalah menjaga kesehatan mata. Mengonsumsi satu gelas jus tomat berukuran 240 ml hampir memenuhi kebutuhan harian vitamin C dan memenuhi 22% kebutuhan vitamin A dalam bentuk alfa dan beta-karotenoid.

Karotenoid adalah pigmen yang diubah menjadi vitamin A di tubuh. Vitamin ini sangat penting untuk kesehatan penglihatan dan pemeliharaan jaringan.

2. Menjaga tubuh dari radikal bebas

Manfaat tomat jika dikonsumsi secara rutin juga bisa menjaga tubuh dari radikal bebas. Kandungan karatoneid dalam tomat tidak hanya diubah menjadi vitamin A tetapi juga bertindak sebagai antioksidan kuat. 

Antioksidan ini dapat melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan oleh molekul tidak stabil yang disebut radikal bebas.

Kerusakan sel tubuh akibat radikal bebas telah dikaitkan dengan kondisi kronis seperti penyakit jantung dan diyakini berperan dalam proses penuaan.

Baca Juga: Catat, Ini 10 Makanan yang Dihindari saat Hidung Tersumbat Agar Cepat Pulih

3. Baik untuk sistem metabolisme tubuh 

Manfaat tomat juga sebagai sumber vitamin B yang sangat baik, termasuk folat dan vitamin B6, yang penting untuk metabolisme tubuh dan banyak fungsi lainnya.

4 Mencegah peradangan dalam tubuh

Manfaat tomat untuk kesehatan juga bisa mencegah peradangan dalam tubuh karena mengandung likopen. Likopen melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas, sehingga mengurangi peradangan di tubuh. 

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan kaya likopen memiliki efek menguntungkan bagi kesehatan, khususnya bisa mengurangi peradangan.

Studi pada 106 wanita yang kelebihan berat badan mencatat bahwa minum 1,4 cangkir (330 ml) jus tomat setiap hari selama 20 hari secara signifikan mengurangi penanda inflamasi.

Baca Juga: 6 Obat Bisul Alami dan Cara Membuatnya di Rumah dengan Mudah

5. Mengurangi risiko penyakit jantung

Manfaat tomat juga sudah lama dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung. Buah ini mengandung antioksidan kuat, seperti likopen dan beta-karoten.

Keduanya membantu mengurangi faktor risiko penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan penumpukan lemak di arteri.

Sebuah penelitian yang melibatkan 584 orang menemukan bahwa mereka yang memiliki pola makan kaya tomat dan produk olahan tomat memiliki risiko penyakit jantung yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang memiliki asupan rendah tomat.

Selain itu, manfaat tomat juga sarat dengan magnesium dan potasium, dua mineral penting untuk kesehatan jantung.

Baca Juga: Ini 5 Makanan Penambah Darah yang Mudah Dikonsumsi, Ada Biji Wijen hingga Buah Bit

6. Perlindungan kanker

Karena kandungan nutrisi dan antioksidannya yang tinggi, manfaat tomat memiliki efek antikanker menurut beberapa penelitian.

Dalam sebuah penelitian, ekstrak likopen yang berasal dari produk tomat menghambat pertumbuhan sel kanker prostat dan bahkan menginduksi apoptosis, atau kematian sel.

Penelitian pada hewan juga mengamati bahwa tomat mungkin memiliki efek perlindungan terhadap kanker kulit.

Tikus yang diberi makan bubuk tomat merah selama 35 minggu mengalami perkembangan kanker kulit yang jauh lebih sedikit setelah terpapar sinar UV dibandingkan tikus lainnya.  

Baca Juga: Banyak Pilihan, Ini 5 Makanan Penambah Darah yang Mudah Dikonsumsi

7. Membantu menurunkan darah tinggi 

Manfaat tomat untuk kesehatan juga menjadi salah satu buah penurun darah tinggi. Studi juga menunjukkan bahwa mengonsumsi satu gelas jus tomat per hari dapat meningkatkan kesehatan jantung. 

Jus tomat dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik, serta kolesterol. 

Untuk menghindari sodium yang tidak perlu, yang dapat memiliki efek sebaliknya pada tekanan darah, pastikan untuk membeli jus tomat tawar. 

Baca Juga: Ini 7 Cara Menurunkan Tensi Tinggi Menjadi Normal dengan Cepat, Cek Tensi Anda

8. Manfaat tomat 

Manfaat tomat untuk kesehatan yakni dapat membantu mencukupi kebutuhan asam folat pada ibu hamil. Buah tomat tinggi akan asam folat, di mana nutrisi ini umum dibutuhkan oleh ibu yang sedang hamil. 

Kandungan asam folat sendiri bermanfaat untuk menjaga janin agar terus berkembang dan mencegah terjadinya cacat tabung saraf pada janin.

Selain itu, manfaat tomat untuk wanita ternyata baik untuk menjaga kesehatan rahim, terutama bagi yang sedang berencana program kehamilan.

Baca Juga: 5 Manfaat Daun Kelor Buat Turunkan Kolesterol Tinggi Hingga Cegah Sakit Jantung

9. Manfaat tomat bagi wajah

Manfaat tomat bagi wajah dapat mencegah munculnya jerawat dan mengecilkan pori-pori kulit. Selain itu, tomat juga  bisa memperlambat penuaan dini. 

Demikian sejumlah kandungan vitamin tomat dan manfaat tomat untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×