kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45934,99   7,35   0.79%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jus Buah Penurun Darah Tinggi, Alternatif Mengobati Hipertensi Selain Obat Dokter


Rabu, 07 Juni 2023 / 04:55 WIB
Jus Buah Penurun Darah Tinggi, Alternatif Mengobati Hipertensi Selain Obat Dokter


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

Jus Buah Penurun Darah Tinggi. Simak daftar jus buah penurun darah tinggi. Jus buah penurun darah tinggi bisa menjadi alternatif mengobati dan mencegah hipertensi.

Jus buah penurun tekanan darah tinggi ini bisa dibuat sendiri. Namun, agar Anda merasakan efeknya, rajinlah minum jus penurun tekanan darah tinggi secara rutin dan bervariasi.

Seperti diketahui tekanan darah yang tidak terkendali dapat menyebabkan berbagai komplikasi yang membahayakan tubuh. Pada dasarnya, tekanan darah normal orang dewasa biasanya 120/80 mmHg.

Apabila melebihi angka tersebut, seseorang bisa dikatakan mengalami hipertensi atau tekanan darah tinggi. Jika disepelekan, hipertensi dapat menyebabkan penyakit kronis lain, seperti stroke dan penyakit jantung.

Salah satu cara untuk menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi tanpa obat adalah dengan memperhatikan asupan makanan dan minuman harian. Dengan demikian, diet ramah tekanan darah sangat dianjurkan untuk menjaga tekanan darah pada angka yang sehat.

Baca Juga: Penderita Hipertensi Harus Minum Obat Rutin Seumur Hidup, Ini Cara Menurunkannya

Salah satu cara mencegah dan mengatasi hipertensi adalah minum jus buah penurun darah tinggi. Dirangkum dari pemberitaan Kontan.co.id, berikut sejumlah jus buah penuruh darah tinggi:

Buah Bit

Jus buah penurun darah tinggi yang pertama adalah buah bit. Mengutip dari Fidelity (fidelityhh.com), buah bit cocok sebagai jus penurun darah tinggi karena mengandung banyak potasium. Selain itu, buah ini juga kaya akan folat yang bisa mengatur tekanan darah Anda.

Nitrat dalam buah bit juga bermanfaat untuk membuat otot rileks dan melancarkan aliran darah. Menurut sebuah penelitian, buah bit memiliki efektivitas yang sama dengan tablet nitrat untuk mengobati hipertensi.

Kandungan-kandungan tersebut mampu memperkuat pembuluh darah sehingga tubuh menjadi terhindar dari berbagai jenis penyakit. Anda bisa mengonsumsi jus buah bit sebanyak satu hingga dua gelas dalam sehari.

Delima

Jus buah penurun darah tinggi lainnya yang bisa Anda konsumsi adalah terbuat dari delima. Jenis buah ini berperan sebagai penghambat ACE alami. ACE adalah salah satu jenis enzim yang mampu meningkatkan tekanan darah dalam tubuh.

Melansir dari Fidelity, jus delima mampu mengurangi ACE hingga 36% dan plak pada arteri sebanyak 30%. Selain itu, buah ini juga mampu meningkatkan aliran darah menuju jantung dan menurunkan tekanan darah sistolik.

Supaya tekanan darah Anda tetap stabil, usahakan untuk mengonsumsi 6 ons jus delima setiap hari. Anda juga bisa mengonsumsi delima langsung dengan mencampurnya bersama air. Namun, pastikan untuk tidak memakai pemanis tambahan, ya.

Kranberi

Jus buah penurun darah tinggi yang ketiga adalah kranberi. Kranberi mengandung antiinflamasi dan antioksidan yang berguna untuk menjaga pembuluh darah dari kerusakan. Artinya, tekanan darah bisa stabil saat pembuluh darah dalam kondisi yang sehat. Jus penurun darah tinggi ini juga mengandung banyak vitamin C yang bermanfaat untuk tubuh.

Tomat

Jus buah penurun darah tinggi yang keempat adalah jus tomat. Dilansir dari Kompas.com, bukti yang berkembang menunjukkan bahwa minum satu gelas jus tomat per hari dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Dalam sebuah studi tahun 2019 berjudul “Unsalted tomato juice intake improves blood pressure and serum low-density lipoprotein cholesterol level in local Japanese residents at risk of cardiovascular disease”, peneliti Jepang mengevaluasi efek minum satu cangkir jus tomat per hari di antara peserta dengan faktor risiko penyakit jantung.

Mereka menyimpulkan bahwa jus tomat menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik, serta kolesterol LDL. Penelitian terbaru lainnya telah melaporkan hasil yang serupa di antara orang dengan hipertensi stadium 1 dan wanita hamil .

Minuman lain penurun darah tinggi

Selain mengonsumsi jus yang terbuat dari buah-buah di atas, darah tinggi juga bisa menurun atau tetap stabil saat Anda mengonsumsi jenis minuman lain. Misalnya, air putih, susu rendah lemak, dan teh hibiscus.

Teh hibiscus memiliki fungsi yang sama dengan delima, yaitu menjadi penghambat ACE alami. Sedangkan susu rendah lemak akan meningkatkan kalsium yang dibutuhkan tubuh untuk menurunkan darah tinggi.

Itulah daftar jus penurun darah tinggi dan minuman lain untuk menurunkan darah tinggi. Selamat membuktikan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×