kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Manfaat Kangkung Untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui, Apa Saja?


Selasa, 28 Maret 2023 / 14:07 WIB
5 Manfaat Kangkung Untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui, Apa Saja?
ILUSTRASI. Manfaat kangkung untuk kesehatan tubuh.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Ada berbagai manfaat kangkung untuk kesehatan tubuh yang tersembunyi dan jarang diketahui kebanyakan orang. Padahal, kangkung menyimpan berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Manfaat kangkung untuk kesehatan berasal dari kandungan nutrisi di dalamnya. Kandungan nutrisi dalam kangkung di antaranya seperti protein, serat, kalsium, fosfor, kalium, vitamin C dan masih banyak lagi.

Selain itu, kangkung juga merupakan salah satu jenis sayuran yang cukup sering dikonsumsi dan diolah menjadi berbagai jenis makanan di Indonesia.

Baca Juga: Catat Yuk 5 Manfaat Kentang untuk Kesehatan Tubuh yang Penting Diketahui Saat Puasa

Dengan banyaknya kandungan nutrisi tersebut, tak heran mengkonsumsi kangkung mampu memberikan banyak manfaat untuk kesehatan.

Melansir dari Healthline, berikut beberapa manfaat kangkung untuk kesehatan:

1. Mengandung Banyak Antioksidan

Kangkung adalah salah satu sayuran yang kaya akan antioksidan. Sehingga mengkonsumsi kangkung mampu menangkal berbagai jenis radikal bebas yang membahayakan kesehatan.

Baca Juga: Kenali 5 Manfaat Rebung Untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

2. Meningkatkan Kesehatan Mata

Selain itu kangkung juga mempunyai manfaat yang baik untuk meningkatkan kesehatan mata. Pasalnya, antioksidan bernama lutein dan zeaxanthin yang berperan untuk menjaga kesehatan penglihatan.

Dilansir dari Healthline, beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa  dalam kangkung ini membantu melindungi terhadap degenerasi makula terkait usia, suatu kondisi umum yang dapat menyebabkan kehilangan penglihatan progresif.

Baca Juga: 6 Manfaat Buah Pala Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui, Cek Yuk!

3. Menurunkan Pertumbuhan Sel Kanker

Manfaat kangkung untuk kesehatan selanjutnya tak kalah hebat yaitu mampu menurunkan pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Hal tersebut dikarenakan kangkung mengandung sifat antikanker yang berperan aktif memerangi pertumbuhan sel kanker.

4. Menurunkan Tekanan Darah

Mengkonsumsi kangkung juga bermanfaat untuk dapat menurunkan tekanan darah menjadi normal. Pasalnya, kangkung mengandung nitrat alami yang membantu melebarkan pembuluh darah serta melancarkan aliran darah.

Baca Juga: Simak 5 Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan Tubuh, Sudah Tahu?

5. Menigkatkan Kesehatan Rambut dan Kulit

Kangkung juga termasuk salah satu jenis sayuran yang mengandung banyak vitamin A. Salah satu jenis vitamin tersebut membantu mengatur pembentukan sel kulit dan menghasilkan lendir untuk melindungi dari infeksi.

Sehingga mengkonsumsi kangkung mampu meningkatkan kesehatan rambut dan kulit.

Demikian beberapa manfaat kangkung untuk kesehatan. Meski mempunyai banyak manfaat, jangan mengkonsumsi kangkung secara berlebihan untuk menghindari efek samping.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×