kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.306.000 -0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Catat 7 Manfaat Daun Bawang Jika Diolah dengan Baik, Jangan Lewatkan!


Senin, 26 Februari 2024 / 16:05 WIB
Catat 7 Manfaat Daun Bawang Jika Diolah dengan Baik, Jangan Lewatkan!
ILUSTRASI. Daun bawang


Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Daun Bawang - Ada berbagai manfaat daun bawang bagi kesehatan tubuh bisa didapatkan jika diolah dengan baik. Selain itu, manfaat daun bawang juga telah teruji secara klinis.

Melansir dari Coos Country Friends of Public Health, Daun bawang adalah sumber antioksidan yang sangat baik seperti vitamin C, K dan beta-karoten yang memiliki manfaat anti-inflamasi dan anti-penuaan. Karotenoid termasuk zeaxanthin dan lutein yang melindungi mata, mengurangi risiko katarak dan degenerasi makula terkait usia.

Daun bawang, salah satu bahan dapur yang sering digunakan dalam masakan, tidak hanya memberikan rasa yang lezat pada hidangan, tetapi juga memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh.

Baca Juga: Apa Manfaat Buah Pepaya? Ada 7 Hal yang Menarik Diketahui

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari daun bawang yang perlu diketahui:

1. Kaya akan Nutrisi

Daun bawang mengandung berbagai nutrisi penting seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K, dan folat. Vitamin dan mineral ini penting untuk menjaga kesehatan mata, sistem kekebalan tubuh, pembekuan darah, dan fungsi neurologis yang baik.

2. Antioksidan Tinggi

Daun bawang mengandung senyawa antioksidan seperti quercetin dan sulfur, yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Antioksidan ini dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif yang dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis.

Baca Juga: Daftar Hari Besar Nasional dan Internasional Maret 2024, Apa Saja?

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan sulfur dalam daun bawang telah terbukti membantu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah, yang merupakan faktor risiko utama penyakit jantung. Konsumsi rutin daun bawang dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

4. Menyokong Fungsi Pencernaan

Daun bawang mengandung serat, yang penting untuk kesehatan pencernaan. Serat membantu mempromosikan pencernaan yang sehat, mencegah sembelit, dan menjaga keseimbangan bakteri baik dalam usus.

Baca Juga: Simak Perbedaan Angin Puting Beliung, Tornado dan Siklon, Ini Penjelasan BMKG

5. Efek Anti-inflamasi

Kandungan antioksidan dan senyawa anti-inflamasi dalam daun bawang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Hal ini dapat bermanfaat bagi penderita arthritis, penyakit inflamasi usus, dan kondisi lain yang terkait peradangan.

6. Dukungan Kesehatan Tulang

Daun bawang mengandung vitamin K, yang penting untuk pembekuan darah dan kesehatan tulang. Konsumsi vitamin K yang cukup dapat membantu mencegah osteoporosis dan menjaga kekuatan tulang.

Baca Juga: 6 Penyebab Demam Berdarah Selain Nyamuk, Apa Saja?

7. Mengatur Gula Darah

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun bawang dapat membantu mengatur kadar gula darah, sehingga bermanfaat bagi penderita diabetes atau individu yang berisiko mengalami diabetes.

Daun bawang bukan hanya bahan tambahan yang lezat dalam masakan, tetapi juga merupakan sumber nutrisi yang beragam dan memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Dengan mengonsumsi daun bawang secara teratur, Anda dapat mendukung kesehatan jantung, pencernaan, tulang, dan mengurangi risiko penyakit kronis. Oleh karena itu, jadikanlah daun bawang sebagai bagian penting dari pola makan sehat Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×