kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,29   2,96   0.33%
  • EMAS1.310.000 -0,23%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ayo Kenali 5 Manfaat Tomat Untuk Kesehatan Tubuh yang Terbukti Klinis


Kamis, 06 April 2023 / 12:07 WIB
Ayo Kenali 5 Manfaat Tomat Untuk Kesehatan Tubuh yang Terbukti Klinis
ILUSTRASI. Manfaat tomat untuk kesehatan tubuh.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat tomat untuk kesehatan tubuh telah terbukti secara klinis. Oleh sebab itu, manfaat tomat untuk kesehatan tubuh sangat menarik perhatian dan sayang jika dilewatkan. 

Selain itu, tomat juga termasuk buah sayur yang kaya akan nutrisi. Sehingga manfaat tomat untuk kesehatan tubuh sudah tidak perlu diragukan.

Kandungan nutrisi yang terkandung dalam tomat di antaranya seperti protein, serat, kalsium, fosfor, natrium, vitamin C dan lain-lain.

Baca Juga: Yuk Cek 5 Manfaat Jagung untuk Kesehatan Tubuh yang Tidak Terduga

Selain itu, tomat juga mempunyai rasa yang khas dan enak untuk dikonsumsi. Tak jarang juga tomat kerap diolah menjadi berbagai jenis makanan hingga minuman sekalipun. 

Melansir dari BBC Good Food, berikut beberapa manfaat tomat untuk kesehatan tubuh yang penting diketahui:

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Salah satu manfaat tomat untuk kesehatan tubuh yang menarik perhatian adalah mampu menjaga kesehatan jantung. Hal tersebut dikarenakan tomat mengandung potasium cukup tinggi aekingga mampu mengurangi gejala penyakit jantung seperti stroke hingga tekanan darah tinggi. 

Tomat juga mengandung senyawa yang disebut lycopene. Kandungan tersebut memberi tomat warna merah. Terdapat penelitian juga yang berkembang tentang lycopene dan khasiat kesehatannya termasuk potensinya untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Baca Juga: Catat 6 Manfaat Kacang Merah untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

2. Melindungi Mata

Selain baik untuk jantung, tomat juga sangat bermanfaat untuk melindungi mata. Pasalnya, tomat mengandung fitokimia yang disebut karotenoid, termasuk likopen, lutein, dan beta-karoten. Senyawa ini penting untuk menjaga kesehatan mata dan dapat melindungi dari degenerasi makula terkait usia dan penyakit mata lainnya.

3. Mendukung Kesehatan Kulit

Tidak berhenti disitu, tomat juga berperan penting untuk mendukung kesehatan kulit. Tak jarang juga ekstrak tomat kerap dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai masalah kulit. 

Penelitian menunjukkan bahwa mengolah dan memasak tomat dapat meningkatkan nilai gizinya, khususnya sifat antioksidannya dan kemampuan kita untuk mengakses senyawa likopennya. 

Mengkonsumsi tomat bersama dengan sumber lemak seperti saus minyak zaitun membantu kita menyerap karotenoid pelindung. Perlu juga diingat bahwa sebagian besar kandungan karotenoid ditemukan di kulit buah sehingga memakannya utuh bisa menjadi yang paling bermanfaat kulit.

Baca Juga: Sering Jadi Takjil, Kenali 6 Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan Tubuh

4. Mempercepat Pembekuan Darah

vitamin K yang baik yang diperlukan untuk pembekuan darah dan penyembuhan luka. Terdapat juga penelitian yang menunjukkan bahwa kandungan vitamin K dalam tomat mampu mempercepat penyembuhan luka.

Baca Juga: Ayo Simak 8 Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan yang Penting Diketahui Saat Puasa

5. Mengurangi Gejala Menopause

Manfaat tomat untuk kesehatan tubuh yang tidak boleh terlewatkan yaitu mampu mengurangi gejala menopause.

Sebuah studi tahun 2015 oleh Nutrition Journal menemukan bahwa asupan jus tomat tampaknya membantu meringankan beberapa gejala menopause seperti kecemasan, pengeluaran energi saat istirahat, dan detak jantung. 

Penelitian ini dilakukan pada 95 wanita berusia 40-60 tahun yang mengonsumsi 200ml jus tomat tawar dua kali sehari selama delapan minggu. Meskipun ini adalah uji coba kecil, hasilnya cukip baik dan membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan manfaat tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×