kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Catat 5 Manfaat Kangkung untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui


Kamis, 13 Juli 2023 / 09:35 WIB
Catat 5 Manfaat Kangkung untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui
ILUSTRASI. Manfaat kangkung untuk kesehatan tubuh.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat kangkung untuk kesehatan yang menarik perhatian karena khasiatnya. Namun, ada juga beberapa manfaat kangkung untuj kesehatan tubuh yang masih jarang diketahui banyak orang.

Manfaat kangkung untuk kesehatan berasal dari kandungan nutrisi di dalamnya. Kandungan nutrisi dalam kangkung di antaranya seperti protein, serat, kalsium, fosfor, kalium, vitamin C dan masih banyak lagi.

Selain itu, kangkung juga merupakan salah satu jenis sayuran yang cukup sering dikonsumsi dan diolah menjadi berbagai jenis makanan di Indonesia.

Baca Juga: Catat 5 Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Dengan banyaknya kandungan nutrisi tersebut, tak heran mengkonsumsi kangkung mampu memberikan banyak manfaat untuk kesehatan.

Melansir dari Healthline, berikut beberapa manfaat kangkung untuk kesehatan:

1. Mengandung Banyak Antioksidan

Kangkung adalah salah satu sayuran yang kaya akan antioksidan. Sehingga mengkonsumsi kangkung mampu menangkal berbagai jenis radikal bebas yang membahayakan kesehatan.

Baca Juga: 5 Manfaat Rebung untuk Kesehatan Tubuh yang Teruji Secara Klinis

2. Meningkatkan Kesehatan Mata

Selain itu kangkung juga mempunyai manfaat yang baik untuk meningkatkan kesehatan mata. Pasalnya, antioksidan bernama lutein dan zeaxanthin yang berperan untuk menjaga kesehatan penglihatan.

Dilansir dari Healthline, beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa  dalam kangkung ini membantu melindungi terhadap degenerasi makula terkait usia, suatu kondisi umum yang dapat menyebabkan kehilangan penglihatan progresif.

3. Menurunkan Pertumbuhan Sel Kanker

Manfaat kangkung untuk kesehatan selanjutnya tak kalah hebat yaitu mampu menurunkan pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Hal tersebut dikarenakan kangkung mengandung sifat antikanker yang berperan aktif memerangi pertumbuhan sel kanker.

Baca Juga: Daftar 5 Obat Asam Lambung Alami yang Mudah Didapatkan

4. Menurunkan Tekanan Darah

Mengkonsumsi kangkung juga bermanfaat untuk dapat menurunkan tekanan darah menjadi normal. Pasalnya, kangkung mengandung nitrat alami yang membantu melebarkan pembuluh darah serta melancarkan aliran darah.

Baca Juga: 6 Manfaat Toge Untuk Kesehatan Tubuh Dan Kandungan Nutrisi Didalamnya

5. Menigkatkan Kesehatan Rambut dan Kulit

Kangkung juga termasuk salah satu jenis sayuran yang mengandung banyak vitamin A. Salah satu jenis vitamin tersebut membantu mengatur pembentukan sel kulit dan menghasilkan lendir untuk melindungi dari infeksi.

Sehingga mengkonsumsi kangkung mampu meningkatkan kesehatan rambut dan kulit.

Demikian beberapa manfaat kangkung untuk kesehatan. Meski mempunyai banyak manfaat, jangan mengkonsumsi kangkung secara berlebihan untuk menghindari efek samping.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×