7 Jus Buah Penurun Darah Tinggi yang Murah dan Mudah Didapat

Jumat, 24 Februari 2023 | 11:40 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
7 Jus Buah Penurun Darah Tinggi yang Murah dan Mudah Didapat


KONTAN.CO.ID - Jus penurun darah tinggi bisa menjadi alternatif yang bisa dikonsumsi oleh penderita hipertensi. Terapi jus buah penurun darah tinggi sejak lama telah digunakan untuk membantu penyembuhan berbagai penyakit termasuk hipertensi.

Zat gizi yang dapat larut dalam jus buah paling mudah dicerna juga diserap oleh tubuh dan bisa menjadi salah satu media penyembuhan hipertensi.

Dirangkum dari "Pengaruh Pemberian Jus Buah Belimbing Terhadap Perubahan Tekanan Darah Penderita Hipertensi di Panti Jompo" oleh Vetri Nathalia, riset menunjukkan jus buah penurun darah tinggi jika dikonsumsi pada pagi hari dapat menyegarkan tubuh dan terserap lebih sempurna oleh usus.

Sehingga, menurunkan hipertensi dengan jus buah penurun darah tinggi tidak ada salahnya untuk dicoba. Lantas, apa saja jus penurun darah tinggi?

Baca Juga: Batas Kolesterol Tinggi Wanita yang Bikin Sakit Jantung, Cek Obat Kolesterol Apotik

Jus penurun darah tinggi

Dirangkum dari laman Healthline dan NDTV.com, berikut adalah beberapa jus penurun darah tinggi yang bisa dicoba:

1. Jus buah belimbing

Buah belimbing manis menjadi salah satu pilihan jus penurun darah tinggi yang dapat dikonsumsi.

Buah belimbing manis menjadi salah satu pilihan jus penurun darah tinggi yang dapat dikonsumsi. Buah belimbing manis ini sangat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah karena kandungan serat, kalium, fosfor dan vitamin C.

Berdasarkan penelitian DASH (Dietary Approachesto Stop Hypertension) dikatakan untuk menurunkan tekanan darah sangat dianjurkan mengonsumsi makanan yang tinggi kalium dan serat (Chaturvedi,2009). Buah belimbing manis memiliki efek diuretik yang dapat memperlancar air seni sehingga dapat mengurangi beban kerja jantung.

Diuretik memiliki efek anti- hipertensi dengan meningkatkan pelepasan air dan garam natrium. Kalium menjaga kestabilan elektrolit tubuh, mengurangi jumlah air dan garam di dalam tubuh serta melonggarkan pembuluh darah. Kondisi ini membantu tekanan darah menjadi normal (Wiryowidagdo, 2002).

Baca Juga: Jangan Panik jika Ada Benjolan pada Miss V, Kenali Penyebabnya

2. Jus buah bit

Jus penurun darah tinggi adalah jus buah bit.

Selanjutnya, jus penurun darah tinggi adalah jus buah bit. Buah bit mengandung vitamin, mineral, dan senyawa tanaman yang meningkatkan kesehatan, tetapi juga dapat membantu menurunkan tekanan darah. Buah bit kaya akan nitrat, senyawa yang diketahui memiliki efek penurun tekanan darah.

Baca Juga: 9 Makanan & Minuman yang Harus Dijauhi Penderita Diabetes Agar Gula Darah Terkontrol

3. Jus tomat

Jus tomat juga menjadi salah satu jus penurun darah tinggi.

Jus tomat juga menjadi salah satu jus penurun darah tinggi. Studi juga menunjukkan bahwa mengonsumsi satu gelas jus tomat per hari dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Jus tomat dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik, serta kolesterol. Untuk menghindari sodium yang tidak perlu, yang dapat memiliki efek sebaliknya pada tekanan darah, pastikan untuk membeli jus tomat tawar.

Baca Juga: Melelahkan! Ini 7 Manfaat Naik Turun Tangga untuk Kesehatan, Mengontrol Gula Darah

4. Jus Semangka

Semangka juga menjadi pilihan jus buah penurun darah tinggi.

Semangka juga menjadi pilihan jus buah penurun darah tinggi. Menurut sebuah studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Hypertension menyatakan bahwa semangka dapat menurunkan angka sistolik dan diastolik pada penderita hipertensi.

Baca Juga: Kegunaan Yoghurt Menurut Medis, Bagus Untuk Kesehatan Jantung

5. Jus pisang

Jus pisang juga menjadi salah satu jus buah penurun darah tinggi.

Jus pisang juga menjadi salah satu jus buah penurun darah tinggi. Pisang adalah jenis buah yang mengandung banyak kalium yang sangat dibutuhkan oleh penderita hipertensi.

Tak hanya diolah sebagai jus, kita bisa mengonsumsi pisang sebagai camilan sehat atau campuran pada sereal sarapan.

Baca Juga: Jus Buah Ini Bikin Kolesterol Jahat dan Asam Urat Tinggi Pergi Tak Kembali

6. Buah jeruk

Buah jeruk juga bisa menjadi salah satu jus penurun darah tinggi.

Buah jeruk juga bisa menjadi salah satu jus penurun darah tinggi. Kandungan yang terdapat dalam buah jeruk diyakini bermanfaat dalam menurunkan tekanan darah.

Sebuah studi dilakukan oleh tim peneliti Cleveland Clinic membuktikan hal tersebut. Sebanyak 25 partisipan dengan penyakit jantung dilibatkan dalam penelitian ini dan diminta untuk minum air perasan jeruk yang mengandung vitamin C.

Baca Juga: Menurunkan Asam Lambung Tinggi, Ini Manfaat Semangka untuk Kesehatan

Tekanan darah mereka pun mengalami sedikit penurunan. Dua minggu setelahnya, mereka meminum jus jeruk tanpa tambahan vitamin C, dan tekanan darah pun menurun lebih jauh.

Dua minggu kemudian, jus jeruk tersebut diberikan vitamin C dan vitamin E tambahan. Hasilnya, sebagian besar partisipan memiliki tekanan darah yang normal.

Akan tetapi, penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk membuktikan pengaruh jeruk pada penurunan tekanan darah.

Baca Juga: Bisa Turunkan Berat Badan, Ini Manfaat Cabai Rawit untuk Tubuh

7. Jus delima

Salah satu jus penurun darah tinggi adalah jus delima.

Salah satu jus penurun darah tinggi adalah jus delima. Buah delima mengandung folat dan vitamin C serta memiliki efek anti-inflamasi yang kuat.

Studi pada 2017 menemukan bahwa mengonsumsi jus delima dapat membantu menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik.

Efek pada tekanan darah sistolik tidak tergantung pada berapa lama peserta mengonsumsi jus delima dan berapa banyak. Namun, jika ingin mengonsumsi jus penurun darah tinggi ini sebaiknya tanpa gula.

Demikian beberapa jus penurun darah tinggi yang bisa Anda coba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru